Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi: Studi Deskriptif Pelaksanaan Pembelajaran, Faktor Pendukung, dan Upaya Mengatasi Kendala
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i2.28224Abstract
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi semester 1, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi, (3) cara mengatasi hambatan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis kreatif puisi. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik yang digunakan adalah analisis hasil catatan lapangan dan data pedoman observasi kegiatan pembelajaran mahasiswa dengan data hasil wawancara bersama dosen dan mahasiswa. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran meliputi dari adanya mahasiswa, dosen, tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi. Kedua, faktor pendukung pembelajaran menulis kreatif puisi dari mahasiswa meliputi; motivasi, keaktifan, dan kemampuan belajar mahasiswa. Dari Dosen yakni, motivasi dan kemampuan mengajar dosen. Ketiga, cara mengatasi hambatan dari dosen yaitu mengoptimalkan peran dosen dalam memberikan pembelajaran, memadatkan materi, dan memberi penugasan.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran, Menulis Kreatif Puisi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)