Proses Nominalisasi Deverbal dalam Bahasa Madura

Authors

  • Alfin Fuji Hidayati Hidayati Universitas Brawijaya
  • Ika Nurhayani Universitas Brawijaya
  • Nurul Choyimah Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i2.36283

Keywords:

Deverbal Nominalization, Bahasa Madura

Abstract

Mempertahankan bahasa lokal telah menjadi salah satu ketertarikan di antara banyak peneliti. Hal ini di karekanakan Indonesia memiliki keragaman bahasa lokal. dalam rangka melestarikan bahasa lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses nominalisasi deverbal dalam Bahasa Madura. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari kosakata dalam buku cerpen Tora (satengkes carpan Madura) karya Jamal D. Rahman.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik membaca, mencatat kata-kata yang mengandung nomina deverbal kemudian mengklasifikasikannya berdasarkan imbuhan yang melekat pada kata tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prefiks - ka ,-pa, -ta, -be, - sa dan sufiks -en dan -an dapat digunakan dalam memproduksi leksem baru di Madura. Konfik yang lebih banyak berkontribusi dalam pembentukan kata baru.

References

Aditya Dharma, I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.

Astuti, N. I., Sofyan, A., & Badrudin, A. (2021). Campur Kode dan Struktur Bahasa Madura pada Tugas Menulis Teks Berita Siswa Kelas 8 SMP Negeri 1 Mayang. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(1), 159. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i1.332.

Baker, M. ., & Gondo, B. G. (2020). Possession and nominalization in Dan: Evidence for a general theory of categories. Glossa: A Journal of General Linguistics, 5(1), 1–31. https://doi.org/10.5334/gjgl.1018.

Dzarna. (2016). Meningkatkan Pemahaman Santri TPA AL-Ikhlas terhadap Lagu Islami melalui Strategi Memaknai Kata Bahasa Madura ke dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 2(1), 43–55. https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v2i1.376.

Effendy, M. H. (2017). Interferensi Gramatikal Bahasa Madura Ke Dalam Bahasa Indonesia. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–19. https://doi.org/10.15408/dialektika.v4i1.6997.

Fabregas, A., & Marin, R. (2011). The role of Aktionsart in deverbal nouns: State nominalizations across languages. Journal of Linguistics, 48(1), 35–70. https://doi.org/10.1017/S0022226711000351.

Humaidi. (2019). Interferensi antara bahasa arab Dengan bahasa madura (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 10(1), 76–85. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v10i1.3473.

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234.

Laily, A. W., Sulistiani, I. R., & Mutiara Sari Dewi. (2021). Analisis Kearifan Lokal dan Dialek Bahasa Madura dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Murtajih 3 Pamekasa. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1). http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/11535.

Mardatillah, H., Nurhayani, I., & Hamamah. (2020). Variasi Intensitas Kata Sifat Dalam Bahasa Madura. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 17(1), 35–50. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.623.

Muslimah, D., Nurhayati, E. A. A., & Suhartatik, S. (2019). Afiksasi Bahasa Madura Dialek Sumenep Tingkat Tutur Rendah. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 19–30. https://doi.org/10.36379/estetika.v1i1.3.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendididkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660.

Downloads

Published

2021-08-09

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)