Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa Kelas X melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v17i2.73748Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan perangkat pembelajaran fungsi trigonometri berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan peserta didik. Hasil penelitian ini berupa produk dalam bentuk modul dan LKPD berbasis discovery learning. Proses pengembangan perangkat pembelajaran inni mengikuti model 4D yang mencakup langkah-langkah define, design, development, dan disseminate. Peserta didik kelas X IPA 1, X IPA 4, dan X IPA 5 SMA Negeri 8 Denpasar menjadi subjek penelitian. Instrumen yang dimanfaatkan dalam modul dan LKPD yang diimplementasikan meliputi lembar validasi modul dan LKPD dalam memastikan kevalidan, angket tanggapan peserta didik dan guru dalam mengukut kepraktisan, tes pemahaman konsep yang terbagi atas pretest dan post-test, juga angket keaktifan peserta didik dalam memberi penilaian keefektivitasnya. Studi inipun membuktikan bahwasanya perangkat pembelajaran mencakup LKPD berbasiskan discovery learning dan modul yang diimplementasikan mempunyai kualitas valid, praktis, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Denpasar. Inipun sejalan pada perolehan gain score tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sebanyak 57,88 yang masuk pada kriteria efektif.
Kata Kunci: pengembangan; discovery learning; perangkat pembelajaran
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License