KAJIAN PERLINDUNGAN E-PAYMENT BERBASIS QR-CODE DALAM E-COMMERCE

Authors

  • evelyn angelita pinondang manurung STMIK STIKOM Indonesia
  • Eka Ayu Purnama Lestari STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24323

Keywords:

e-commerce, qr-code, sistem pembayaran elektronik

Abstract

Pesatnya perkembangan industri digital saat ini memberikan pengaruh besar pada kemajuan terhadap industri global di Indonesia. Tentu banyak pihak yang terlibat dalam industri digital tersebut. Manfaat internet saat ini dirasakan hampir di setiap segmen aktifitas manusia.  Salah satu aktifitas bisnis masyarakat yang berkembang saat ini adalah perdagangan online, atau populer disebut dengan Electronic Commerce.

Untuk mendukung aktifitas e-commerce diperlukan adanya suatu sistem pembayaran berbasis internet (internet payment system). Saat ini yang berkembang di beberapa Marketplace telah menggunakan metode/sistem QR-Code (Quick Response Code) sebagai metode pembayarannya. Metode tersebut terbukti efisien dalam efektifitas transaksi e-commerce. Namun muncul juga polemik dalam masyarakat mengenai metode QR-Code. Untuk melakukan pembayaran dengan metode QR-Code masyarakat harus melek teknologi dan mengerti tentang penerapan dan fungsinya. Saat ini masyarakat terlena dengan kemudahan yang ditawarkan perusahaan e-commerce dengan metode pembayaran QR-Code tanpa mengerti dan memahami keamanan/perlindungan hukum tentang metode QR-Code yang jelas.

Dengan adanya suatu kajian tentang perlindungan terhadap sistem pembayaran elektronik berbasis QR-Code diharapkan konsumen e-commerce dan masyarakat Indonesia pada umumnya mengerti bagaimana penerapan metode pembayaran tersebut dan keamanan metode pembayaran tersebut dalam memberi perlindungan bagi konsumen e-commerce.

Downloads

Published

2020-04-21

Issue

Section

Articles