Pengaruh Komunikasi Virtual terhadap Komunikasi Interpersonal Remaja

Authors

  • Gihon Joevial Linggom Universitas KRISTEN SATYA WACANA
  • Rendy Hermanto Abraham Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i1.45828

Keywords:

Komunikasi virtual dan komunikasi interpersonal

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah berkurangnya minat remaja berkomunikasi mengenai lingkungan sosial sekitar di tengah berkembangnya komunikasi virtual yang dnilai sangat efektif untuk membangun komunikasi interpersonal individu dalam bersosialisasi. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh komunikasi virtual terhadap komunikasi interpersonal yang terjadi di kalangan remaja pemain game mobile legend. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui kuesioner online. Survei dilakukan dengan 100 responden terpilih dari para remaja pemain game mobile legend di Kota Bogor, Jawa Barat.  Hasil penelitian membuktikan bahwa komunikasi virtual berpengaruh positif terhadap komunikasi interpersonal dengan koefisien determinasi sebesar 9,2%.

References

Affandi, M. (2013). Pengaruh Game Online terhadap Tingkat Efektivitas Komunikasi Interpersonal pada Kalangan Pelajar Kelas 5 SDN 009 Samarinda. EJournal Llmu Komunikasi, 1(4), 177–187. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/11/Ejurnal (11-13-13-04-32-26).pdf.

Ahmad, A., & Nurhidaya, N. (2020). Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial. Avant Garde, 8(2), 134–148. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1158.

Amanda, R. A. (2016). Pengaruh Game Online terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(3), 290–304. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/08/JURNAL RIKA AGUSTINA AMANDA (08-23-16-12-52-34).pdf.

Anggriani, Y. (2020). Pemanfaatan Gadget dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Keluarga. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 10(2), 138–147. https://doi.org/10.20473/jpua.v10i2.2020.138-147.

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online–Offline dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/viewFile/3284/2952.

Azeharie, S., & Khotimah, N. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu. Jurnal Pekommas, 18(3), 213–224. https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180307.

Bangun, D. P., & Harahap, E. I. S. S. (2021). Fenomena Bermain Game Online Mobile Legend terhadap Perilaku Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Darma Agung Medan. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 6(1), 1–6. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/1029.

Basuni, F. S. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kompetensi Aparatur terhadap Kinerja Aparat di Lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Barat. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1497–1506. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.927.

Diana, R., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1828–1835. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.653.

Erik, S., & Wetik, S. (2020). Hubungan Durasi Bermain Game Online dengan Kesehatan Mental pada Remaja Pria. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, 2(2), 59–78. http://www.jurnal.rs-amino.jatengprov.go.id/index.php/JIKJ/article/view/14.

Fathurrohman, R., Halim, A., & Imawan, K. (2017). Pengaruh Komunikasi Virtual terhadap Komunikasi Interpersonal di kalangan Game Online di Aranet Plumbon. JURNAL SIGNAL, 5(1). https://doi.org/10.33603/signal.v5i1.884.

Ghozali. (2009). Analisis Multivanate dengan Program SPSS (2nd ed.). Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). Penggunaan Handphone dan Hubungan Teman pada Perilaku Sosial Siswa SMP Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 55–70. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4613.

Indrawan, J., & Ilmar, A. (2020). Kehadiran Media Baru (New Media) dalam Proses Komunikasi Politik. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4820.

Kuen, M. M., & Kuen, F. A. (2020). Efektifitas Komunikasi sebagai Katalisator Berkembangnya Post Truth Cerdaskan Milenial Bermedia Sosial di Kota Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 361–381. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/download/11469/6286.

Mahfuzhah, H., & Anshari, A. (2018). Media Publikasi Humas dalam Pendidikan. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 137–149. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.395.

Nainggolan, V., Rondonuwu, S. A., & Waleleng, G. J. (2018). Peranan Media Sosial Instagram dalam Interaksi Sosial Antarmahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNSRAT Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/22022/21723.

Narti, S. (2018). Pemanfaatan “Whatsapp” Sebagai Media Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskriptif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016). Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616.

Nurrohim, H., & Anatan, L. (2009). Efektivitas Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(2), 11–20. https://doi.org/10.28932/jmm.v8i2.188.

Puspita, Y. (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekommas, 18(3), 203–212. https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180306.

Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2). http://mail.bppkibandung.id/index.php/jpk/article/viewFile/589/303.

Rahmania, N. Z., & Pamungkas, I. N. (2018). Komunikasi Interpersonal Komunitas Online www. rumahtaaruf.com. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 51–66. https://pdfs.semanticscholar.org/1abb/4e957605b8846410ddb9c5b2d554e1ab6180.pdf.

Ratnasari, A. (2007). Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Bermedia Internet terhadap Persahabatan Mahasiswa di Dunia Maya. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(1), 165–182. https://doi.org/10.29313/mediator.v8i1.1236.

Satria, D. P., Nabila, H., Maulidia, M., & Rasel, M. J. (2021). Perilaku Komunikasi Interpersonal Pemain Game Online" Mobile Legends" di Lingkungan Keluarga. PARAHITA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 41–47. https://doi.org/10.25008/parahita.v2i2.63.

Siburian, P. (2014). Hubungan Budaya Organisasi dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Handayani, 1(2), 27–39. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1089.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantittif, Kualitatif, Kombinasi dan R D. CV Alfabeta.

Syofian, S. I. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS Edisi Pertama. Kencana Prenada Media Group.

Ummah, A. H., Khatoni, M. K., & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast sebagai Strategi Dakwah di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan. Komunike, 12(2), 210–234. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i2.2739.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Raja Grafindo Persada.

Wijaya, C. V., & Paramita, S. (2019). Komunikasi virtual dalam Game Online (Studi Kasus dalam Game Mobile Legends). Koneksi, 3(1), 261–267. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6222.

Downloads

Published

2022-04-10

Issue

Section

Articles