Eksistensi Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Praktisi Public Relation
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i1.44258Keywords:
Eksistensi, Bahasa Indonesia, Praktisi Public RelationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan eksistensi bahasa Indonesia dalam komunikasi praktisi public relation. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek yang terlibat pada penelitian ini yakni praktisi public relation di wilayah pariwisata. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Proses observasi dalam penelitian dilakukan untuk memperoleh data tentang sikap-sikap penutur atau praktisi public relation terhadap bahasa Indonesia. Wawancara dilakukan secara langsung bercakap-cakap di tempat kerja individu atau praktisi public relation. Data yang diperoleh pada penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yang dikaitkan dengan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi bahasa Indonesia dalam komunikasi praktisi public relation masih tergolong rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa para praktisi cenderung lebih banyak menggunakan bahasa asing dan bahasa campuran. Selain itu komunikasi praktisi public relation dengan masyarakat sekitar menggunakan bahasa Indonesia bercampur bahasa Bali dan bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar penting dibina dan dikembangkan untuk memperlancar komunikasi dengan wisatawan yang menggunakan bahasa Indonesia maupun dengan masyarakat.
References
Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia pada Generasi Milenial di Era Industri 4.0. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 247–251. https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3180.
Aulia, A. N., Nuriyam, S., & Mahardika, R. Y. (2019). Perspektif Generasi Millenial terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia di Media Sosial. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(3). https://doi.org/10.22460/p.v2i3p355-364.2785.
Batoebara, M. U., & Zebua, D. (2021). Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Jurnal Network Media, 4(2), 20–39. https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1403.
Devianty, R. (2020). Eksistensi Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi. Jurnal Nizhamiyah, 10(2). https://doi.org/10.30821/niz.v10i2.770.
Dimyati, A. (2018). Manajemen Public Relations dan Reputasi Organisasi Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa. Nyimak (Journal of Communication), 2(2). https://doi.org/10.31000/nyimak.v2i2.860.
Fairuzi, A., Tutupoho, R. R., & Mustofa, A. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Public Relations dalam Membangun dan Mempertahankan Pola Hubungan Masyarakat. Jurnal Epigram, 17(1), 43–50. https://doi.org/10.32722/epi.v17i1.3351.
Febrianti, Y. F., & Pulungan, R. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia pada Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 45. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/752.
Febyani, I., & Islami, L. (2021). Peran Praktisi Public Relations Divisi Promosi dan Menjadi Olahragawan Prestasi di Media Sosial Instagram. Jurnal Pantarei, 5(2). https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/736.
Hartini, T. (2019). Upaya Perhumas dalam Meningkatkan Kompetensi Public Relations. Makna : Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 31–57. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/ article/view/1671.
Lani, O. P., & Handayani, B. (2021). Peranan Humas Pemerintahan (Government Public Relations) dalam Menciptakan Reputasi Pemerintahan yang Baik. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 130–140. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.4071.
Nasution, I. A. (2019). Peranan Public Relations Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Hotel Garuda Plaza. Jurnal Warta, 1(1), 138–149. https://www.neliti.com/id/publications/290728/ peranan-public-relations-dalam-meningkatkan-pelayanan-informasi-hotel-garuda-pla.
Pribadi, A. (2021). Transformasi Digital terhadap Kelangsungan Profesi Public Relations di Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(2). http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/view/418.
Purbakusuma, A. I. M. (2019). Analisis Penyimpangan Tugas dan Fungsi Public Relations dalam Membentuk Citra Perusahaan. Source : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2). https://doi.org/10.35308/source.v4i2.922.
Rahmi, F. N., Hafiar, H., & Bakti, I. (2019). Komunikasi Persuasif pada Pelaksanaan Advokasi Public Relations. Jurnal Komunikasi Global, 8(2), 116–133. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i2.15001.
Ramayeni, A. W., Roem, E. R., & Sarmiati, S. (2018). Strategi Personal Branding Public Relations PT. Minang Mart dalam Membangun Citrab Perusahaan (Studi Deskriptif Membangun Hubungan Baik dengan Media dalam Upaya Meningkatkan Citra Perusahaan Minang Mart. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 2(1), 35. https://doi.org/10.25077/rk.2.1.35-47.2018.
Saputra. (2018). Peran Penting Public Relations di Era Digital. International Journal Sadida, 1(1), 179–202. https://bbs.binus.ac.id/ibm/2018/05/peran-penting-public-relations-di-era-pasar-bebas/.
Satvikadewi, A. A. I. P., & Hamim, H. (2018). Strategi Komunikasi untuk Mempromosikan dan Meningkatkan Potensi Lokal Wisata Pulau Bawean. Jurnal Represntamen, 4(2). https://doi.org/10.30996/representamen.v4i02.1809.
Sauki, M. (2022). Strategi Komunikasi Hubungan Masyarakat untuk Membangun Citra Positif Pemerintah Kabupaten Bima Bervisi “RAMAH” (Religius, Aman, Makmur, Amanah, Handal). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v6i2.3200.
Sulandjari, R., & Febrianti, S. (2019). Efektivitas Peran Public Relations Petugas Pelayanan pada Kepuasan Masyarakat Desa Leyangan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jurnal Egaliter, 3(5), 68–89. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/egr/article/viewFile/1614/1566.
Sulvinajayanti, S. (2018). Praktik Public Relation dalam Pandangan Islam. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(2), 134–154. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i2.628.
Supada, W. (2020). Peran Public Relations dalam Membangun Pencitraan Positif Organisasi. Jurnal Communicare, 1(1), 21–24. http://search.ebscohost.com.libezproxy.dundee.ac.uk/login.
Ulfa, M. (2019). Eksistensi Bahasa Daerah di Era Disrupsi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2). https://doi.org/10.30651/st.v12i2.2948.
Wardasari, N. (2018). Penggunaan Riset oleh Praktisi Public Relations dalam Menentukan Program. Jurnal Nomosleca, 4(2). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v4i2.2375.
Yayu, N., Anisti, A., Hidayat, D., & Suhadi, M. (2019). Pendekatan Intercultural Communication pada Public Relations PT Santos dalam Membangun Komunikasi Empati. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.18626.
Zetra, A., Melani, R., & Ernita, A. (2019). Fungsi Public Relations sebagai Fasilitator Komunikasi Menjembatani Hubungan antara Pemerintah dan Masyarakat (Studi Kasus : Fenomena Desain Kaum Illuminati pada Jam Gadang). Ilmu Komunikasi, 9(2), 242–254. https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/7366.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Made Astini, Ni Putu Parmini, Mukhamdanah Mukhamdanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)