Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi: Studi Deskriptif Pelaksanaan Pembelajaran, Faktor Pendukung, dan Upaya Mengatasi Kendala

Authors

  • Dewilenimastuti Dewilenimastuti IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i2.28224

Abstract

Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi semester 1, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi, (3) cara mengatasi hambatan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis kreatif puisi. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik yang digunakan adalah analisis hasil catatan lapangan dan data pedoman observasi kegiatan pembelajaran mahasiswa dengan data hasil wawancara bersama dosen dan mahasiswa. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran meliputi dari adanya mahasiswa, dosen, tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi. Kedua, faktor pendukung pembelajaran menulis kreatif puisi dari mahasiswa meliputi; motivasi, keaktifan, dan kemampuan belajar mahasiswa. Dari Dosen yakni, motivasi dan kemampuan mengajar dosen. Ketiga, cara mengatasi hambatan dari dosen yaitu mengoptimalkan peran dosen dalam memberikan pembelajaran, memadatkan materi, dan memberi penugasan.

Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran, Menulis Kreatif Puisi.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles