MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASROOM BERBASIS STEM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v14i1`.75279Keywords:
Hasil Belajar; Flipped Classroom; Keterampilan Berpikir Kritis; STEMAbstract
Keterampilan siswa dalam berpikir kritis masih tergolong rendah. Hal tersebut juga diikuti dengan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPA. Selama ini pembelajaran yang berlangsung cenderung masih berpusat pada guru, sehingga peran aktif siswa di dalam kelas tergolong kurang. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa dan melatih kemampuan berfikir kritis sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran Flipped classroom berbasis STEM. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu kelas IX berjumlah 140 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan keterampilan berfikir kritis siswa yang mengikuti model pembelajaran flipped classroom berbasis STEM (rata-rata 90,34) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (rata-rata 79,51) dan 2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbasis STEM (nilai rata-rata 84,514) sedangkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (nilai rata-rata 72,118). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbasis STEM terhadap keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Hasil penelitian dapat menjadi alternatif bagi guru dalam menghadirkan pembelajaran inovatif menarik, dan bermakna bagi siswa khusunya dalam menigkatkan hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis.
References
Akcayır, G., & Akçayır, M. (2018). The flipped classroom: A review of its advantages and challenges. Computers & Education, 126, 334–345. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.07.021.
Alamri, M. M. (2019). Students’ academic achievement performance and satisfaction in a flipped classroom in Saudi Arabia. International Journal of Technology Enhanced Learning, 11(1), 103–119. https://doi.org/10.1504/IJTEL.2019.096786
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom : Reach Every Student in Every Class Every Day ((L. Gansel). USA: Courtney Burkholder.
Brewer, R., Movahedazarhouligh, S. (2018). Successful stories and conflicts: A literature review on the effectiveness of flipped learning in higher education. Journal of Computer Assisted Learning, 3(4), 409–416. https://doi.org/10.1111/jcal.12250
Cai, J., Yang, H. H., Gong, D., MacLeod, J., & Zhu, S. (2019). Understanding the continued use of flipped classroom instruction: a personal beliefs model in Chinese higher education. Journal of Computing in Higher Education, 31(1), 137–155. https://doi.org/10.1007/s12528-018-9196-y
Chen, K. S., Monrouxe, L., Lu, Y. H., Jenq, C. C., Chang, Y. J., Chang, Y. C., & Chai, P. Y. C. (2018). Academic outcomes of flipped classroom learning: a meta-analysis. Medical Education, 52(9), 910–924. https://doi.org/10.1111/medu.13616
Hermanto, Y. B., Agustini, V., & Srimulyani. (2021). The Challenges of Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1). https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1.29703
Imania, K. A., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. 6(2), 45–50. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.859
Istiqamah, I., Sugiarti, S., & Wijaya, M. (2019). Perbandingan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Direct Instruction. Chemistry Education Review (CER), 3(1), 17–30. https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8671
Jeong, K. O. (2017). The use of moodle to enrich flipped learning for english as a foreign language education. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 95(18), 4845–4852. http://www.jatit.org/volumes/Vol95No18/23Vol95No18.pdf
Juano, A., & Pardjono, P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 46–53. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7801
Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.9977
Kurniahtunnisa, Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 310–318. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i3.14865
Kurnianto, B., & Haryani, S. (2020). Critical Thinking Skills and Learning Outcomes by Improving Motivation in the Model of Flipped Classroom Article Info. Journal of Primary Education, 9(3), 282–291. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/27783
Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Edutcehnologia, 3(2), 160–170. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9147/5684
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Research & Learning in Faculty of Education Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan. 3(1), 101–109. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221
Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 23–28. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Puspitasari, R. D., Herlina, K., & Suyatna, A. (2020). A Need Analysis of STEM-integrated Flipped Classroom E-module to Improve Critical Thinking Skills. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), 178–184. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.6121
Ramdani, D., & Badriah, L. (2018). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbang Berbasis Blended Learning Pada Materi Sistem Respirasi Manusia. Jurnal Bio Educatio, 3(2), 37–44. https://doi.org/10.31949/be.v3i2.1117
Retno, E. W., Rochmad, & Waluyo, B. (2018). Penilaian Kinerja Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma, 1, 522–530. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20134/9545
Rodríguez, G., Díez, J., Pérez, N., Baños, J. E., & Carrió, M. (2019). Flipped Classroom: Fostering Creative Skills in Undergraduate Students of Health Sciences. Thinking Skills And Creativity, 33. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100575
Rusnawati, M. D. (2020). Implementasi Flipped Classroom terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 139–150. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18238
Siburian, J., Corebima, A. D., Ibrohim, & Saptasari, M. (2019). The correlation between critical and creative thinking skills on cognitive learning results. Eurasian Journal of Educational Research, 81, 99–114. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.81.6
Solihin, M. W., Prastowo, S. H. B., & Supeno. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 299–306. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i3.8604
Suardi, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Berpikir Kritis, Kreatif Dan Bekerjasama Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 4 Sibulue. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(2), 135. https://doi.org/10.35580/Jspf.V16i2.12557
Susanti, L. Y. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma/ Smk Pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(2), 32–40. https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.32-40
Susanto, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Jakarta: Pernada Media Group.
Syauqi, K., Munadi, S., & Triyono, M. B. (2020). Students’ perceptions toward vocational education on online learning during the COVID-19 pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(4), 881. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20766
van Peppen, L. M., Verkoeijen, P. P. J. L., Heijltjes, A. E. G., Janssen, E. M., & van Gog, T. (2021). Enhancing students’ critical thinking skills: is comparing correct and erroneous examples beneficial? In Instructional Scienc Springer Netherlands, 49, 747-777. https://doi.org/10.1007/s11251-021-09559-0
Widyasari, S. F., Masykur, R., & Sugiharta, I. (2021). Flipped Classroom : Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.32665/james.v4i1.171