Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA

Authors

  • Putu prima Juniartina

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v12i1.13841

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan memperoleh bahan ajar IPA Terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi” berbasis kearifan lokal untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA yang valid, Praktis, dan efektif. Pengembangan bahan ajar ini mengikuti prosedur pengembangan produk pembelajaran dari Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: 1) investigasi awal, 2) Desain, 3) realisasi/konstruksi, 4) tes, evaluasi dan revisi, dan 5) implementasi. Namun pengembangan bahan ajar ini tidaklah sampai pada tahap implementasi melainkan hanya sampai pada uji coba terbatas, yaitu suatu upaya untuk melakukan evaluasi dan revisi hingga mendapatkan bahan ajar yang berupa prototipe final yang siap diimplementasikan. Validitas isi dilihat dari kesesuaian bahan ajar dengan teori pengembangan yang dijadikan pedoman. Validitas konstruk dilihat dari adanya keterkaitan yang konsisten dari setiap komponen bahan ajar yang dikembangkan yang diperoleh melalui penilaian validator. Validasi konstruk bahan ajar yang telah dikembangkan termasuk katagori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu Bahan Ajar IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA dilakukan melalui tahap yang sistematis sesuai dengan teori pengembangan. 2) Kualitas isi serta tampilan bahan ajar IPA berdasarkan penilaian validasi ahli memperoleh skor rata-rata 3,80 dalam kategori sangat valid dan validasi instrument dalam penelitian dinyatakan layak pakai

 

Kata kunci: Bahan Ajar IPA Terpadu berkarakter peduli lingkungan, kearifan lokal

Downloads

Published

2018-05-21

Issue

Section

Articles