DESAIN & VALIDITAS ASESMEN KINERJA PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK PADA PERCOBAAN SINTESIS SENYAWA KALKON DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v15i1.90890Keywords:
Asesmen Kinerja; PjBL; Rubrik PraktikumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian terstandar yang dapat digunakan untuk menilai aspek praktikum kimia organik, khususnya pada percobaan sintesis senyawa kalkon yang dilakukan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model Sugiyono yang dibatasi pada lima langkah awal, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi produk. Instrumen penelitian ini meliputi lembar wawancara, observasi, dokumentasi, dan lembar validasi ahli. Hasil penelitian berupa produk asesmen kinerja yang memuat rubrik penilaian dengan kategori yang jelas berdasarkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), dengan desain terdiri dari halaman sampul depan; kata pengantar; daftar isi; pedoman penggunaan; identitas percobaan; rubrik dan lembar penilaian aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik; glosarium; dan profil penyusun. Persentase akhir validasi ahli materi sebesar 93,63% menunjukkan bahwa penilaian kinerja praktikum kimia organik percobaan sintesis senyawa kalkon termasuk dalam kategori sangat valid.
References
Cahayani, M., Rahmadani, A., Rahmawati, D., & Rusli, R. (2018). Sintesis dan uji toksisitas senyawa 2’,4’-dikloro-4-metoksikalkon. Jurnal Ilmiah Manuntung, 4(2), 88–88. https://doi.org/10.51352/jim.v4i2.186
Indrastoeti, J., & Istiyati, S. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
Kurniawati, Y. (2017). Analisis kesulitan penguasaan konsep teoritis dan praktikum kimia mahasiswa calon guru kimia. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 1(2), 146–153. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v1i2.4537
Kusumaningtyas, P., Yusvitasari, R.E., & Majid, A. (2018). Pengembangan instrumen penilaian kinerja untuk mengukur kompetensi siswa dalam kegiatan praktikum kimia di SMA/K. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2128–2136. https://doi.org/10.15294/jipk.v12i2.15470
Maknun, D. (2015). Keterampilan laboratorium mahasiswa menggunakan asesmen kegiatan laboratorium berbasis kompetensi pada pelaksanaan praktek pengalaman lapangan. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 21–47. https://doi.org/10.30829/tar.v22i1.4
Nisa, A.R.K., & Harrista, S. (2022). Efektivitas model pembelajaran pjbl (project based learning) terhadap pemahaman materi kimia pada pembelajaran jarak jauh. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 6(2), 141–147. https://doi.org/10.30829/tar.v22i1.4
Olii, N.Y.P., Choirul, M., Tasya, I., Lestari, S., & Rahmadani, A. (2024). Student experiences and effectiveness of project-based learning in an organic practicum chalcone synthesis experiments. Research and Development in Education (RaDEn), 4(2), 1408–1417. https://doi.org/10.22219/raden.v4i2.36737
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media.
Rahmadani, A., Tasya, I., Lestari, W.Y., Kadir, N.A., Saputri, M., Erika, F., Usman, Sukemi, Arifian, H., Salam, S., Herman, & Rijai, L. (2024). Sintesis, molecular docking dan aktivitas sitotoksik senyawa analog kalkon berbasis alfa tetralone terhadap sel kanker payudara MCF-7. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 6(1), 149–157. https://doi.org/10.30872/j.sains.kes.v6i1.268
Redhana, I.W., Suardana, I. N., Selamat, I. N., & Merta, L. M. (2020). Pengaruh praktikum kimia hijau pada sikap siswa terhadap kimia. EDUSAINS, 12(2), 154–165. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.13156
Riduan. (2016). Skala Pengukuran dalam Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Saragih, I., Sudrajat, A., & Silaban, S. (2024). Pengembangan Rubrik Asesmen Kinerja Siswa Pada Praktikum Titrasi Asam-Basa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2365–2376. https://doi.org/doi.org/10.58230/27454312.719
Saputri, R., Kusumah, R.G.T., & Kasmantoni. (2022). Pengembangan assessment test untuk mengukur berpikir tingkat tinggi siswa pada materi gelombang dan bunyi. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.62159/isej.v3i1.364
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Tobajas, M., Molina, C. B., Quintanilla, A., Alonso-Morales, N., & Casas, J. A. (2019). Development and application of scoring rubrics for evaluating students’ competencies and learning outcomes in Chemical Engineering experimental courses. Education for Chemical Engineers, 26, 80–88. https://doi.org/10.1016/j.ece.2018.11.006
Utami, T.P., Sjaifuddin, & Berlian, L. (2022). Pengembangan soal uraian berbasis indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi pada konsep sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas VIII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 128–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.129-135