KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Authors

  • D.T. Lestari Universitas Tidar
  • E. Juliyanto Universitas Tidar
  • N. Dewantari Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v14i3.82836

Keywords:

Isu Sosiosaintifik; Kemampuan Pemecahan Masalah; Penguasaan Konsep IPA; Problem Based Learning

Abstract

Salah satu keterampilan abad ke-21 yang patut dikuasai siswa ialah kemampuan pemecahan masalah. Dalam memecahkan masalah, siswa perlu penguasaan konsep IPA yang baik, sehingga kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh penguasaan konsep IPA. Guru menerapkan metode ceramah mempengaruhi siswa pada rendahnya penguasaan konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Problem Based Learning berbasis isu sosiosaintifik untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Penelitian kuantitatif ini menggunakan true experimental diterapkan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada diterapkannya model Problem Based Learning berbasis isu sosiosaintifik. Namun, nilai N-gain kelas kontrol > kelas eksperimen. Hasil uji regresi linear sederhana sebesar 0,000 < 0,05. Bisa disimpulkan bahwa model Problem Based Learning tidak efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA maupun kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dan terdapat pengaruh penguasaan konsep IPA terhadap kemampuan pemecahan masalah.

References

Adiilah, I. I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research (PJMSR), 2(1), 49-56. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.306

Adinia, R., Suratno, Iqbal, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Aktif Berbantuan LKPD Problem Based Learning terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa di Sekolah Kawasan Perkebunan Kopi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 64-75. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p64-75

Budiarti, M. I. E. (2023). Mathematical Critical Thinking Ability: Pisa Problem Solving. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 324-331. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2731

Ekasari, A. (2023). Peningkatan Penguasaan Konsep dengan Menerapkan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Simulasi PhET. Journal of Biology Education Research, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i1.6292

Griffin P., McGaw B., & Care, E. (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Melbourne: Springer Cham. https://www.researchgate.net/publication/325809307_KETERAMPILAN_ABAD_KE-21_BAGAIMANA_MEMBELAJARKAN_DAN_MENGASESNYA

Ihsani, N., Idrus, A. A., & Jamaludin, J. (2020). Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai-Nilai Islami untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 103-109. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1326

Kemendikbud. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Laporan PISA Kemendikbudristek. https://balaibahasaria.kemdikbud.go.id

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818-826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828

Latukau, M. (2023). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sains dan Sikap Ilmiah Siswa SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(11), 31-39. https://doi.org/10.5281/zenodo.8062158

Mardiyah, F. H., Purwianingsih, W., & Solihat, R. (2022). Penggunaan Modul Elektronik Berbasis Isu Sosiosaintifik untuk Meningkatkan Persepsi Siswa tentang Bioteknologi. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 510-519. https://doi.org/10.33394/bioscientist/v10i1.5402

Meha, A. M., Sairtory, S. S., & Kamengko, D. F. (2022). Analisis Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia di Masa Pandmi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 10(1), 175-178. https://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.14866

Nuraliza, F., Chasanatun, T. W., & Laksana, M. S. D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD melalui Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 309-319. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3040

Putri, S. N., Manuk, I. L., Hedwidgis, M., & Nirmalasari, M. A. Y. (2022). Kajian Isu Sosiosaintifik dalam Warisan Budaya Sikka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 761-771. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.681

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246-259. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259

Rakhmawati, D. (2021). Advantages and Disadvantages of Problem Based Learning Models. Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2021, 4(5), 550-554. https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.66052

Rifai, A. (2020). Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolar Dasar, 3(3), 2139-2144. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57081

Rusdi, B., Hairun, Y., & Bani, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 100-109. https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i1.2661

Sismawarni, W. U. D., Usman, Hamid, N., & Kusumaningtyas, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Isu Sosiosaintifik dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(1), 10-17. https://doi.org/10.34312/jjec.v2i1.4265

Wagner, K. S., White, J. M., Crowcroft, N. S., De Martin, S., Mann, G., & Efstratiou, A. (2010). Diphtheria in the United Kingdom, 1986-2008: The increasing role of Corynebacterium ulcerans. Epidemiology & Infection, 138(11), 1519-1530. https://doi.org/10.1017/S0950268810001895

Y., Riandho, P., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 407-417. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5311

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584-3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650

Downloads

Published

2024-12-29