ANALISIS PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN PERSEPSI GURU KIMIA TENTANG ISU KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KAWASAN DELTA MAHAKAM SERTA INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v15i1.87863Keywords:
Hutan Mangrove; Pembelajaran Kimia; Pengetahuan LingkunganAbstract
Isu kerusakan lingkungan di kawasan Delta Mahakam Kabupaten Kutai Kartanegara penting untuk diintegrasikan dalam pembelajaran kimia maupun IPA di sekolah agar semua warga sekolah berkontribusi dalam mengatasi permasalahan lingkungan tersebut. Guru kimia perlu memiliki pengetahuan lingkungan yang baik untuk bisa mengintegrasikan isu lingkungan tersebut ke dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan lingkungan yang dimiliki oleh guru kimia di Kabupaten Kutai Kartanegara dan persepsi guru mengenai integrasi isu lingkungan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan teknik non-tes Hasil pengukuran pengetahuan lingkungan menunjukkan bahwa guru kimia di Kabupaten Kutai Kartanegara berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 56,65. Hasil angket persepsi guru menunjukkan bahwa sebagian besar guru yang telah mengintegrasikan isu lingkungan ke dalam pembelajaran, namun isu lingkungan yang diangkat ke dalam pembelajaran kurang berkaitan dengan yang terjadi di kawasan Delta Mahakam.
References
Arisma, N., Septiani, R., Husna, A. R., Rifa’i, A., & Erika, F. (2024). Literature Review Penerapan Pembelajaran Sains Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 53–63. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.81474
Azrai, E. P., Sigit, D. v, & Puji, M. (2017). The Correlation Between Environmental Awareness And Student’s Participation In Go Green School Activity At Adiwiyata’s School. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 7–11. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-2.2
Bala, P. (2014). Environment Awareness-Role of Teacher. International Journal of Humanities and Social Science Invention (IJHSSI), 3(4), 63–65.
Bubun, R. L., & Anwar, L. O. (2016). Penyuluhan Dampak Metode Penangkapan Ikan Destructive Terhadap Perikanan Berkelanjutan. Seminar Nasional Dan Gelar Produk UMM, 125–132. https://doi.org/10.35629/7722-0304016365
Budiman, & Riyanto, A. (2013). Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap. Salemba Medika.
Dadiono, Muh. S., Kusuma, R. O., Fitriadi, R., & Palupi, M. (2021). Kajian Efektivitas Sosialisasi Bahaya Destructive Fishing di Hulu Sungai Serayu. Jurnal Perikanan Pantura (JPP), 4(2), 95-102. https://doi.org/10.30587/jpp.v4i2.3074
Dewi, A. F., & Atika Anggraini. (2022). Hubungan antara Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan pada Mahasiswa Tadris IPA. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 20(1), 72-87. https://doi.org/10.30762/realita.v20i1.101
Diana, R., Kiswanto, K., Hardi, E. H., Palupi, N. P., Susmiyati, R. H., Jaslin, J., Matius, P., Syahrinudin, S., & Karyati, K. (2023). Soil carbon stock in different of mangrove ecosystem in Mahakam Delta, East Kalimantan, Indonesia. E3S Web of Conferences, 373. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202337302003
Febriani, V. (2022). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 43–51. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.33
Fitriandari, M., & Winata, H. (2021). Manajemen Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Competence : Journal of Management Studies, 15(1), 1-13. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i1.10424
Hariyadi, E., Maryani, E., & Kastolani, W. (2021). Analisis Literasi Lingkungan pada Mahasiswa Pendidikan Geografi. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 6(1), 1-16. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i1.6685
Harmonis, Haqiqi, M. T., Fahroni, M. F. al, Jefry, Gunawan, S., Sekedang, M. A., Rahmat, D., Azhar, N. F., Putra, M. O. P. S., Kusuma, F. D., Hapsari, M. T., Muhammad, F. A., Diana, R., Sudarmadji, T., Amirta, R., Ariyanto, Saud, O. R., Sofyan, F. P. M., Fajriansyah, Asngari, A. M. S., Bulo, Y. S., Salman, I., Rizaldi, R., Lubis, K. M. (2024). Identification of the pest outbreak in the coastal mangrove ecosystem of Mahakam Delta, East Kalimantan, Indonesia. Biodiversitas, 25(2), 829-835. https://doi.org/10.13057/biodiv/d250243
Hasim, J., Safitri, Y. A., Ibrahim, F., & Samili, A. O. (2022). Peran Aktif Guru Geografi Menanamkan Kesadaran Cinta Lingkungan Pada Siswa Tingkat SMA di Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 210–216. https://doi.org/10.5281/zenodo.6370971
Hidayati, S., Noor, I. H. M., Sabon, S. S., Joko, B. S., & Wijayanti, K. (2020). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hutami, M. F. H., Ahmad, S., Ridwan, R., Fikri, M., Kurniawan, Y., Damayanti, E. K., & Ridwansyah, M. (2020). Peluang dan strategi pengurangan emisi di Kawasan Delta Mahakam, Kalimantan Timur. E-Jurnal Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, 9(3), 181-192. https://doi.org/10.22437/jels.v9i3.12331
Karim, G., Latuconsina, H., & Lisminingsih, R. (2022). Hatchability of Eggs and Larvae Survival of Common Carp (Cyprinus Carpio) Punten Strain On Exposure to Endosulfan Insecticide with Different Concentrations. Agrikan Jurnal Agribisnis Perikanan, 15(2), 433–440. https://doi.org/10.52046/agrikan.v15i2.1152
Karimah. (2017). Peran Ekosistem Hutan Mangrove Sebagai Habitat Untuk Organisme Laut. Jurnal Biologi Tropis, 17(2), 51-57. https://doi.org/10.29303/jbt.v17i2.497
Kemendikbudristek. (2024a). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Nomor 032/H/KR/2024. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kemendikbudristek. (2024b). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi Tahun 2024. Jakarta: Kemendikbudristek.
Khan, R., Grijalva, R., & Enriquez, A. (2019). Teachers as Change Agents: Promoting Meaningful Professional Development Using Action Research to Support International Educational Reform. FIRE: Forum for International Research in Education, 5(2), 214–225. http://dx.doi.org/10.32865/fire201952167
Kusumaningrum, D., & Muslihasari, A. (2020). Pengembangan Instrumen Literasi Lingkungan Ranah Kognitif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 45–51.
Kusumaningtyas, P., Gultom, S. D., Usman, & Khoiriyyah, N. U. (2023). Integration of Water Treatment Knowledge Using SETS Approach in Online Chemistry Learning to Improve Chemical Literacy of Students on the Aspect of Knowledge and Context. AIP Conference Proceedings, 2642. https://doi.org/10.1063/5.0112941
Maulana, A. G., & Dahlan, D. (2023). Tindak Pidana Kepemilikan Bahan Peledak Tanpa Hak Secara Bersama-Sama (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Sibolga). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Pidana, 7(2), 203–212. https://jim.usk.ac.id/pidana/article/view/26011
Nisa, A. H., Hasna, H., & Yarni, L. (2023). Persepsi. KOLONI, 2(4), 213–216. https://doi.org/10.31004/koloni.v2i4.568
Nuraeni, M. I., Wahyuni, S., & Mudakir, I. (2024). Analisis Presepsi Guru IPA terhadap Pembelajaran Berorientasi STEAM-PJBL Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 14(3), 120-127. https://doi.org/10.23887/jppii.v14i3.78956
Prastiwi, L., Sigit, D. V., & Ristanto, R. H. (2020). Hubungan Antara Literasi Ekologi Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 47-61. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31593
Puspaningsih, A. R., Tjahjadarmawan, E., & Krisdianti, N. R. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X. Kemendikbudristek.
Rahmawati, L. (2022). Optimalisasi Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VI Melalui Implementasi Model Problem Based Learning. DIKODA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 25–35. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i02
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824
Rohmah, A. K. A. Y. N., Muflihah, M., Hajrah, H., & Kusumaningtyas, P. (2023). Improvement of students’ chemical literacy in the aspects of knowledge and context using a STEM (science, technology, engineering and mathematics) approach in online chemistry learning. AIP Conference Proceedings, 2673. https://doi.org/10.1063/5.0125817
Selamat, I. N. (2021). Keterampilan Abad ke-21 pada Pembelajaran Sains dengan Konteks Socio-Scientific Issues di Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11(2), 14-21. https://doi.org/10.23887/jppii.v11i2.60895
Simarmata, N., Elyza, F., & Vatiady, R. (2019). Kajian Citra Satelit Spot-7 Untuk Estimasi Standing Carbon Stock Hutan Mangrove Dalam Upaya Mitigasi Perubahan Iklim (Climate Changes) Di Lampung Selatan (the Study of Spot-7 Satellite for Standing Carbon Stock Estimation of Mangrove for Climate Change Mi. Jurnal Penginderaan Jauh Dan Pengolahan Data Citra Digital, 16(1), 1-8.http://dx.doi.org/10.30536/j.pjpdcd.2019.v16.a3050
Sodikin, Nurkholifah, & Said, M. (2021). Spatial Modeling of Mangrove Deforestation in Mahakam River Delta Kutai District Kertanegara Province of East Kalimantan. Journal of Empowerment Community and Education, 1(3), 180–186.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161-164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Susanti, W., & Hayatu Nupus, D. (2022). Analisis Profil Literasi Lingkungan Siswa SMP pada Pembelajaran. Report of Biological Education, 3(1), 11-16.
Veisi, H., Lacy, M., Mafakheri, S., & Razaghi, F. (2019). Assessing environmental literacy of university students: A case study of Shahid Beheshti University in Iran. Applied Environmental Education and Communication, 18(1), 25-42. https://doi.org/10.1080/1533015X.2018.1431163
Virmayanti, N. K., Suastra, I. W., & Suma, I. K. (2023). Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 515–527. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20138
Zachariou, F., Tsami, E., Chalkias, C., & Bersimis, S. (2017). Teachers’ Attitudes towards the Environment and Environmental Education: An Empirical Study. International Journal of Enviromental & Science Education, 12(7), 1567–1593. http://www.ijese.net/makale/1924.html
Zain, Z., Hutabarat, S., Prayitno, S. B., & Ambaryanto, A. (2014). Potency of Mahakam Delta in East Kalimantan, Indonesia. International Journal of Science and Engineering, 6(2). https://doi.org/10.12777/ijse.6.2.126-130