Blended Leadership: Perspektif Karyawan Tentang Kepemimpinan Masa Pandemi

Authors

  • Ni Kadek Galung Ita Astari Universitas Pendidikan Nasional
  • Anak Agung Ngurah Oka Suryadinatha Gorda Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.50563

Keywords:

efektivitas, blended leadership

Abstract

Pandemi covid 19 atau COVID-19 telah membawa dampak yang signifikan pada aktivitas manusia dimana mobilitas dan aktivitas manusia dibatasi. Hal ini juga berlaku pada institusi pendidikan dimana aktivitas hampir sepenuhnya dilakukan secara daring. Ini berdampak pada perubahan model kepemimpinan yang harus diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak efektivitas blended leadership dimasa pandemi dari perspektif karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelituan ada 5 responden yang dipilih, yaitu 2 karyawan tetap, 2 karyawan kontrak dan 1 tenaga pendidik. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam dengan panduan wawancara yang telah disiapkan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum model blended leadership yang diterapkan terkategori efektif. Secara rinci, elemen gaya kepemimpinan terkategori efektif, kemampuan memotivasi terkategori efektif, kemampuan menganalisis pekerjaan dan membuat keputusan terkategori efektif, kemampuan berkomunikasi terkategori efektif dan kemampuan mendelegasikan tugas, tanggung jawab dan wewenang terkategori efektif. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi pemimpin dalam meningkatkan kinerja karyawan.

References

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353 – 361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331.

Andika, W., & Witiastuti, R. (2018). Analisis Economic Value Added dan Market Value Added sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan serta Pengaruhnya terhadap Harga Saham. Management Analysis Journal, 6(3), 246–253. https://doi.org/10.15294/maj.v6i3.12326.

Ariyani, R. I. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Islam Hidayatullah Yogyakarta. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2), 136 – 142. https://doi.org/10.18196/jmmr.5118.

Asbari, M., Novitasari, D., Gazali, G., Silitonga, N., & Pebrina, E. T. (2020). Analisis Kesiapan untuk Berubah di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Perspektif, 18(2), 147–159. https://doi.org/10.31294/jp.v18i2.8576.

Asmalah, L. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 2(1), 55–74. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v2i1.1935.

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342.

Azzahrati, A. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 46–64. https://doi.org/10.31602/atd.v2i1.1189.

Barbour, N., Menon, N., & Mannering, F. (2021). A statistical assessment of work-from-home participation during different stages of the COVID-19 pandemic. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 11, 100441. https://doi.org/10.1016/j.trip.2021.100441.

Burhanudin, B., & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Bank BRI Purworejo. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 7–18. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i1.58.

Cahyadi, B. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Perspektif Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4141.

Dewi, N. N. (2021). Pengaruh Motivasi Disiplin Kerja Dan Pengawasan Terhadap Kinerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 355. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.355-366.2021.

Effendi, M., & Yogie, F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 88–98. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.654.

Garaika, G. (2020). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 28–41. https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.4181.

Gaya, P., & Terhadap, K. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja pegawai di dinas ketahanan pangan kabupaten nias selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(2), 128–134. http://jurnal.stienisel.ac.id/index.php/jim/article/view/230.

Greipl, S., Klein, E., & Lindstedt, A. (2021). When the brain comes into play: Neurofunctional correlates of emotions and reward in game-based learning. Computers in Human Behavior, 125. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106946.

Gumilar, G. G., & Munzir, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma Global Indo-Asia Batam. Jurnal Dimensi, 7(2), 232–238. https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1710.

Hardhianah, S., & Christiana, E. (2017). Award Giving Form of Pictured Sticker in Improving the Discipline Behavior of Early Childhood in Bintang Sembilan Kindergarten Lamongan. Bimbingan Konseling, 04(5), 1–6.

Hermawati, R., & Indriyani, S. (2019). Pengaruh Rekrutmen Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sinergi Inti Pelangi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(1), 24 – 41. https://doi.org/10.32493/JJSDM.v3i1.3366.

Hinić, D., Grubor, J., & Brulić, L. (2017). Followership styles and job satisfaction in secondary school teachers in serbia. Educational Management Administration and Leadership, 45(3), 503–520. https://doi.org/10.1177/1741143215623787.

Isnaningsih, A., & Rohman, A. (2019). Participation of Mothers Who Work in Religious Activities Towards Child Behavior. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 199. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.157.

