Motivasi Internal, Motivasi Eksternal dan Kompensasi Terhadap Semangat Kerja Guru di SMA Free Methodist Medan

Authors

  • Desi Ratnasari Ambarita Universitas Prima Indonesia
  • Dhita Adriani Rangkuti Universitas Prima Indonesia
  • Elisati Elisati Universitas Prima Indonesia
  • Verawaty Verawaty Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.35129

Keywords:

Motivasi Internal, Motivasi Eksternal, Kompensasi, Semangat Kerja

Abstract

Kurangnya pengadaan kegiatan sekolah yang memungkinkan dapat meningkatkan motivasi guru, seperti tidak diterapkannya daftar bulanan rangking atau pencapaian para guru dalam mengajar dan keaktifan serta tingkat kedisiplinan guru. Hal tersebut sebenarnya dipandang perlu untuk merangsang inovasi dan kreatifitas para guru dalam melakukan tugasnya yang dapat mempengaruhi semangat kerja yang baik Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Motivasi Internal, Motivasi Eksternal, dan Kompensas terhdap Semangat Kerja Guru di SMA. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunaan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi yag digunakan berjumlah 70 guru. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sehingga semua populasi digunakan. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan motivasi Internal memiliki thitung 2,152 dengan signifikan 0,035, artinya motivasi internal memberi pengaruh positif. Motivasi Eksternal memiliki thitung 3,217 dengan signifikan 0,002, artinya motivasi eksternal memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap semangat Kerja Guru. Kompensasi memiliki thitung 3,015 dengan signifikan 0,004. artinya variabel Kompensasi memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja Guru. Maka dapat disimpulkan bahwa Motivasi Internal, Motivasi Eksternal dan Kompensasi memberikan pengaruh positif terhadap semangat kerja guru.

Author Biographies

Desi Ratnasari Ambarita, Universitas Prima Indonesia

Manajemen

Elisati Elisati, Universitas Prima Indonesia

Manajemen

Verawaty Verawaty, Universitas Prima Indonesia

Manajemen

References

Anggraeni, F. N. (2020). Determin Motivasi Internal Terhadap Kinerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(2), 161–170. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i2.191.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11.

Gandung, M., & Suwanto. (2020). Analisis Pengaruh Kompensasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Surya Rasa Loka Jaya Di Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 3(3), 236–245. https://doi.org/10.32493/JJSDM.v3i3.4861.

Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293–314. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.55.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254.

Hardono, Haryono, A. Y. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Unnes, 6(1), 1–8.

Harlina, Y., Bachri, A. A., & Dewi, M. S. (2019). Pengaruh Motivasi, Pendidikan, Pelatihan dan Pengalamn Kerja terhadap Kinerja Guru SMKN 5 Baanjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 1(9), 99–112.

Haslina, M., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh sertifikasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1802–1811.

Kastawi, N. S. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/4312.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.

Mutakin, T. Z. (2015). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Latar Belakang terhadap Kinerja Guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.122.

Notty, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru dan Staf Sekolah Advent DKI Jakarta. JUrnal Terapan Ilmu Manajeman Dan Bisnis, 4(1), 65–82. https://jurnal.unai.edu/index.php/jtimb/article/view/2495/1874.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972.

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.

Ristianey, F., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 1310–1317. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3950.

Santiari. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149.

Sari, H. P. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru Sma. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 69–78. https://doi.org/10.21009/pip.331.8.

Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927.

Sumarni. (2016). Kontribusi motivasi berprestasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Economica, 5(1), 63–68. https://doi.org/10.22202/economica.2016.v5.i1.307.

Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial;Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.1136/bmj.3.5922.25.

Syamra, Y. (2016). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri Pariwisata Di Kota Padang. Economica, 4(2), 266–276. https://doi.org/10.22202/economica.v4i2.628.

Triyanah, T., & Suryadi, E. (2016). Iklim Sekolah Sebagai Determinan Semangat Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 72. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3333.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Werang, B. R., Irianto, O., & Asmaningrum, H. P. (2019). Pengaruh Motivasi dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Distrik Mindiptana, Papua. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 093–103. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1467.

Windasari, W., & Yahya, M. Z. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Bangil. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 188–192. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p188-192.

Wolomasi, A. K., Werang, B. R., & Asmaningrum, H. P. (2019). Komitmen Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Semangat dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 13–23. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1572.

Downloads

Published

2021-06-25

Issue

Section

Articles