ANALISIS TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK MAHASISWA DALAM MEMILIH TUGAS AKHIR ARTIKEL ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v14i3.85575Keywords:
Artikel Ilmiah; Kecemasan Akademik; MahasiswaAbstract
Kecemasan merupakan kondisi psikologis yang sering dialami oleh individu, terutama dalam konteks akademik, seperti penyelesaian tugas akhir. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian mahasiswa jurusan tadris biologi yang sedang mengerjakan dan yang akan mengerjakan tugas akhir artikel ilmiah dari semester 4-6 IAIN Kerinci dengan total sampel 60 mahasiswa, teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dikembangkan oleh Cassady (2019) menggunakan skala likert. Analisis data dengan uji statistik deskriptif menggunakan aplikasi JASP. Hasil analisis membuktikan bahwa tingkat kecemasan pada mahasiswa yang memilih tugas akhir artikel ilmiah berada pada kategori rendah, dengan skor rata-rata (mean) 22,250 hal ini disebabkan struktur atikel lebih sederhana, memiliki jumlah halaman artikel lebih sedikit ,tenggang waktu dan bimbingan yang baik membuat mahasiswa merasa mampu menyelesaikan tugas secara bertahap tanpa tekanan yang berlebihan.
References
Afdila, jihan nisa. (2016). Pengaruh terapi guided imagery terhadap tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan skripsi. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10.
Andy, & Chsris, A. (2018). Perbedaan tingkat stres, kecemasan, dan depresi pada mahasiswa preklinik dan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 1(1), 21–26. https://journal.untar.ac.id/index.php/tmj/article/view/2507
Assyifa, F., Fadilah, S., Wasilah, S., Fitria, Y., & Muthmainah, N. (2023). Hubungan Jenis Kelamin Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Pskps Fk Ulm Tingkat Akhir Dalam Pengerjaan Tugas Akhir. Homeostasis, 6(2), 333. https://doi.org/10.20527/ht.v6i2.9980
Cassady, J. C., Pierson, E. E., & Starling, J. M. (2019). Predicting Student Depression With Measures of General and Academic Anxieties. Frontiers in Education, 4(February), 1–9. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00011
Fahrianti, F., & Nurmina. (2021). Perbedaan Kecemasan Mahasiswa Baru Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1297–1302. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1101
Firmansyah, Q. D., Qorahman, W., & Ningtyas, N. W. R. (2022). Hubungan Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Dalam Penyelesaian Tugas Akhir Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendekia Medika. Jurnal Borneo Cendekia, 5(2), 148. https://doi.org/10.54411/jbc.v5i2.253
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Gunawan, E. C. (2017). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Universitas Kristen Satya Wacana. Satya Wacana.
Hafifah, N., Widiani, E., & H, W. R. (2017). Perbedaan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fakultas Kesehatan
Ibrahim, M. B., & Abdelreheem, M. H. (2015). Prevalence of anxiety and depression among medical and pharmaceutical students in Alexandria University. Alexandria Journal of Medicine, 51(2), 167–173. https://doi.org/10.1016/j.ajme.2014.06.002
Suherman, M. M. (2018). Akademik mahasiswa di kota bandung hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi. Jurnal Fokus, 1(3), 111–116.
Jayanti, E. (2024). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Problematika Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 14(2), 65–76. https://doi.org/10.23887/jppii.v14i2.83789
Larayba, L., Pujani, N. M., & Priyanka, l. M. (2022). Analisis Minat Baca Siswa Pada Materi IPA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(1), 30–37. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i1.56548
Lestari, W., & Wulandari, D. A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Yang Menyusun Skripsi Di Masa Pandemi COVID-19. Psimphoni, 1(2), 93–98. https://dx.doi.org/10.30595/psimphoni.v1i2.8174
Linayaningsih, F. (2007). Kecemasan Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Dalam Mengerjakan Skripsi. Skripsi.
