Efektivitas Pembelajaran Biologi Berbasis Budaya Indonesia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v18i3.86932Abstract
Culture Based Contextual Learning adalah pembelajaran yang mengkombinasikan budaya masyarakat Indonesia dengan materi biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Culture Based Contextual Learning terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara, yaitu dengan melakukan pretes, postes, dan observasi pelaksanaan pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri di kecamatan paliyan. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 2 Paliyan. Budaya yang akan diterapkan pada penelitian ini adalah budaya Babad Dalan. Budaya Babad dalan adalah budaya bersih desa dan mengucap syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah. Budaya Babad dalan mengandung nilai nilai yang terkait pelestarian lingkungan yang sangat penting sekali untuk diberikan ke siswa SMP. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman konsep kelas kontrol 79,07 dan kelas eksperimen mendapatkan rata – rata sebesar 85,33. Nilai pemhaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Data setelah diuji dengan ANOVA menunjukkan nilai signifikansi <0,05. Hal tersebut berari nilai pemahaman konsep berbeda secara signifikan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Culture Based Contextual Learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia.
Kata kunci: learning, Babad Dalan, pemahaman konsep, budaya Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License