PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL CATUR PARAMITHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS

Ni Komang Micka Pranintya Dewi, I Wayan Sujana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Ir Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalent Control Group Design. Jumlah populasi kelas V SD Negeri Gugus Ir Soekarno adalah 259 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VA SD Negeri 2 Pedungan yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha dan siswa kelas V C SD Negeri 5 Pedungan sebagai kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat pilihan yang berjumlah 30 butir soal. Data yang di peroleh dinormaliasasikan dengan gain skor kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial uji t. Diperoleh hasil analisis data yaitu thitung = 3,065 > ttabel = 2,000 untuk taraf signifikansi 5% dan dk = 66. Berdasarkan kriteria pengujian, Ho di tolak dan Ha diterima. Rata-rata gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan IPS pada kelompok yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha adalah 0,517. Sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 0,383. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Ir Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27270

Article Metrics

Abstract view : 327 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia  is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Jurnal Pendidikan Multikultural indexed by:

CrossrefAkreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Multikultural is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.