PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v14i2.81488Keywords:
IPA; Peserta Didik; Problem Based LearningAbstract
Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam perkembangan suatu negara, terutama pada tahap sekolah dasar yang menjadi pondasi awal dalam proses belajar. Meskipun demikian, hasil belajar IPA peserta didik di Sekolah Dasar masih rendah, dengan berbagai kendala seperti kesulitan memahami konsep, kurangnya partisipasi, dan ketidakmampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel yang digunakan peneliti dengan jumlah 28 peserta didik di Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket sebagai analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis t-hitung sebesar 9.057 lebih besar dari t-tabel 1.706, serta hasil uji prasyarat yang menunjukkan data berdistribusi normal dan tidak terjadi autokorelasi maupun heteroskedastisitas. Data posttest menunjukkan peningkatan nilai rata-rata peserta didik setelah penerapan PBL.
Education is the most important aspect in the development of a country, especially at the elementary school level, which serves as the initial foundation in the learning process. Nevertheless, the science learning outcomes of elementary school students are still low, with various obstacles such as difficulties in understanding concepts, lack of participation, and inability to solve problems. The aim of this research is to evaluate the effect of the Problem Based Learning (PBL) model on the science learning outcomes of elementary school students. This research uses a quantitative approach with a descriptive method. The sample used by the researchers consists of 28 elementary school students. Data collection techniques involve tests and questionnaires, with data analysis performed using validity tests, reliability tests, classical assumption tests, and hypothesis tests using SPSS software. The results of the study indicate that the PBL model has a significant effect on the science learning outcomes of students. This is evidenced by the hypothesis test result where the t-count is 9.057, which is greater than the t-table value of 1.706, as well as the prerequisite test results showing that the data is normally distributed and there is no autocorrelation or heteroscedasticity. Posttest data show an increase in the average scores of students after the implementation of PBL.
References
Afifah, D. & Minsih. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Benda Konkret Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 30–39. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.18
Amalia, I., Muhajang, T., & Hikmah, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(1). https://doi.org/10.33369/pgsd
Astuti, S. W., Priyono, S., & Sinta, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran (Pbl) Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Peserta Didik Kelas Xi Smk Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(02), 46–56. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1157
Diana, D., Sukamti, S., & Winahyu, S. E. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1110–1120. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1110-1120
Djonomiarjo. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 5(1), 39-46.http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Fajri, L., Herianto, E., & Sawaludin, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 2 Lingsar. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 371–382. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1875
Helen, H., & Kusdiwelirawan, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Wapfi (Wahana Pendidikan Fisika), 7(1), 51–60. https://doi.org/10.17509/wapfi.v7i1.43965
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education.7(2), 5-11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Kudisiah, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 4(2), 195-202. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v4i2.475
Maryunda , H. & Desyandri. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN Gugus Baruah Gunuang. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1), 1405-1412. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1112
Maulidia, L., Nafaridah, T., Ahmad, Ratumbuysang. Monry FN, & Sari, E. M. (2023). Analisis Keterampilan Abad Ke 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Bajarsari. Prospek, 2(2), 127–133. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2609
Mut’mainah. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Education, 4(1), 88–100.
Noviana, R., Llmiyati, N., & Darmiasih, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Ekologi Di SMP Negeri 5 Ciamis. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 113. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i2.10413
Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda. Jurnal Karya Abadi, 5(2), 5–24. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i2.15257
Rahmayanti, L., Nugraheni, F. S. A., & Lestari, N. (2024). Penerapan Pembelajaran Ipa Berbasis Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (Steam) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Kreatif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 14(1), 21–29. https://doi.org/10.23887/jppii.v14i1%60.68873
Rustan, N. A., Qalbi, & Arianto. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa. 1(2), 119-126. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.18
Suta Widura, G., Wira Bayu, G., & Aspini, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2
Syofyan, R. N. & H. (2021). Analisis Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas V di SDn Duri Kepa 05 dalam mAsa Pendemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian.
Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita karana terhadap Hasil. Junal Mimbar Ilmu, 24(3), 299–309. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.
Yani, B. (n.d.). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Yulaika, I. (2023). Pengaruh Model problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar siswa kelas X Pada mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 8 Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dasar.