Jones, S., Harvey, M., & Lefoe, G. (2014). A conceptual approach for blended leadership for tertiary education institutions. Journal of Higher Education Policy and Management, 36(4), 418–429. https://doi.org/10.1080/1360080X.2014.916469.

Kelvyn, Wei, E. E., Khomali, C., Fernando, H., & Hartanto, V. (2021). Pengaruh Work From Home Terhadap Kinerja Karyawan Di Batam. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(2), 144–162. https://doi.org/10.35448/jmb.v13i2.11282.

Melinda, I., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81–86. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14408.

Mustajab, D., Bauw, A., Rasyid, A., Irawan, A., Akbar, M. A., & Hamid, M. A. (2020). Working From Home Phenomenon As an Effort to Prevent COVID-19 Attacks and Its Impacts on Work Productivity. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 4(1), 13. https://doi.org/10.20473/tijab.v4.i1.2020.13-21.

Nasrih, M. L. (2016). Analisis Hubungan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 2(1). https://doi.org/10.15408/aiq.v2i1.2477.

Nasution, D. A. D., Erlina, & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212 – 224. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313.

Newman, N., & Newman, D. (2021). Leadership behind masked faces: from uncertainty to resilience at a Jamaican academic library. The Journal of Academic Librarianship, 47(5), 102377. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102377.

Nugroho, R. E. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Stress Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Kontrak Proyek. Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 341 – 354. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i2.007.

Nuraeni, R., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 487. https://doi.org/10.32832/manager.v2i4.3795.

Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru Sd. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, 11(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167.

Pratisardy, E., & Lukito, H. (2019). Dampak Rekrutmen, Seleksi, dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank XYZ TBK Cabang Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(1). https://doi.org/10.30811/ekonis.v21i1.896.

Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sman 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758.

Puspitadewi, C., & Rahyuda, H. (2016). Pengaruh Der, Roa, Per Dan Eva Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food and Beverage Di Bei. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(3), 253567.

Ross, D., Adams, A., Bondy, E., Dana, N., Dodman, S., & Swain, C. (2011). Preparing teacher leaders: Perceptions of the impact of a cohort-based, job embedded, blended teacher leadership program. Teaching and Teacher Education, 27(8), 1213–1222. https://doi.org/10.1016/j.tate.2011.06.005.

Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874.

Seashore Louis, K., Leithwood, K. a, Wahlstrom, K. L., & Anderson, S. E. (2010). Learning from Leadership: Investigating the Links to Improved Student Learning. ERS Informed Educator, 2012(10/7/2012), 1–11.

Suhada, muarif mahmud. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Madureso Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2), 68. http://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/138/117.

Suherman, U. D. (2018). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Bni Syariah Cabang Bandung. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(2), 1–8. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jispo/article/view/3799.

Sujiantari, N. K. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 7(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7573.

Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804.

Sulastri, S. (2021). Pengaruh Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan Potong Gaji Terhadap Kesehatan Mental Karyawan UMKM di Lampung Timur pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1), 1–12. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/1943.

Suranto, V., & Walandouw, S. (2017). Analisis Pengaruh Struktur Modal Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 1031–1040. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16059.

Taylor, J. (2016). Management of Australian Water Utilities: The Significance of Transactional and Transformational Leadership. Australian Journal of Public Administration, 1–15. https://doi.org/10.1111/1467-8500.12200.

Tolu, A., Mamentu, M., & Rumawas, W. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1), 7–13. https://doi.org/10.35797/jab.11.1.2021.33535.7-13.

Torlak, N. G., & Kuzey, C. (2019). Leadership, job satisfaction and performance links in private education institutes of Pakistan. International Journal of Productivity and Performance Management, 68(2), 276–295. https://doi.org/10.1108/IJPPM-05-2018-0182.

Tuwinanto, T., & Rahadi, D. R. (2021). Work From Home Dimasa Pandemi, Efektifkah ? Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 86–95. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i1.2736.

Waters, K. K. (2013). The relationship between principals’ leadership styles and job satisfaction as perceived by primary school teachers across NSW independent schools. International Research Journal of Education, 233.

Whitchurch, C. (2008). Beyond Administration and Management: Reconstructing the Identities of Professional Staff in UK Higher Education. Journal of Higher Education Policy & Management, 30(4), 375–386. https://doi.org/10.1080/13600800802383042.

Wijayanti, I. A. D., & Supartha, I. W. G. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kreativitas Karyawan Dimediasi Efikasi Diri Kreatif Pada Pt. Aura Bali Craft. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1230. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p03.

Downloads

Published

2022-09-13

Issue

Section

Articles