Malfasari, E. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam penyelesaikan tugas akhir. Jurnal Ners Indonesia, 8(2). http://dx.doi.org/10.31258/jni.8.2.124-131
Marjan, F., Sano, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menyusun skripsi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 84. https://doi.org/10.29210/02247jpgi0005
Modouw, H., & Nugroho, P. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir mahasiswa program studi akuntansi. Akuntansi Profesi, 12(1), 59-66. https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.33283
Ndruru, C. S. M. (2023). Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Kecemasan Dalam Penyususnan Tugas Akhir Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Skripsi.
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854
Prasutri, D. R., Muzaqi, A. F., Purwati, A., Nanda Choirun, N., Dan, & Susilo, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Literasi Digital Dan Keterampilan Kolaboratif Siswa Sma Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Dan Workshop Biologi-IPA Dan Pembelajarannya Ke-4, 4(September), 489. https://www.researchgate.net/publication/346970399_PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_PROBLEM_BASED_LEARNING_PBL_UNTUK_MENINGKATKAN_LITERASI_DIGITAL_DAN_KETERAMPILAN_KOLABORATIF_SISWA_SMA_PADA_PEMBELAJARAN_BIOLOGI
Rahmawati, D. (2015). Pengaruh Karakteristik Tipe Kepribadian Dan IPK Terhadap Kecemasan Berkomputen Mahasiswa Akutansi Dalam Menggunakan Sofware Akuntansi Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Nominal, 4(1), 1-16. http://dx.doi.org/10.21831/nominal.v4i1.6884
Retno Basitotur Rizkiyati. (2019). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Di Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Iain Purwokerto Angkatan 2015. Skripsi, 3–10.
Rusyani, H. (2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Pada Mahasiswang Akan Menghadapi Skripsi. 입법학연구, 제13집 1호(May), 31–48.
Saputera, J. D., Saputera, M. D., & Chris, A. (2018). Perbedaan Prestasi Akademik Berdasarkan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kkesehatan, 2(1), 11–17. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmistki/article/view/1729
Sari, K. I. P., Muthoharoh, S., & Widiyawati, R. (2023). Kecemasan Akademik Mahasiswa Kebidanan; Literature Review. Jurnal Pengembangan Ilmu Dan Praktik Kesehatan, 2, 166–175. https://doi.org/10.56586/pipk.v2i3.265
Sari, R. D. T. (2017). Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Mahasiswi Keperawatan dan Mahasiswi Kesehatan Masyarakat Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir (SKRIPSI) Di Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun. Skripsi, 6–18.
Sitorus, R., & Simbolon, I. (2023). Kajian Tingkat Kecemasan Mahasisw Dalam Menyusun Tugas Akhir Berdasarkan Visual Analogue Scales. Nutrix, 7(288), 173–186. https://doi.org/10.37771/nj.v7i2.1028
Solih, M., Purwoningsih, E., Gultom, D. P., & Ilmiati, F. sti. (2018). Pengaruh Penulisan Skripsi Terhadap Simtom Depresi dan Simtom Kecemadan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Angkatan 2014. Biomedika, 66(1), 80–90. https://doi.org/10.30596/isb.v2i1.1904
Sugiharno, R. T., Ari Susanto, W. H., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1189–1197. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3760
Suhaibah, Nelyahrdi, H. W. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kecemasan Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi. Counseling and Sprituality, 1(1), 38–45. https://journal.poins.or.id/index.php/cs/article/view/3
Susilo, T. E. P., & Eldawaty. (2019). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Consilia, 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia/article/view/14905
Wahyuni, I. (2018). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Resiliensi Diri Pada Guru Sekolah Dasar Swasta Di Jakarta Timur. Skripsi, 1–87.
Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4707
Zahara Fenty. (2017). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Kognisi Jurnal, 2(2), 42–53.
Zuhaebah, N., & Milkhatun. (2022). Hubungan antara Jenis Kelamin dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa saat Pembelajaran Daring di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Jurnal Borneo Student Research, 3(3). https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/2934