PEMBELAJARAN ICARE BERBANTUAN PERMASALAHAN MATEMATIKA REALISTIK

Authors

  • Ni Made Dwijayani

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v12i1.12714

Keywords:

ICARE, mathematics, problem, solving, realistic

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model ICARE berbantuan permasalahan matematika realistik yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa lembar aktivitas siswa (LAS). Jenis penelitian ini adalah design research yang dilakukan melalui tahap preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Data dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan, angket respons siswa, angket respons guru, dan tes pemecahan masalah. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid, telah memenuhi aspek kepraktisan dan telah memenuhi aspek keefektifan. Selain hal tersebut di atas, LAS yang dikembangkan memiliki beberapa karakteristik yaitu: (1) mampu membantu siswa untuk mengkonstruksi sebuah konsep; (2) permasalahan yang diberikan sesuai dengan kehidupan/lingkungan siswa; dan (3) memberikan variasi dalam pembelajaran.

References

Hohenwarter M, Fuchs K. (2004, Juli). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. Computer Algebra Systems and Dynamic Geometry Systems in Mathematics Teaching Conference. Pecs Hongaria, Juli.

Mullis, I. V. S., et. al. (2012). TIMSS 2011 international results in mathematics. Chessnut Hill, MA, USA: TIMSS & PIRLS International Study Center Lynch School of Education, Boston College.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics, Reston: NCTM.

OECD. (2014). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science. Diakses tanggal 22 Maret 2017 pada https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-I.

Pasific Pacific Policy Research Center. (2010). 21st Century Skills for Students and Teachers, Honolulu: Kamehameha Schools, Research & Evaluation Division, 2010.

Plomp Tjeerd, Nienke Nieveen. (2013). Educational Design Research. Netherlands: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).

Pierce, R., & Stacey, K. (2010). Mapping pedagogical opportunities provided by mathematics analysis software. International Journal of Computers for Mathematical Learning. 15(1), 1–20.

Prabawanto, S. 2009. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematika Siswa. Prosiding Workshop Nasional PMRI Universitas Pendidikan Indonesia.http://www.file.upi.edu/ (Diakses pada tanggal 18 Maret 2017)

Downloads

Published

2018-05-21

Issue

Section

Articles