IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v13i1.57131

Keywords:

IPA; Keterampilan Berpikir Kreatif; Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMPN 1 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA kelas VII di SMPN 1 Muaro Jambi.  Dengan teknik pemilihan subjek yang digunakan yaitu purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan model Miles dan Huberman. Adapun temuan penelitian dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMPN 1 Muaro Jambi masih belum bisa disimpulkan  secara detail apakah baik maupun tidak baik. Hal ini dikarenakan penilaian terhadap siswa diketahui melalui pengamatan guru kepada siswa secara langsung tanpa menggunakan instrumen yang valid untuk melihat keterampilan proses sains dan juga kemampuan berpikir kreatif siswa. Saran serta rekomendasi untuk kedepan yaitu diharapkan penilaian keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa diukur atau dinilai secara tersistematis dan menggunakan instrumen penilaian yang valid. hal ini dilakukan agar dapat membantu guru mengevaluasi keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga guru bisa lebih maksimal lagi dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa.

References

Alfauzan, A., Alimni, A., Agus, K. D., Elza, T., & Adi, W. (2022). Implications of Teacher Interpersonal Communication Ability on Student Learning Motivation in Islamic Religious Education Lessons During Pandemic. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1), 156–167.

Chen, K., & Chen, C. (2021). Effects of STEM Inquiry Method on Learning Attitude and Creativity. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(11), 1–6. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/11254

Darmaji, Astalini, Kurniawan, D. A., & Triani, E. (2022). The effect of science process skills of students argumentation skills. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(1), 78–88. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v8i1.49224

Ermayanti, E., Anwar, Y., & Santri, D. J. (2021). Analysis of students’ creative thinking on plant microtechnical laboratory practices. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(2), 111–116. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i2.12321

Ernawati, M. D. W., Sudarmin, S., Asrial, A., Haryanto, H., Azzahra, M. Z., & Triani, E. (2022). A study of attitude and interest in the student’s lessons. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(6), 1901–1913. https://doi.org/https://doi.org/10.18844/cjes.v17i6.7484

ERTAN ÖZEN, N., & DURAN, E. (2021). Contribution of digital storytelling to creative thinking skills. Turkish Journal of Education, 10(4), 297–318. https://doi.org/10.19128/turje.909865

Gasila, Y., Fadillah, S., Studi, P., & Fisika, P. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 14–22.

Handayani*, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033

Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2020). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1), 56–65. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2567

Jaya, T. D., Tukan, M. B., & Komisia, F. (2022). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Larutan Penyangga. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 359–366.

Kamid, K., Rohati, R., Hobri, H., Triani, E., Rohana, S., & Pratama, W. A. (2022). Process Skill and Student ’ s Interest for Mathematics Learning : Playing a Traditional Games. International Journal of Instruction, 15(3), 967–988. https://doi.org/. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15352a

Kamid, Sabil, H., Syafmen, W., & Triani, E. (2021). A Study of Problem Based Learning and Mathematics Process Skills in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 359–368. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37157

Kamid, Syaiful, Ramalisa, Y., Sufri, & Triani, E. (2022). Comparison and Correlation Between Attitude and Process Skills in School in Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 511–528. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202210

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 96–102. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.546

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Putri, R. Y., Sudarti, & Prihandono, T. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Suhu dan Kalor melalui Metode Praktikum. Edumaspul, 6(1), 90–103. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i1.1689

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Ramli, S., Novanda, R., Sobri, M., & Triani, E. (2022). The Impact of Student Responses and Concepts Understanding on the Environmental Care Character of Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 6(1), 48–57.

Rofiqoh, I. F., Subiki, S., & Budiarso, A. S. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Optik Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(4), 139. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i4.18359

S, B. R., Agus, K. D., Elza, T., & Rahmat, P. (2021). Evaluation of the Results of Attitudes and Self-Efficacy of Middle School Students in Science Subjects. Journal of …, 5(4), 525–535. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/view/36409

Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Venty Fau, Y. T., Bago, A. S., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., Lase, I. P. S., Laia, B., Ndraha, L. D. M., & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2045-2052.2022

Sholahuddin, A., Yuanita, L., Supardi, Z. A. I., & Prahani, B. K. (2020). Applying the cognitive style-based learning strategy in elementary schools to improve students’ science process skills. Journal of Turkish Science Education, 17(2), 289–301. https://doi.org/10.36681/tused.2020.27

Suryandari, K. C., Rokhmaniyah, & Wahyudi. (2021). The Effect of Scientific Reading Based Project Model in Empowering Creative Thinking Skills of Preservice Teacher in Elementary School. European Journal of Educational Research, 11(1), 69–81.

Suryaningsih, S., & Nisa, F. A. (2021). KONTRIBUSI STEAM PROJECT BASED LEARNING DALAM MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1097–1111.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031

Wiratman, A., Widiyanto, B., & Fadli, M. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah pada Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 185. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i2.948

Yalçınkaya-Önder, E., Zorluoğlu, S. L., Timur, B., Timur, S., Güvenç, E., Özergun, I., & Özdemir, M. (2022). Investigation of Science Textbooks in terms of Science Process Skills. International Journal of Contemporary Educational Research, 9(2), 432–449.

Zurweni, Kurniawan, D. A., & Triani, E. (2022). A Comparative study : Cooperative Learning in Science Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(1), 115–126.

Downloads

Published

2023-03-31