Brand image, Lokasi, dan Fasilitas Sport Club Gym terhadap Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Nanang Nanang Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yusepaldo Pasharibu Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana http://orcid.org/0000-0003-3738-8240

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.33188

Keywords:

klub olahraga, citra merek, lokasi, fasilitas, loyalitas pelanggan

Abstract

Gym adalah salah satu olahraga populeruntuk melatih kebugaran tubuhdengan menggunakan beban dan alat-alat gym untuk membentuk tubuh.Saat ini Indonesia berada posisi  tier 3, orang yang paling rutin dan gemar melakukan olahraga di gym adalah  generasi milenial dengan presentase 48% dan generasi X menempati posisi kedua presentase 32%.Tujuan penelitian  ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh brand image, lokasi, dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan di Golden Sport Club Salatiga. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode purposive samplingdengan kriteria yang sudah berolahraga di gym Golden Sport Club Salatiga dan berdomisili di Salatiga. Uji hipotesis menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan Nilai signifikansi untuk brand image terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 0.002 < 0.05 dan nilai t hitung 3.097>1.972. Nilai signifikansi untuk lokasi terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 0.010 < 0.05 dan nilai t hitung 2.588>1.972. Nilai signifikansi untuk fasilitas terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung 5.429>1.972. Dapat disimpulkan bahwa brand image, lokasi, dan fasilitas memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada gym Golden Sport Club Salatiga.

Author Biographies

Nanang Nanang, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Departemen Manajemen

Akreditasi A

Yusepaldo Pasharibu, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana

Departemen Manajemen

Akreditasi A

References

Annas, A. N., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Awi Futsal Laok Jang-jang, Sumenep. Jurnal Riset Manajemen, 08(05), 43–61. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4008/3490.

Apriliani, N. E., & Kusumastuti, A. E. (2019). Pengaruh Promosi terhadap Minat Beli pada Wuling Motors dengan Kesadaran Merek sebagai Variabel Mediasi. 333–340.

Atika, A., Kusumawati, A., & Iqbal, M. (2018). The Effect of Electronic Word of Mouth, Message Source Credibility, Information Quality on Brand Image and Purchase Intention. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 20(1), 94–108. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2016.v20.i1.94.

Dwianto, A. G., Iqbal, M., & Alfisyahr, R. (2018). Analisis Dampak Pemasaran di Media Sosial Online Terhadap Citra Merek, Minat Beli Konsumen, dan Net Promoter Score (Pendekatan Eksperimental Virtual Brand Following pada aplikasi Instagram produk Fast Moving Consumer Goods @erigostore pada Mahasiswa S1 Un. Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1), 91–99.

Kusumawardani, K. W., & Suardana, I. B. R. (2018). Corporate Social Responsibility, Leverage, Profitabilitas, Penghindaran Pajak dan Nilai Perusahaan : Bagaimana Keterkaitannya? Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 18–31.

Mamahit, M. V., Kalangi, J. B., Pandowo, M. H. C., & Program, M. (2019). Analyzing The Purchase Intention Of Tumbler By Millennial Generation In Manado. Jurnal EMBA, 7(7), 3289–3298. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24213.

Muttaqin, A., Ifwandi, & Jafar, M. (2016). Motivasi Member Fitness Center Dalam Melakukan Latihan Kebugaran Jasmani (Studi Kasus Pada Member Wana Gym Banda Aceh. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(2), 100–113. http://www.jim.unsyiah.ac.id/penjaskesrek/article/view/1902/1002.

Neldawati, N. (2020). Deskripsi Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 01–07. https://doi.org/10.37251/jee.v1i1.12.

Nuraeni, R., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 487. https://doi.org/10.32832/manager.v2i4.3795.

Prasetyaningsih, E., & Sukardiman, D. F. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Branded Tiruan Pada Wanita Karir Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 10–17. https://doi.org/10.22441/jimb.v1i3.573.

Prasetyo, M. D., Susanto, S., & Maharani, B. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 17–26. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.427.

Rasyid, M., Azis, A., & Saleh, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80. https://doi.org/10.17977/um052v7i2p69-80.

Susetyarini, O., & Masjhoer, J. M. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Umum, Prasarana Umum, Dan Fasilitas Pariwisata Di Malioboro Pasca Revitalisasi Kawasan. Jurnal Kepariwisataan, 12(1), 41–54. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/56474296/JURNAL_PENGUKURAN_TINGKAT_KEPUASAN_WISATAWAN_TERHADAP_FASILITAS_UMUM_OKTARI__JUSSAC.pdf.

Tomida, M. (2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2). https://media.neliti.com/media/publications/190021-ID-pengaruh-harga-dan-citra-merek-terhadap.pdf.

Tyas, R. R., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), 277. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v3i2.277-297.

Wicaksono, K. C. B. (2011). Analisa Perbedaan Brand Image Situs Berita Berbahasa Indonesia Online Lokal. Binus Business Review, 2(2), 673. https://doi.org/10.21512/bbr.v2i1.1178.

Downloads

Published

2021-06-13

Issue

Section

Articles