Pengaruh Fasilitas Kerja terhadap Kepuasan Karyawan di Truntum Hotel Padang

Authors

  • Shara Rianti Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i1.38666

Keywords:

Fasilitas Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan, Hotel

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa fakta masalah mengenai faslitas kerja dan kepuasan karyawan yang terjadi di Truntum Hotel Padang. Masalah tersebut diantaranya yaitu adanya karyawan yang memiliki performance review recapitulation pada kategori poor sebanyak 3 oarang, masih adanya karyawan yang datang terlambat saat bekerja, dan adanya karyawan yang bekerja tidak sesuai dengan SOP hotel. Pendekatan asosiatif  kausal dengan bentuk penelitian kauntitatif adalah jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder dari absensi karyawan di Truntum Hotel Padang. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket yang berisi 32 pernyataan yang telah di uji validitas dan realibelitasnya yang dibagikan kepada HOD setiap departemen dan kepada GM. Data yang diperoleh dideskripsikan dengan uji persyaratan analisis dan juga pengujian hipotesis dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan koefisien determinan. Hasil Penelitian: Fasilitas kerja di Truntum Hotel Padang menunjukan secara keseluruhan belum termasuk dalam kategori sangat baik, karna dari 32 responden hanya 14,4% responden pada ketegori angat baik, 80,7% karyawan pada kategori baik, dan 16,9% pada kategori cukup baik. Kepuasan kerja Karyawan secara keseluruhan dengan kategori baik dengan persentase 73,5%. Fasilitas kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan di Truntum Hotel Padang.

References

Agus, S. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Alfandia, N. S. (2019). Fasilitas E-Commerce Dan Pajak Hotel Pada Sektor Pariwisata. MEDIA BINA ILMIAH, 14(3). https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.318.

Anam, K., & Rahardja, E. (2017). Pengaruh Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah). Edy Rahardja, 6(4), 502–512. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/18000.

Ananda, V., & Chair, I. M. (2020). Persepsi Pengunjung Tentang Sarana dan Prasarana Objek Wisata Rumah Pohon Tabek Patah. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 1(2). https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.8272.

Anggrainy, I. F., Darsono, N., & Putra, T. R. I. (2018). Pengaruh Fasilitas Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Implikasinya Pada Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Provinsi Aceh. Jurnal Magister Manajemen, 2(1). Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/index.php/JMM/article/view/10227.

Ayatulloh, D., Nursalam, & Kurniawati, N. D. (2021). The Effect of Knowledge Management in Healthcare Services: A Systematic Review. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia(JPKI), 7(1). https://doi.org/10.17509/jpki.v7i1.35132.

Cardias, E. R. (2021). Pengaruh Kepuasan Wisatawan Terhadap Willingness To Pay Taman Wisata Alam Kawah Ijen. Jurnal Pariwisata Terapan, 5(1), 13–25. https://doi.org/10.22146/jpt.66157.

Chasanah, I., & Rustiana, A. (2017). Pengaruh Kemampuan Kerja, Fasilitas Kerja, Dan Prinsip Prosedur Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Se Kabupaten Batang. Economic Education Analysis Journal, 6(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/16434.

Darma, B., Suryani, A., & Surono, Y. (2018). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan Sekecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 3(2). https://doi.org/10.33087/jmas.v3i2.54.

Edy, Sutrisno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hasibuan, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Ibrahim, M., & Dahlius, A. (2016). Pengaruh Fasilitas Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Bank Riaukepri Cabang Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FISIP, 3(2). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/33207.

Insani, Y. D., & Setiyariski, R. (2020). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department Melalui Tugas dan Tanggung Jawab Concierge Pada Hotel Savoy Homann. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(1). https://doi.org/10.51977/jiip.v2i1.297.

Jufrizen. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 7(1). https://doi.org/10.30656/sm.v7i1.2277.

Kurniawan, R., & Lim, J. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pemilihan Hotel (Studi Pada Hotel Nagoya Hill Batam). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1227–1237. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.721.

Malino, D. S. D. (2020). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Burnout Sebagai Intervening Pada Kantor Pos Indonesia Cabang Makassar. NIAGAWAN, 9(2), 94–101. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/niaga.v9i2.19034.

Mangkunegara, A. A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munanda, R., & Amar, S. (2019). Pengaruh Kunjungan Wisatawan Mancanegara, Rata-Rata Pengeluaran Dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Pendapatan Indonesia Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 1(1). https://doi.org/10.24036/jkep.v1i1.5348.

Murtani, A. (2017). Pengaruh Pengembangan Karyawan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Pt. Bank Sumut Syariah Cabang Medan. Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative, 1(2), 177–188. https://doi.org/10.22303/al-qasd.1.2.2017.177-188.

Nuryunanto, A., Ts, K. H., & Istiatin, I. (2022). Kepuasan Kerja Pegawai Ditinjau dari Kualitas Kepemimpinan, Kompensasi, Fasilitas dan Lingkungan Kerja pada Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(2). https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i2.16521.

Permadi, I. M. Y. (2017). Pengaruh Kompensasi, Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(1), 521–549.

Pertiwi, V. A., Pratiwi, D. E., & Meitasari, D. (2022). Pengoptimalan Kepuasan Karyawan dalam Upaya Penguatan Keberlanjutan Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 27(2). https://doi.org/10.20961/jkb.v27i2.55313.

Prawira, I. (2020). Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4681.

Priehadi Dhasa Eka. (2020). Analisis Pengaruh Keselamatan Kerja Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Berca Schindler Lifts Project Alfa Tower Tangerang. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(2), 198 – 207. https://doi.org/10.32493/JJSDM.v3i2.3938.

Purnawijaya, F. M. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kedai 27 Di Surabaya. AGORA, 7(1). Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8141.

Sinaga, S. (2010). Potensi dan Pengembangan Objek Wisata Di Kabupaten Tapanuli Tengah. Universitas Sumatra Utara.

Sipahutar, R. P., & Sanjaya, S. (2019). Pengaruh Current Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Restoran, Hotel Dan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 19(2). https://doi.org/10.30596/jrab.v19i2.4753.

Sirajuddin, Sari, C. A., & Hasanuddin. (2020). Mengukur tingkat kepuasan karyawan pada perusahaan reparasi mesin industri dengan menggunakan metode importance performance analysis (IPA). Teknika: Jurnal Sains Dan Teknologi, 16(1). https://doi.org/10.36055/tjst.v16i1.8042.

Widyaningsih, H. (2018). Upaya Peningkatan Profesionalisme Karyawan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Karyawan Abadi Hotel Jogja. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(1). https://doi.org/10.31294/khi.v9i1.3642.

Yenni, E., Tenerman, & Sinaga, C. N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Masyarakat Lokal terhadap Pariwisata Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyaraka, 1(2). https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i2.78.

Downloads

Published

2023-07-02

Issue

Section

Articles