ANALISIS STANDARISASI SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM BIOLOGI

Authors

  • A.H. Sari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • D. Safitri Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • I. Haryati Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • N. Anjalina Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • E. Muliyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v13i3.71350

Keywords:

Laboratorium; Manajemen; Sarana, dan Prasarana

Abstract

Pembelajaran ilmu pengetahuan, khususnya biologi semakin menekankan perlunya mengintegrasikan kegiatan eksperimental melalui praktikum. Salah satu fasilitas untuk mendukung pembelajaran biologi di sekolah, terutama dalam pelaksanaan kegiatan praktikum adalah Laboratorium Biologi. Peran Laboratorium adalah sebagai pendukung proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu,harus memenuhi standar minimum terkait kelengkapan sarana dan alat sesuai dengan standar sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian laboratorium Biologi di SMA Negeri 3 Tangerang Selatan dengan standar laboratorium yang tercantum dalam Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan. Pengambilan data melalui observasi, wawancara dengan laboran dan guru biologi, serta dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana laboratorium biologi di SMAN 3 Tangerang Selatan sudah memenuhi standarisasi sesuai Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 dengan persentase 75,6% yang termasuk dalam kategori sangat lengkap.

References

Agustina, P., & Ningsih, I. W. (2017). The observation of biology practical in grade XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta 2015/2016 based on biology practical implementation standard. Bioeducation Journal, 1(1), 34-44. https://doi.org/10.24036/bioedu.v1i1.24

Arini, N. K. M., & Darmayanti, N. W. S. (2022). Analisis kebutuhan guru terhadap panduan praktikum IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(1), 12-19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/45463

Cahyani, P., Corebima, A., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2021). The study of biology practicum model in institute of teacher education (ITE). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 772-786. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.30379

Farikha, Y., Hidayat, S., & Tauhidah, D. (2021). Analisis kelengkapan fasilitas, sarana, dan prasarana laboratorium biologi di SMA Negeri se-kabupaten Grobogan. Prosiding SINKESJAR 2021, 743-751. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/download/1306/1042

Gustina, P., Saputra, A., Akbar, I., & Rahayu, S. (2021). Study on science and biology practicum in middle schools during the COVID-19 pandemic. Urecol Journal. Part A: Education and Training, 1(2), 86–91. http://ejournal.urecol.org/index.php/ujet/article/view/73

Dewi, D. A. K. D. S., Sastrawidana, D. K., & Wiratini, N. M. (2019). Analisis pengelolaan alat dan bahan praktikum pada laboratorium kimia di sma negeri 1 tampaksiring. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(1), 37-42. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK/article/view/21162

Irawati, Y. D., Putri, Z. N., Febriana, S. H., Fauziyatunnisa, I. N., Saifuddin, M. F., & Puspitasari, E. D. (2022). "Maintenance-Equipment Analysis og Biological Laboratory Facilities and Infrasrtucture at Senior High School in Yogyakarta.” Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 7(3), 223-230. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pbio/article/view/13325/pdf

Jufriyah, J., Mar'ah, I., & Isharyudono, K. (2009). Pemeliharaan dan penyimpanan peralatan laboratorium kimia. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 1(1), 26-32. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jplp/article/view/4171/2301

Munarti & Sutjihati. (2018). Standar sarana prasarana laboratorium IPA sekolah menengah atas di Wilayah Bogor. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 56-62. https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/743

Nasional, K. P. (2007). Permendiknas No. 24 tahun 2007 Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madarasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).

Pertiwi, F. N. (2019). Sistem Pengelolaan (Perencanaan, Pelaksanaan, evaluasi) Laboratorium IPA SMP Negeri Di Ponorogo. Jurnal Penelitian Islam, 13(1). http://dx.doi.org/10.21154/kodifikasia.v13i1.1704

Ramadhan, T., & Suyanto, S. (2020). Biology science practicum learning: An evaluation study in junior high school of Ngemplak-Indonesia. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(3), 361-366. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i3.13657

Rustaman, N. Y. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Banten: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Trisianawati, E., Ita, I., & Fitria, K. (2020). Analisis kelengkapan alat dan bahan laboratorium IPA sekolah di kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 3(2), 66-72. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/article/view/2245

Ungarbayeva, G. R., Ibadullayeva, S. Zh., Tapalova, A. S., Mussabayeva, M. N., Berdenkulova, A. Zh., & Balykbayeva, G. T. (2020). Development of research competence in biology students during the biological practicum course. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 1924-1932. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/17115

Vendamawan, R. (2015). Pengelolaan laboratorium kimia. Jurnal Metana, 11(02), 41-46. https://doi.org/10.14710/metana.v11i02.14757

Downloads

Published

2023-12-30