Analisis Penerapan Target Costing dalam Upaya Pengendalian Biaya Produksi pada CV Multi Bangunan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i2.31494Keywords:
Target CostingAbstract
Perusahaan mengalami kesulitan dalam memaksimalkan laba. Salah satu penyebab perusahaan sulit berkembang yaitu masih menggunakan metode tradisional dalam kegiatan operasionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan target costing yang diterapkan pada CV Multi Bangunan dalam pengendalian biaya produksi. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan data primer yang berupa wawancara dan observasi serta data sekunder yang berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode target costing merupakan metode yang baik dalam pengendalian biaya. Metode target costing dapat membantu manajemen untuk mendesain ulang produk dengan mempertimbangkan biaya, kualitas produk, dan laba yang akan dicapai. Metode target costing merupakan alternatif yang baik untuk menekan biaya. Hal ini dapat diketahui dari biaya produksi sebelum diterapkannya target costing berkisar dari Rp 344.772.000 sampai Rp 754.115.066 dalam satu tahun. Penggunaan metode target costing berdampak positif dalam pencapaian laba. Pencapaian laba sebelum diterapkannya target costing berkisar antara Rp 15.000 sampai Rp 19.000 per m2, sedangkan pencapaian laba setelah diterapkannya target costing berkisar antara Rp 17.000 sampai Rp 27.000 per m2. Ini berrati bahwa metode target costing terbukti berdampak positif dalam pencapaian laba perusahaan.
References
Anugerah, E. G., Wahyuni, N. I., & Mas’ud, I. (2017). Penerapan Target Costing dalam Pengelolaan Biaya Produksi untuk Optimalisasi Laba. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 19. https://doi.org/10.19184/ejeba.v4i1.4554.
Arifin, Z., Indonesia, U. P., & Kejuruan, S. M. (2012). Implementasi Manajemen Stratejik Berbasis Kemitraan dalam Meningkatkan Mutu SMK (Studi pada SMK Kelompok Teknologi Bidang Otomotif di Kota Yogyakarta). Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 14(1), 60–70. https://doi.org/10.17509/jap.v14i1.6708.
Biodi, M., & Sanawiri, B. (2017). Analisis Lingkungan Industri Guna Menentukan Business Strategy dalam Rangka Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(3), 172–181. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2019/2411.
Darmayasa, G., Sujana, I. N., & Haris, I. A. (2019). Analisis Penerapan Target Costing dalam Efisiensi Biaya Produksi Batako pada UD Darma Yasa di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 383–395. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21511.
Dirgayusa, I. G. P., & Suardikha, I. M. S. (2017). Pengaruh Komponen Laporan Arus Kas terhadap Return Saham dengan Current Ratio sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 2(1), 1202–1228.
Febriana, F. A. (2020). The Application of Target Costing in Determining the Selling Price at Suwar-Suwir Producers in Jember. Journal of Contemporary Information Technology, Management, and Accounting, 1(2), 72–79.
Hermawan, H. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan, Kepuasan, dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.17509/jaset.v3i2.8918.
Hoyt, R. E., & Liebenberg, A. P. (2011). The Value of Enterprise Risk Management. Journal of Risk and Insurance, 78(4), 795–822. https://doi.org/10.1111/j.1539-6975.2011.01413.x.
Husnan, S. (1993). Dasar-dasar Teori Portofolio: Analisis Sekuritas di Pasar Modal (Edisi 1). UPP-AMP YKPN.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Mananjemen. BPFE.
Juwita, R., & Satria, M. R. (2017). Penerapan Target Costing dalam Upaya Efisiensi Biaya Produksi untuk Peningkatan Laba Produk. Jurnal Kajian Akuntansi, 1(2), 184–193. https://doi.org/10.33603/jka.v1i2.701.
Kasus, S., Ud, P., & Cahaya, I. (2021). Efisiensi Biaya Produksi Menggunakan Metode. Journal of Accounting, Finance, and Auditing, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37673/jafa.v3i02.1204.
Mahsunah, A., & Hariyati, H. (2021). Peran Penerapan Target Costing dalam Peningkatan Laba UMKM Jurnal Akuntansi AKUNESA, 9(3). https://journal.unesa.ac.id/index.php/akunesa/article/view/11535.
Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118.
Nailufar, F., Sufitrayati, & Badaruddin. (2018). Pengaruh Laba dan Arus Kas terhadap Kondisi Financial Distress pada Perusahaan Non-Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 2(2), 147–162. https://doi.org/10.21067/jrma.v6i2.4219.
Salam, M. A. K. (2020). Perilaku Produksi di Tengah Krisis Global Akibat Pandemi Covid-19 dan Memanfaatkan Media Online Facebook Sebagai Alternatif Pasar. Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1–21. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6834.
Wokas, H., & Caroline, T. (2016). Analisis Penerapan Target Costing dan Activity-Based Costing sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Pengendalian Biaya Produksi Pada Ud. Bogor Bakery. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 593–603. https://doi.org/10.35794/emba.v4i1.11757.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)