Peran Organisasi Ikatan Keluarga Sumba Barat Daya Sebagai Wadah Pemersatu Warga Sumba Barat Daya di Bali

Authors

  • Moch. Noor Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.51323

Keywords:

Peran Organisasi, Interaksi Sosial, Kerjasama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Organisasi Ikatan Keluarga Sumba Barat Sebagai Wadah Pemersatu Warga Sumba Barat Daya di Bali dan untuk mengetahui bentuk interaksi yang terjadi didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus organisasi dan anggota yang bergabung dalam organisasi Ikatan Keluarga Sumba Barat Daya di Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dimana jumlah informan yaitu 5 orang yang diambil berdasarkan orang-orang yang dianggap memiliki banyak informasi apa yang diteliti. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari peran tersebut antara lain: a. organisasi sebagai wadah interaksi sosial, saling kerjasama bagi anggota Sumba Barat Daya di Bali dan wadah untuk belajar, saling membantu satu dengan yang lain guna antara anggota yang bergabung sehingga dapat meringankan beban di rantauan. b. Organisasi Ikatan Keluarga Sumba Barat Daya di Bali memungkinkan para anggota untuk saling mengenal satu sama yang lain dan menjalin silaturahmi, saling belajar untuk hidup yang lebih baik lagi.

References

Arifudin, O. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 73–87.

Astuti, A. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Kewarganegaraan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sma Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Tomalebbi, 1(3), 19–26. https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/1660/702.

Babutta, S. L. (2020). Memaknai Manusia Dalam Dimensi Mahkluk Hidup: Kajian Filosofis Dari Sudut Pandang Biologi. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(2), 48–53. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i2.22512.

Basri, B., & Dwiningrum, N. R. (2020). Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(1), 139–158. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273.

Brata, I. B. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Gending Rare sebagai Upaya Melestarikan Kearifan Lokal Bali. Diakronika, 19(1), 66–79. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol19-iss1/80.

Budiwibowo, S. (2016). Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui budaya kearifan lokal di era global. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.25273/pe.v3i01.57.

Duha, T. (2018). Perilaku organisasi. Deepublish.

Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619.

Fibrianto, A. S., & Yuniar, A. D. (2020). Peran Budaya Organisasi Dalam Pembentukkan Karakter, Etika Dan Moral Siswa SMA Negeri Di Kota Malang. Jurnal Analisa Sosiologi, 9(1), 267–282.

Gofar, A., Pageh, I. M., Hum, M., Mudana, I. W., & Si, M. (2020). Kampung Toge Di Desa Patas, Gerokgak, Buleleng, Bali: Sejarah Dan Nilai-Nilainya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA. Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(3), 31–37. https://doi.org/10.23887/jjps.v8i3.21492.

Idris, I. (2019). Hubungan Kepemimpinan Dengan Disiplin Pegawai Pada Dinas Peternakan Kota Pekanbaru. Akuntansi & Manajemen, 5(2), 33–45.

Ikhsan, A. (2016). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Dosen Pada Universitas Mercu Buana Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 97055.

Lestari, S. A., & Basire, J. H. T. (2021). Peran Organisasi Persatuan Pelajar Islam Alkhairaat (PPIA) dalam Membantu Keaktifan Siswa di Madrasah Aliyah Alkhairaat Donggulu Kecamatan Kasimbar. AL-TAWJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 183–208. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/wjh/article/view/893/526.

Meuraksa, M. A. E., & Saputra, A. A. (2021). Peranan Karang Taruna dalam Upaya Penyelenggaraan dan Pembangunan Kesejahteraan Sosial Kecamatan Pamulang. Jurnal Ilmiah Humanika, 4(1), 7–33. http://humanika.penapersada.com/index.php/humanika/article/view/80.

Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi antarpribadi dalam menciptakan harmonisasi (suami dan istri) keluarga didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. Acta Diurna Komunikasi, 6(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/16203/15707.

Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan transformasional dalam peningkatan mutu pendidikan anak usia dini. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13–24.

Nurqalbi, N., Malli, R., & Nurhidaya, M. (2020). Peran Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI Terhadap Pembinaan Ahklak Anak Binaan Di Desa Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Pilar, 11(1).

Putra, D. (2013). Pengaruh akuntabilitas publik dan kejelasan sasaran anggaran terhadap kinerja manajerial Satuan kerja perangkat daerah (Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Padang). Jurnal Akuntansi, 1(1). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/85/73.

Rahayu, M. S. (2020). Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Repiblik Indonesia. Jurnal Pendidikan, 28(3), 289–304. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.490.

Rukmana, I. (2017). Pendidikan Seni Sebagai Aspek-Aspek Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini (Sekolah Berbasis Budaya Lokal). Jurnal Warna, 1(1), 68–77. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/23/34.

Shihab, M. Q. (2019). Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Lentera Hati Group.

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syahrul, S. (2013). Penelitian sebagai Instrumen Perbaikan Kualitas Kinerja Organisasi Pendidikan secara Berkelanjutan (Continuous Improvement). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 150–163.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3). https://doi.org/10.30868/ei.v2i03.29.

Widodo, A. (2020). Nilai budaya ritual perang topat sebagai sumber pembelajaran ips berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1–16.

Widodo, A. S., Kumara, D., & Wardani, S. (2020). Reorientasi Peran Karang Taruna: Mengembangkan Manajemen Organisasi Yang Selaras Dengan Konteks Pembangunan Daerah. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.32493/ABMAS.v1i1.p28-40.y2019.

Yunus, R. (2013). Transformasi nilai-nilai budaya lokal sebagai upaya pembangunan karakter bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–79.

Yusuf, M. H. (2017). Pengembangan budaya organisasi dalam lembaga pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1).

Zendrato, W. (2018). Pengaruh Organisasi Kemahasiswaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nias Selatan Tahun Akademik 2017/2018. Jurnal Education and Development, 3(1), 44–44. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.137.

Downloads

Published

2022-08-19

Issue

Section

Articles