ANALISIS PRESEPSI GURU IPA TERHADAP PEMBELAJARAN BERORIENTASI STEAM-PJBL BERMUATAN KEARIFAN LOKAL

Authors

  • M.I. Nuraeni Universitas Jember
  • S. Wahyuni Universitas Jember
  • I. Mudakir Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v14i3.78956

Keywords:

Kearifan Lokal; Presepsi; STEAM-PJBL

Abstract

Project Based Learning (PJBL) menjadi dasar pendekatan STEAM diawali dengan permasalahan aktual dengan melibatkan murid dalam menyumbangkan ide dan solusi. Pembelajaran STEAM-PJBL yang dibangun berdasarkan kearifan lokal dapat menjadi alternatif paradigma pembelajaran baru. Presepsi seorang guru akan memandang pembelajaran akan berdampak langsung pada cara murid belajar, karena hal itu akan membentuk aktivitas mereka dikelas, cara mereka belajar, dan seberapa baik mereka menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana presepsi guru IPA terhadap pembelajaran yang berorientasi STEAM-PJBL bermuatan kearifan lokal Purposive sampling digunakan dalam proses pengambilan sampel. Mayoritas presepsi guru IPA di Lumajang mengatakan bahwa untuk mengimplmentasikan pembelajaran masuk kedalam kategori sedang karena tidak semua guru IPA berkompeten dalam pembelajaran berorentasi STEAM-PJBL bermuatan kearifan lokal. Program pengembangan professional guru harus dirancang yang berfokus pada keahlian bidang ilmu STEAM- PJBL bermuatan kearifan lokal, situasi praktis, dan presepsi positif terhadap pembelajaran berorientasi STEAM-PJBL bermuatan kearifan lokal.

References

Andayani, Y., Kastari, D., Junaidi, E., & Rahmawati, R. (2023). Persepsi Guru Kimia Dan Siswa Kelas Xi Mipa Sma/Ma Kabupaten Lombok Tengah Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains Pada Materi Pokok Asam Dan Basa. Chemistry Education Practice, 6(1), 141–146. Https://Doi.Org/10.29303/Cep.V6i1.3024

Cahyani, G. P., & Sulastri, S. (2021). Pengaruh Project Based Learning Dengan Pendekatan Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Online Di Smk Negeri 12 Malang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 9(3), 372–379. Https://Doi.Org/10.26740/Jpak.V9n3.P372-379

Dhea Eprillia Anzelina. (2023). Potensi Kearifan Lokal Sumatera Selatan Sebagai Basis Media Pembelajaran Kontekstual Biologi Sma. Journal Of Nusantara Education, 2(2), 53–63. Https://Doi.Org/10.57176/Jn.V2i2.51

Fitriyah, A., Ramadani, S. D., & Madura, U. I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. X(2019), 209–226.

Herowati, H., & Azizah, L. F. (2020). Ekplorasi Lingkungan Pesisir Kalianget Sebagai Media Pembelajaran Penunjang Pembelajaran Ipa Konstektual. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan Ipa, 10(2), 137–156. Https://Doi.Org/10.24929/Lensa.V10i2.120

Hidayah, N., Sopian, T., Aziz M. Nauval, Feby Nur Ikrawardani, Flavia Domitilla Fausta, Inggit Salsabila Putri, M. Hafidz Annazly, & Salma Nabila M. (2021). Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan Sostac. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(2), 57–75. Https://Doi.Org/10.34013/Jk.V5i2.408

Izzania, R. D. S. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Steam Untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146–157. Https://Doi.Org/10.33369/Dikdas.V4i2.15914

Jannah, I. K. J., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Ctl Pada Kurikulum Merdeka Muatan Ipas. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6164–6172.

Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i8.2584

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V7i1.2482

Latip, A., Asep Kadarohman, Hernani, & Norazilawati Abdullah. (2024). Science In The Community (Scicom) Daerah Indonesia Sebagai Konteks Pembelajaran Ipa: A Systematic Literatur Review. Jurnal Tadris Ipa Indonesia, 4(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.21154/Jtii.V4i1.2870

Monalisa, C., Ahda, Y., & Fitria, Y. (2019). (2019). Critical Thinking Skill Improvement Using Problem Based Learning (Pbl) Model Of 4th Grade Students Of Elementary School. International Journal Of Science And Research (Ijsr), 8(2), 429–432. Http://Www.Ijsr.Net/Archive/V8i2/Art20194984.Pdf

Mudatsir, Bulkis Ramli, R., & Hanifah, S. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Kearifan Lokal Dengan Memanfaatkan Platform Quizizz Untuk. Insight : Indonesian Journal Of Social Studies And Humanities, 2(2), 336–346.

Naela Khusna Faela Shufa, & Tito Pangesti Adji. (2024). Pembelajaran Terintegrasi Steam Berbasis Kearifan Lokal: Strategi Signifikan Dalam Meningkatkan 4 Cs Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 1(2), 55–67. Https://Doi.Org/10.62951/Prosemnasipi.V1i2.30

Nasution, M. D., Ahmad, & Mohamed, Z. (2021). Pre Service Teachers’ Perception On The Implementation Of Project Based Learning In Mathematic Class. Infinity Journal, 10(1), 109–120. Https://Doi.Org/10.22460/Infinity.V10i1.P109-120

Net, W. W. W. P., Muskania, R. T., Maksum, A., & Astra, I. M. (2024). A Qualitative Study Of Teacher’s Perspective About Digital Stem-Pjbl Teaching Material Based On Local Wisdom To Improve Scientific Literacy. Pegem Journal Of Education And Instruction, 14(2), 94–103. Https://Doi.Org/10.47750/Pegegog.14.02.11

Nur, A., Mayanti, R., & Widiyatmoko, A. (2023). Review Artikel: Model Pembelajaran Pjbl- Steam Berbantuan Canva Pada Materi Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. In Proceeding Seminar Nasional Ipa, 424–431.

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V9i1.604

Oktarina, K., Suhaimi, Santosa, T. A., Razak, A., Irdawati, Ahda, Y., Lufri, & Putri, D. H. (2021). Meta-Analysis: The Effectiveness Of Using Blended Learning On Multiple Intelligences And Student Character Education During The Covid-19 Period. International Journal Of Education And Curriculum Application, 4(3), 184–192. Http://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Ijeca/Article/View/5505

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3431

Sustrisna, N., & Gusnidar. (2022). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pada Materi Ipa Untuk Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2859–2868.

Trinaldi, A., Afriani, M., Budiyono, H., Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Persepsi Guru Terhadap Model Pjbl Pada Kurikulum Prototipe. Jurnal Basicedu, 6(4), 7408–7417. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3526

Triprani, E. K., Sulistyani, N., & Aini, D. F. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl Terhadap Kemampuan Problem Solving Pada Materi Energi Alternatif Di Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 176–187. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2023.V13.I2.P176-187

Wati, I. K., Suciati, S., Sari, M. W., & Nugraheni, F. S. A. (2021). Persepsi Guru Ipa Terhadap Pembelajaran Stem. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 7(2), 92. Https://Doi.Org/10.32699/Spektra.V7i2.203

Yuliana, Y., Fathurohman, A., & Siahaan, S. M. (2023). Analysis Of Needs For The Development Of Local Wisdom-Based Junior High School Science E-Modules Related To Ethnoscience In South Sumatera. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 9(10), 7865– 7870. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V9i10.5292

Zahirah, D. F., & Sulistina, O. (2023). Efektifitas Pembelajaran Stem–Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Unesa Journal Of Chemical Education, 12(2), 121–131. Https://Doi.Org/10.26740/Ujced.V12n2.P121-131

Downloads

Published

2024-12-29