PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v13i2.59864Keywords:
Efikasi Diri; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Model Pembelajaran LangsungAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan rendah, dan (3) pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini eksperimen semu dengan desain one way pretest-posttest non-quivalent control group. Populasi dan sampel penelitian siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Mengwi. Instrumen penelitian berupa kuisioner efikasi diri dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan ANAKOVA dua jalur. Tindak lanjut uji ANAKOVA dua jalur dengan Least Significant Diffeerence (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan rendah, dan (3) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa.
References
Adaobi, E. M., & Abigail, O. M. (2021). Effect of problem-based learning on achievement of secondary school computer studies sudents in nnewi educaiton zone. International Journal of Innovative Research and Advanced Studies (IJIRAS), 8(6), 93–97. https://www.ijiras.com/2021/Vol_8-Issue_6/paper_12.pdf
Anitasari, Pandansari, O., Susanti, R., Kurniawati, & Aziz, A. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontek siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 82–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37661
Arends, R. (2012). Learning to teach tenth edition. McGrawHill Education.
Chileya, M. E., & Shumba, O. (2020). The impact of problem based learning on learners academic achievement in chromatography and science learning activation. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), 4(9), 778–785. https://www.rsisinternational.org/journals/ijriss/Digital-Library/volume-4-issue-9/778-785.pdf
Fakhrou, A., & Habib, L. H. (2022). The Relationship between Academic Self-efficacy and Academic Achievement in Students of the Department of Special Education. International Journal of Higher Education, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.5430/ijhe.v11n2p1
Greenberg, J., & Baron, R. A. (2011). Behavior in organization. Pearson Education.
Harahap, H. S., & Dongoran, H. (2019). Pengaruh model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem ekskresi. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 5(1), 37–49. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jpbn.v5i1.1487
Hayati, N., Junus, M., & Qadar, R. (2021). Studi analisis hubungan self-efficacy dengan hasil belajar. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 83–91. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.365
Insani, A., Ramlawati, & Yunus, S. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran PBL (problem based learning) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga kab. Gowa. Jurnal IPA Terpadu, 2(1), 78–87. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11158.
Karyawati, K. N., Suja, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(3), 129–139. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppii.v12i3.54496
Lisaholit, S., Loilatu, S. H., & Umanailo, M. C. B. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa di SMA negeri se-kecamatan Namlea. Academy of Education Journal, 12(1), 48–55. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.426
Malmia, W., Siti, H. M., Syafa, L., Azwan, A., Irma, M., Hasanudin, T., & Chairul, B. U. (2019). Problem-Based Learning as an Effort to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143. https://www.ijstr.org/final-print/sep2019/Problem-based-Learning-As-An-Effort-To-Improve-Student-Learning-Outcomes.pdf
Musa, M. (2020). Studies academic self-efficacy and academic performance among university undergraduate students: an antecedent to academic success. European Journal of Education, 7(3), 135–149. https://doi.org/10.5281/zenodo.3756004
Putri, W. K. H. W., & Prabawanto, S. (2019). The analysis of students’ self-efficacy in learning mathematics. Journal of Physics, 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032113
Simunza, J., Banda, A., & Hayumbu, P. (2020). Impact of problem-based learning on learner achievement and problem-solving skills on environmental non-metal pollution. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), 4(8), 522–533. https://www.rsisinternational.org/journals/ijriss/Digital-Library/volume-4-issue-8/522-533.pdf
Tan, O. E. (2009). Problem-based learning and creativity. Cangage. Learning Asia Pte Ltd.
Tyas, R. (2017). Kesulitan penerapan problem based learning dalam pembelajaran matematika. Tecnoscienza, 2(1), 44–52. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/26
Yunianti, E., Jaeng, M., & Mustamin. (2016). Pengaruh model pembelajaran dan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Parigi. E-Jurnal Mitra Sains, 4(1), 8–19. https://doi.org/https://doi.org/10.22487/mitrasains.v4i1.132