PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS TIPE WORD SQUARE TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA SD

Authors

  • N.L.T. Arlita Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.A.A. Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • D.B.K.N.S. Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v13i1.58260

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model discovery learning berbantuan LKS word square terhadap kompetensi pengetahuan IPAS kelas siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 165 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPAS dilakukan dengan menggunakan metode tes dan intrumen yang digunakan tes pilihan ganda biasa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan Uji-T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPAS siswa yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning berbantuan LKS word square (84,52) dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional (73,43). Jadi, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan LKS word square berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPAS kelas siswa kelas IV SD.

References

Agung, A.A.G. (2018). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.

Adnyani, N. P. S., Manuaba, I. . S., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428

Andini, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Word Square Pada Materi Konsep Dan Kebijakan Perdagangan Internasional Kelas Xi Iis Di Sma Negeri 1 Bangsal. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 242–248.

Armella, F. S. (2018). Penerapan Think Pair Share Berbantuan Lks Word Square.

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Dewi, N., & Sujana, I. W. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Kearifan Lokal Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Pendidikan Multikultural …, 3(April), 21–30. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPMu/article/view/27270

Hamdi, S., Triatna, C., Pendidikan, P. A., & Indonesia, U. P. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pedagogik. 7(1), 10–17.

Juliarta, I. W. A., Putra, M., & Oka Negara, I. G. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ppkn. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 166. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27361

Kemendikbud. (2018). ( DISCOVERY LEARNING ) Definisi / Konsep.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek. ult.kemdikbud.go.id

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian.

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rahman, A. A., & Agustina, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Lks Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Masyarakat Indonesia Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Gandapura. VI(2), 65–68.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Sari, N. L. G. L. C., Wiyasa, K. N., & Negara, G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(2), 83–92. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JABI/article/view/28897

Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783

Supanti. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ixg Smp Negeri 1 Surakarta Tahun 2017/2018. Historika, 22(1), 59–70.

Supardi, S. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Unisia, 13(17), 100–108. https://doi.org/10.20885/unisia.vol13.iss17.art13

Syahadati, E., Putra, M. I. R., Darajat, A., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan Media Word Square Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 10. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1130

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515

Zamrodah, Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Media Word Square untuk Meningkatkan Keaktifan dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Eletrolit dan Non Elektrolit dan Koloid di Kelas X Kimia Analis SMKN 2 Pekanbaru. 15(2), 1–23.

Downloads

Published

2023-03-31