Tinjauan Yuridis Persaingan Usaha Tidak Sehat Antar Online Shop Pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • I Ketut Sukewati Lanang Putra Perbawa Faculty of Law Mahasaraswati University

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.36188

Keywords:

Teknologi, E-Commerce, Persaingan Usaha Tidak Sehat, Covid-19

Abstract

Perkembangan teknologi telah membuat pergeseran perilaku pelanggan dan masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia, salah satunya ditandai dengan pertumbuhan e-commerce di seluruh dunia yang sedang mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa masyarakat di seluruh dunia mulai berpindah dari berbelanja secara offline menjadi berbelanja secara online. Di Indonesia mengenai larangan persaingan usaha tidak sehat telah diatur dalam UndangUndang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UU No. 5 Th. 1999). Namun, dalam kondisi yang seperti ini para pelaku usaha memanfaatkan momentum dengan melakukan persaingan tidak sehat antar pelaku usaha. Apalagi dikaitkan dengan kebijakan pemerintah atas peristiwa wabah covid-19 ini harus menerapkan Social Distancing, yang dimana salah satu kebijakan tersebut menekankan kepada masyarakat untuk menghindari kegiatan yang bersifat berkumpul massa, maka pembelanjaan secara online inilah salah satu upaya masyarakat untuk menerapkan social distancing.

References

Andayana, M. N. D. (2020). Perubahan Prilaku Konsumen Dan Eksistensi Umkm Di Era Pandemi Covid-19. Glory: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 2(2), 39–50. http://ejurnal.undana.ac.id/glory/article/view/3372.

Arifqi, M. M. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Bisnis, 3(2), 195–205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i1.311.

Arrosagaray, M., Gonzálezo, M., Pino, M., & Rodríguez, B. (2019). A comparative study of Spanish adult students’ attitudes to ICT in classroom, blended and distance language learning modes. Computers and Education, 134(October 2018), 31–40. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.016.

Budiarti, F., & Mahadi, K. (2015). Strategi Penataan Kawasan Malioboro Menjadi Kawasan Pedestrian. Planesa, 6(01), 51–59.

Gollwitzer, A., McLoughlin, K., & Martel, C. (2021). Linking Self-Reported Social Distancing to Real-World Behavior During the COVID-19 Pandemic. https://doi.org/10.1177/19485506211018132.

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://doi.org/0000-0001-8546-0150.

Hawari, H. M. (2021). Etika Komunikasi Bisnis Online Di Era New Normal Perspektif Hukum Bisnis Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 10(1), 47–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v10i1.207.

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store ). 1(1), 127–138.

Novianti, M. (2021). Analisa Strategi Bisnis PT XYZ dalam Industri Retail Fashion di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 249–254. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.11858.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 20(April), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.

Perencanaan, K., Nasional, P., Republik, B., Abstraksi, I., Baru, N., Pembangunan, R., Menengah, J., Kunci, K., Journal, T. I., Planning, D., & Iv, V. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118.

Salam, M. A. K. (2020). Perilaku Produksi di Tengah Krisis Global Akibat Pandemi Covid-19 dan Memanfaatkan Media Online Facebook Sebagai Alternatif Pasar. Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1–21. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6834.

Sinaga, K., & Novianti, R. (2016). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Konsumen Produk Pasta Gigi Pepsodent. Management & Accounting Research Journal Global, 1(1), 1–11.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.

Downloads

Published

2021-07-03

Issue

Section

Articles