Minat Mahasiswa Akuntansi Feb UKSW untuk Mengikuti Ujian Sertifikasi Chartered Accountant (CA)

Authors

  • Dwi Arif Kurniawan Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Paskah Ika Nugroho Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i2.34343

Keywords:

Biaya Pendidikan, Jenis Kelamin, , Status Akreditasi Program Studi, Kartu Anggota IAI, Minat Mengikuti Ujian Sertifikasi CA

Abstract

Profesi akuntansi mahasiswa disebabkan oleh stereotipe profesi akuntansi, sehingga mahasiswa dapat melihat bahwa profesi akuntansi merupakan profesi yang kurang menarik dan membosankan. Orang menganggap akuntansi selalu dikaitkan dengan angka dan kaidah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti ujian Chartered Accountant (CA) yang ditinjau dari biaya pendidikan, jenis kelamin, status akreditasi program studi, dan kartu anggota IAI. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket kuesioner kepada 100 responden mahasiswa akuntansi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji signifikansi parsial (uji-T) dan uji signifikansi simultan (uji-F). Hasil analisis dari uji-T dalam penelitian ini secara parsial menunjukkan jika biaya pendidikan dan status akreditasi program studi memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti ujian sertifikasi CA, sedangkan jenis kelamin dan kartu anggota IAI tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti ujian sertifikasi CA. Hasil uji-F menunjukkan bahwa secara simultan biaya pendidikan, jenis kelamin, status akreditasi program studi, dan kartu anggota memengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti ujian sertifikasi CA. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menarik minat mahasiswa untuk mengikuti ujian sertifikasi chartered accountant.

References

Abidin, A. Z., & Ervanto, A. D. (2015). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ujian Certified Public Accountant ( CPA ). Jaffa, 03(1), 55–68. http://journal.trunojoyo.ac.id/jaffa/article/view/957.

Dary, A. W., & Ilyas, F. (2019). Pengaruh Gender, Penghargaan Finansial, dan Pertimbangan Pasar Kerja terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarier menjadi Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi, 7(1), 51–60. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.7.1.51-60.

Denziana, A., & Febriani, R. F. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan, dan Lama PendidikantTerhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 55–66. https://doi.org/10.36448/jak.v8i2.946.

Elfiswandi, E., Melmusi, Z., & Chanigia, C. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswat terhadap Pemilihan Karier sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Kota Padang). JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam). JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 38. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.890.

Fajarsari, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi ( PPAK ) di Kota Semarang. COMPETITIVE Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 113. https://doi.org/10.31000/c.v4i2.2532.

Febryanti A, P. A. B., & Suardana, K. A. (2018). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan UU No.5 Tahun 2011 Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti PPAK. E-Jurnal Akuntansi, 22(5), 357. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v25.i01.p14.

Gretha Steenkamp. (2014). How Pre-Admission Characteristics Affect the Performance of CTA Students at a South African University. Journal Of Economic And Financial Sciences, 7(2), 283 – 298. https://doi.org/10.4102/jef.v7i2.141.

Hapsoro, D., & Hendrik, D. T. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa akuntansi Berkarier sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus terhadap Mahasiswa Akuntansi STIE YKPN Yogyakarta). Akuntansi Dewantara, 2(2), 142–156.

IAI. (2019). Fungsi dan Posisi CA (p. Diakses pada tanggal 6 April 2021).

Istanti, E., Nusantoro, J., & Sari, G. P. (2020). Pengaruh Tingkat Pemahaman Akuntansi, Persepsi Biaya terhadap Niat untuk Mengambil Sertifikasi Profesi Chartered Accountant ( CA ) Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi ( Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Metro ). Jurnal Akuntansi AKTIVA, 1(2), 191–209. https://doi.org/10.24127/akuntansi.v1i2.552.

Kamal, B., & Rahmadiane, G. D. (2017). Pengaruh Persepsi, Akreditasi Prodi, dan Promosi terhadap Keputusan Memilih Program Studi Akuntansi pada Politeknik Harapan Bersama. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 145. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i2.866.

Karyati, K., & Sukirno, S. (2016). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Biaya Pendidikan terhadap Minat Melanjutkan Studi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11367.

Mahmudah, N. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa STEI SEBI Jurusan Akuntansi Syariah terhadap Profesi Akuntan Publik. JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN ISLAM, 2(1), 83–100. https://doi.org/10.35836/jakis.v2i1.54.

Marta Permana, I. M. B. A., & Suartana, I. W. (2018). Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Karir, Motivasi Ekonomi, Motivasi Sosial, Biaya Pendidikan pada Minat Mengikuti PPAk. E-Jurnal Akuntansi, 25, 214. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v25.i01.p09.

Mongilala, J. F. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ujian Sertifikasi Chartered Accountant (CA) (Studi Kasus pada Politeknik Negeri Manado). Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 77. https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.33824

Nisa, S. (2019). Mahasiswa Akuntansi untuk Mengambil Profesi Chartered Accountant (CA) Pada Universitas Islam Swasta Di Kota Medan. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM), 6(1), 64–73.

Paramesti Ningrat, I. A. A., & Krisna Dewi, L. G. (2020). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Biaya Pendidikan pada Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 30(7), 1684. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i07.p06.

Prayitno, J. A. (2021). Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Memperoleh Sertifikasi Profesional Akuntansi di Indonesia (Chartered Accountant) (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Semester Akhir pada Universitas dengan Prodi Akuntansi Berakreditasi A dan B yang berlokasi di Jakarta). COMPETITIVE Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 91. https://doi.org/10.31000/competitive.v5i2.4248.

Rivandi, M., & Kemala, E. R. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 94–108. https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.177.

Sekaran, U. (2006). Metodologi dan Penelitian. Salemba Empat.

Setyawan, S., & Iswanaji, C. (2019a). Pengaruh Motivasi Akuntan terhadap Minat untuk Memperoleh Gelar Chartered Accountant ( CA ) di Wilayah Yogjakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(2), 327–342.

Setyawan, S., & Iswanaji, C. (2019b). Pengaruh Motivasi Akuntan terhadap Minat untuk Memperoleh Gelar Chartered Accountant (CA) di Wilayah Yogjakarta. Jurnal Riset Akuntasi Dan Keuangan, 7(2), 327 – 342. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i2.16855.

Suprianto, E., & Nikmahi, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi Ditinjau Dari Gender dan Status Akreditasi Program Studi. Jurnal Akuntansi Indonesia, 2(1), 17. https://doi.org/10.30659/jai.2.1.17-25.

Surya B., I. G. A. D., & Budiasih, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Biaya Pendidikan pada Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Magister Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 28(2), 929. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i02.p06.

Wahyuni, S., ’ Z., & Natariasari, R. (2014). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 1(1), 246–258.

Wardani, G. A. S., & Januarti, I. (2015). Niat untuk Mengambil Chartered Accountant dengan Theory Of Planned Behavior. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 12(2), 140–159. https://doi.org/10.14710/jaa.v12i2.13863.

Widiyani, N. L. I. A., & Badera, I. D. N. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Masa Studi pada Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk. E-Jurnal Akuntansi, 29(1), 188. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i01.p13.

Widyanto, E. A., & Fitriana, R. (2016). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mengikuti Ujian Chartered Accountant ( CA ) Indonesia. Jurnal Eksis, 12(1), 3214 – 3345.

Downloads

Published

2021-08-02

Issue

Section

Articles