PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN ANALISIS ARTIKEL ILMIAH PADA MATA KULIAH PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KIMIA

Authors

  • E. Jayanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v14i2.83789

Keywords:

Analisis Artikel Ilmiah; Persepsi; Problematika Pendidikan Kimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran analisis artikel ilmiah pada mata kuliah problematika pendidikan kimia. Jenis penelitian merupakan penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia di salah satu Universitas Islam di Sumatera Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar kuesioner (angket) dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memberikan tanggapan positif dari penerapan pembelajaran analisis artikel ilmiah pada mata kuliah problematika pendidikan kimia. Hal ini terlihat dari jawaban-jawaban mahasiswa sebagian besar menjawab sangat setuju dan setuju pada setiap pernyataan pada angket dan didukung dengan data hasil wawancara.

References

Amalia, S. N., & Pambudi, M. R. (2023). Efektifitas model pembelajaran iquiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18577–18582. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9313

Anggitasari, V., Widyaningrum, T., & Utari, S. (2021). Pengembangan berpikir kritis melalui analisis jurnal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 1954–1960. https://seminar.uad.ac.id/index.php/SemNasPPG/article/view/12105

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam menulis karya ilmiah. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 400–407. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Farcis, F. (2019). Profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Palangka Raya dalam proses analisis artikel ilmiah. Jurnal Jejaring Matematika Dan Sains, 1(1), 52–58. https://doi.org/10.36873/jjms.v1i1.137

Fauzyah, N. I. (2023). Pemanfaatan jurnal internasional sebagai sumber informasi referensi bagi mahasiswa (Studi perpustakaan unit FKIP UNKAM). Universitas Muhamadiyah Mataram.

Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif mahasiswa sebagai agen of change melalui Pendidikan Kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 181–193. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3193

Jon, E. (2023). Pembelajaran analisis artikel ilmiah untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah dalam mata kuliah pengetahuan lingkungan. Jurnal Esabi (Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi), 5(1), 21–28. https://doi.org/10.37301/esabi.v5i1.41

Nelms, A. A., & Segura-Totten, M. (2019). Expert–novice comparison reveals pedagogical implications for students’ analysis of primary literature. CBE Life Sciences Education, 18(4), 1–12. https://doi.org/10.1187/cbe.18-05-0077

Pane, E. P., Simanjuntak, H., Siahaan, F. E., & Purba4, N. A. (2021). Peranan dan kontribusi Perguruan Tinggi dalam menunjang kinerja DPRD Kota Pematangsiantar di bidang pendidikan. Abdimas Mandiri - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 104–109. https://ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/download/48/48

Parmin. (2014). Penerapan critical review mahasiswa dalam menyusun proposal skripsi. Jurnal PHENOMENON, 4(1), 92–110. https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.1.127

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Rahardhian, A. (2022). Kajian kemampuan berpikir kritis (critical thinking skill) dari sudut pandang filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092

Rahayu, P., Ulfah, M., & Dewi, L. R. (2013). Pembelajaran analisis artikel ilmiah untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS, 1–4. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6564

Ramadhan, R. M., & Suciati. (2020). Review karya tulis ilmiah sebagai acuan dalam penciptaan suatu karya busana artwear bergaya bohemian. Corak Jurnal Seni Kriya, 9(2), 129–142. https://doi.org/10.24821/corak.v9i2.4057

Slameto. (2016). Penulisan artikel ilmiah hasil penelitian tindakan kelas. Scholaria, 6(2), 46–57. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57

Suparni. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa menggunakan bahan ajar berbasis integrasi interkoneksi. Jurnal Derivat, 3(2), 40–58. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.716

Syahmani, & Sanjaya, R. E. (2021). Artikel ilmiah sebagai sumber pembelajaran biokimia. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 98–110. https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.29847

Syazali, M., Affandi, L. H., Nursaptini, N., Rahmatih, A. N., & Astria, F. P. (2020). Preliminary analysis kesulitan mahasiswa S-1 PGSD dalam mereview artikel ilmiah di jurnal. Progres Pendidikan, 1(3), 177–184. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.19

Taluke, D., Lakat, R. S. M., & Sembel, A. (2019). Analisis preferensi masyarakat dalam pengelolaan ekosistem mangrove di pesisir pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial, 6(2), 531–540. https://doi.org/10.35793/sp.v6i2.25357

TIM Dosen Prodi Pendidikan Kimia. (2019). Dokumen Kurikulum KKNI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Prodi Pendidikan Kimia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.

Turmidzi, I. (2019). Peran dan Manajemen Perguruan Tinggi di Era Globalisasi. Tarbawi, 1, 31–42. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/89

Van Lacum, E. B., Ossevoort, M. A., & Goedhart, M. J. (2014). A teaching strategy with a focus on argumentation to improve undergraduate students’ ability to read research articles. CBE Life Sciences Education, 13(2), 253–264. https://doi.org/10.1187/cbe.13-06-0110

Waskita, P. D., Wahyuni, D., & Nugroho, P. B. (2019). Proses berpikir analitis mahasiswa berkarakter charismatic leadership. Prosiding Semnasfip, 219–225. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5130

Widodo, G. S. (2017). Penggunaan isu-isu pendidikan terkini dalam mata kuliah profesi keguruan di Universitas Islam Malang. Ju-Ke, 1(2), 29–34. https://jim.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/788

Yusriani. (2017). Persepsi mahasiswa angkatan 2013-2015 terhadap program peningkatan kompetensi jurusan Pendidikan Fisika Universitas Negeri Alauddin Makassar [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2911/

Downloads

Published

2024-08-31