Digital Marketing dan Kesejahteraan Ekonomi bagi Pattennung Sabbe Desa Pakkanna Kabupaten Wajo

Authors

  • Andi Aisyah Hasanuddin University
  • Sukma Nia Universitas Hasanuddin
  • Yulianti Yulianti Universitas Hasanuddin
  • Aini Indrijawati Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i1.39455

Keywords:

Penenun, Kain Sutera, Digital Marketing, Kesejahteraan Ekonomi, Desa Pakkanna

Abstract

Salah satu daerah yang memiliki kerajinan kain tenun sutera sebagai aset budaya hingga saat ini terletak di Desa Pakkanna, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan. Namun, mayoritas masyarakat penenun di desa ini masih memasarkan kain tenun sutera di pasar konvensional. Kondisi alat tenun bukan mesin yang terpencar di rumah-rumah penduduk kadang kala jauh dari pusat perekonomian, sehingga mengarah kepada terbentuknya rantai tataniaga yang panjang. Selain itu, akses pasar yang masih sulit dijangkau mengakibatkan lambatnya proses pemasaran kain tenun sutera, pertumbuhan ekonomi di pasar konvensional termasuk lambat, dan perilaku konsumen yang cenderung mengandalkan pembelian secara online di era digital saat ini. Hal tersebut membuat perekonomian masyarakat penenun tidak mengalami peningkatan dan tentunya berdampak pada kelestarian kain sutera. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat terhadap digital marketing dan menganalisis strategi promosi kain tenun sutera yang berimplikasi pada peningkatan ekonomi masyarakat penenun sutera dengan menggunakan digital marketing. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Populasi penelitian ini yaitu masyarakat di Desa Pakkanna yang bekerja sebagai penenun kain sutera dengan jumlah 125 orang dan diperoleh sebanyak 15 orang sampel. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan masyarakat penenun di Desa Pakkanna terhadap digital marketing masih kurang. Oleh karena itu, membutuhkan strategi digital marketing yang sesuai dengan kondisi masyarakat penenun Desa Pakkanna.

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk ora Umum” dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21.

Alrubaiee, L., Hameed, A., & Yasir, A. (2012). Relationship between B2B E-Commerce Benefits, E-Market-Place Usage and Supplu Chain Management. Global Journal of Management and Business Research, 12(9).

Apriadi, Deni, & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI, Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya, 1(2). https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.36.

Ardi, M., Faizal, A., AR., B., Muhammad, R., & Alimuddin, S. (2020). Pengembangan Produk Unggulan Daerah Kerajinan Tenun Sutera Sengkang Berbasis Kearifan Lokal Suku Bugis. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i2.15771.

Cangara, S., Moelier, D., & Suriani, S. (2019). Pengembangan Produk Eksport dengan Inovasi Tehnologi dan Perluasan Pasar Atbm Sutra di Pakkanna Kecamatan Tanasitolo. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). http://jurnal.una.ac.id/index.php/anadara/article/view/1002.

Dahmiri. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Equity terhadap Minat Beli. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 17(2), 194–201. https://repository.unja.ac.id/18805/.

Febriyantoro, M., & Debby, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2). https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.

Frans, R. K., Wilis, K., & Arif, S. (2012). Model Aplikasi E-Market sebagai Sarana Promosi dan Tukar Menukar Informasi antara Penjual dan Pembeli. TELEMATIKA, 8(2), 75–84. http://eprints.upnyk.ac.id/22671/.

Gogali, V. A., Tsabit, M., & Syarief, F. (2020). Pemanfaatan Webinar sebagai Media Komunikasi Pemasaran di Masa Pandemi Covid-2019. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2), 182–187. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/295753/JURNAL-CAKRAWALA-VSS.pdf.

Hasyim, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Ilmu-Ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1). https://103.19.37.186/index.php/attaqaddum/article/view/1163.

Inanna. (2014). Kearifan Lokal pada Industri Kerajinan Kain Tenun Sutera di Kabupaten Wajo. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper “Pluralisme Dalam Ekonomi Dan Pendidikan,” 266–268.

Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24–37. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.24-37.2019.

Kodong, F. C., Kaswidjanti, W., & Setiyawan, A. (2012). Model Aplikasi E-Market sebagai Sarana Promosi Dan Tukar Menukar Informasi antara Penjual dan Pembeli. Telematika, 8(2), 75–84. https://doi.org/10.31315/telematika.v8i2.446.g414.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25–31. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/20968.

Maklonia, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 19(3), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060.

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents dan Consecuences. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187–196. https://202.89.117.136/index.php/jpkop/article/view/346.

Muslimawati, C., & Wardani, D. K. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial dan Kesadaran Merek terhadap Minat Beli Air Minum dalam Kemasan dengan Merek Aqua pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 3(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/11238.

Musnaini, Suherman, Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Digital Marketing. CV. Pena Persada.

Naninsih, N., & Alam, S. (2019). Penerapan Pemasaran Kain Sutra Melalui E-Business pada Industri Alat Tenun Bukan Mesin di Kabupaten Wajo. Seminar Nasional Pangan, Teknologi, dan Enterpreneurship “Ekspolrasi Sumberdaya Alam Hayati Indonesia Berbasis Entrepreneurship Di Era Revolusi Industri 4.0.”

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110–1118. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427.

Nuriawati, N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Pemasaran dalam Bisnis Syariah. IZZI: JURNAL EKONOMI ISLAM, 1(1), 42–54. http://jurnal.stebibama.ac.id/index.php/IZZI/article/view/19/27.

Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 6(2). http://investasi.unwir.ac.id/index.php/investasi/article/view/83.

Rahmadi, Y., Prasetyo, A. Y., & Hasibuan, A. M. (2015). Pengembangan Mosul Freemium Aplikasi Tell-Us (Telkom University Store) Menggunakan Metode Iterative Incremental dan Framework Laravel. EProceedings of Engineering.

Sulistiawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran, 4(1), 133–142. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087.

Sulvinajayanti, Cangara, H., & Bahfiarti, H. (2015). Makna Pesan Komunikasi Motif Kain Sutera Sengkang Pilihan Konsumen di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(1). https://doi.org/10.31947/kjik.v4i1.609.

Sundari, J. (2017). E-Marketplace Desa Gerabah untuk Pengrajin di Desa Bumi Jaya Serang Banten. Journal Industrial Servicess, 3(1). https://doi.org/10.36055/jiss.v3i1a.2064.

T., E., & R., A. (2019). Pemasaran Digital. IPB Press.

Untari, R., & Sanjaya, R. (2020). Penggunaan e-Marketplace untuk Pengrajin Tenun Sumba. Jurnal Ecodemica, 4(1). http://repository.unika.ac.id/21580/.

Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Kencana.

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles