Proses Validasi Pengembangan Media Pembelajaran dengan iSpring 11

Authors

  • Anggun Marisa UIN Raden Fatah Palembang
  • Agustiany Dumeva Putri UIN Raden Fatah Palembang
  • Riza Agustiani UIN Raden Fatah Palembang
  • Atika Zahra UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v17i2.75130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran materi perkalian dua pecahan berbasis literasi numerasi dengan iSpring 11 yang valid. Media pembelajaran berbasis teknologi dapat membantu pendidik untuk menyampaikan konsep dari materi pecahan kepada peserta didik. Jenis dari penelitian ini adalah Research and Development yang dikembangkan berdasarkan Tessmer. Metode penelitian ini terdiri dari tahap Preliminary (persiapan dan pendesainan) dan tahap prototyping (validasi, evaluasi dan revisi). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan wawancara. Data validitas diperoleh dari komentar dan saran validator. Data kevalidan diperoleh pada tahap expert review. Media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti divalidasi oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli soal dan ahli materi. Tujuan analisis data tahap expert review yaitu untuk memudahkan keputusan dalam merevisi media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dikatakan valid secara kuantitatif dan kualitatif dengan persentase 85,6%.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Perkalian Dua Pecahan, Literasi Numerasi.

Downloads

Published

2024-08-06