Dampak Pandemi COVID-19 pada Usaha Rumah Tangga dan Strategi Bertahan

Authors

  • Lulu Luthfia Rohman Universitas Kristen Satya Wacana
  • Roos Kities Andadari Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.34631

Keywords:

Pandemi COVID-19, UMKM, strategi bertahan

Abstract

UMK di Indonesia memiliki ketahanan yang baik di setiap masa krisis. Namun krisis COVID-19 telah mengubah perilaku masyarakat dan dinyatakan belum bisa mengatasi kesulitan ekonomi. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak pandemi COVID-19 pada Usaha Rumah Tangga dan strategi bertahan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan menggunakan data responden sebanyak 54 orang pelaku usaha produksi olahan makanan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analasis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah adanya dampak krisis pandemi COVID-19 pada operasional usaha, strategi untuk bertahan di masa krisis, dan kendala dalam penerapan strategi, serta manfaat bantuan sosial dari pemerintah untuk pelaku usaha.

References

Arianty, N. (2017). Analisis Usaha Industri Rumah Tangga dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian Untuk Kesejahteraan Masyarakat Lembaga Penelitian, 447–454.

Arifqi, M. M. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Bisnis, 3(2), 195–205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i1.311.

Asmini, Sutama, I. Ny., Haryadi, W., & Rachman, R. (2020). Manajemen Business Cycle Sebagai Peluang Usaha Pasca COVID-19 Suatu strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 121–129.

Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87–95. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009.

Hadiwardoyo, W. (2020). Keugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi COVID-19. Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92.

Hutahaean, J. (2014). Dampak Kerusuhan Mei 1998 Terhadap Pengu-Saha Etnis Tionghoa Di Petukangan Jakarta Tahun 1998-2003. Journal Of Indonesian History, 3(1), 27–33.

Kartiko, N. D., & Rachmi, I. F. (2021). Strategi Pemulihan Pandemi Covid-19 Bagi Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 624–637. https://doi.org/10.46799/jurnal%20syntax%20transformation.v2i5.275.

Korankye, B. (2020). The Impact of Global Covid-19 Pandemic on Small and Medium Enterprises in Ghana. International Journal of Management, Accounting and Economics, 7(6), 255–276. https://www.ijmae.com/article_114337.html.

Lai, H. B. J., Abidin, M. R. Z., Hasni, M. Z., Karim, M. S. A., & Ishak, F. A. C. (2020). Key adaptations of SME restaurants in Malaysia amidst the COVID- 19 Pandemic. INTERNATIONAL JOURNAL OF RESEARCH IN BUSINESS AND SOCIAL SCIENCE, 9(6), 12–23.

Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 20(April), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.

Parnell, D., Widdop, P., Bond, A., & Wilson, R. (2020). COVED-19,Network and Sport. Managing Sport and Leisure, 20(3). https://doi.org/10.1080/23750472.2020.1750100.

Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green packaging, green product, green advertising, persepsi, dan minat beli konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 147–158. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.147.

Silalahi, D. E., & Ginting, R. R. (2020). . (2020). Strategi Kebijakan Fiskal Pemerintah Indonesia dalam Menghadapi Dampak Pandemi COVID-19. Jesya (), 3(2), . https://doi.org/. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 3(2), 156–167. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.193.

Susilo, Y. S. (2017). Strategi Bertahan Industri Makanan Skala Kecil Pasca Kenaikan Harga Pangan Dan Energi Di Kota Yogyakarta. EKUITAS, 14(2), 225–244.

Syahdan, S. (2019). Peran Industri Rumah Tangga (Home Industry) pada Usaha Kerupuk Terigu terhadap Pendapatan Keluarga di Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Manazhim, 1(1), 45–63. https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i1.136.

Wibowo, H. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Permodalan Terhadap Kinerja Usaha dalam Meningkatkan Keberhasilan UKM. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 18(2), 110–122. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v18i2.8927.

Downloads

Published

2021-06-13

Issue

Section

Articles