Kreativitas Mahasiswa Ditinjau dari Hasil Produk Mata Kuliah Seni Dekorasi Makanan pada Program Keahlian Food and Beverage

Authors

  • Yulia Mandasari Akademi Pariwisata Bunda, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.53363

Keywords:

Kreativitas, Desain, Hasil Produk Dekorasi

Abstract

Tujuan dari mata kuliah Seni Dekorasi Makanan adalah menuntut mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas didalam menghasilkan suatu produk dekorasi yang akan dijadikan sebagai garnis pada makanan dan kue. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kreativitas mahasiswa ditinjau dari desain produk dekorasi dan hasil produk mata kuliah Seni Dekorasi Makanan di Program Keahlian Food and Beverage. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah kreativitas mahasiswa pada hasil produk mata kuliah Seni Dekorasi Makanan. Sumber data adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Seni Dekorasi Makanan. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu data reduksi, data display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini mengambarkan bahwa rendahnya kreativitas mahasiswa dalam mendesain produk dekorasi mata kuliah Seni Dekorasi Makanan. Hal ini terlihat tidak adanya inovasi desain produk dekorasi pada kesederhanaan, keselarasan, irama, kesatupaduan dan keseimbangan. Kreativitas mahasiswa dalam hasil produk dekorasi pada mata kuliah Seni Dekorasi Makanan yaitu hasil produk dekorasi dilakukan beberapa pelaksanaan, yaitu proses pembuatan produk dekorasi dan penyajian hasil produk. Hal ini terlihat tidak adanya inovasi hasil produk dekorasi pada tema, bentuk, warna, dan hiasan.

Author Biography

Yulia Mandasari, Akademi Pariwisata Bunda, Padang, Indonesia

Program Studi D3 Perhotelan

References

Alamsyah, N. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pela jaran IPA. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p82-96.

Asmini, Sutama, I. Ny., Haryadi, W., & Rachman, R. (2020). Manajemen Business Cycle Sebagai Peluang Usaha Pasca COVID-19 Suatu strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 121–129.

Bayuningrum, W. A., Iswinarti, I., & Yuniardi, M. S. (2021). Peran Kreativitas dalam Memediasi Hubungan Rasa Ingin Tahu dengan Motivasi Akademik Pada Mahasiswa Seni. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 12(1), 81–91. https://doi.org/10.26740/jptt.v12n1.p81-91.

Fiyanto, A. (2018). Pemanfaatan Seni Kolase Sebagai Produk Kreatif Untuk Pengembangan Karya Proyek Studi Mahasiswa Jurusan Seni Rupa Fbs Unnes. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa, 10(2), 158–172. https://doi.org/10.33153/bri.v10i2.2329.

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah, N. (2018). Perancangan Media Pengenalan Warna Untuk Anak Usia Dini. JURNAL IMAJINASI, 2(2), 43. https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553.

Hartatik, K. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Internet Terhadap Kreativitas Pengolahan Dan Penyajian Makanan Kontinental Siswa Kelas XI Program Keahlian Tata Boga DI SMK N 1 Kalasan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.30738/keluarga.v8i1.11206.

Hasmalena, H., & Rantina, M. (2018). Impelementasi Cerita Rakyat melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari Usia Dini untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI. Jurnal Obsesi, 1(2), 81 – 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.18.

Kandoli, L. N., & Tulaka, T. (2022). Analisis Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Tata Hidang II Bidang Studi Tata Boga dan Pariwisata Perhotelan Jurusan PKK Fatek Unima. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 8(1). https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/1111.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518.

Nababan, R. S. (2016). Esensi dan Nilai Seni Poster Pagelaran Wayang Kulit Karya Gestisutis. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 14(1), 27–37. https://doi.org/10.33153/glr.v14i1.1745.

Patriansah, M., Halim, B., & Putra, M. E. P. (2021). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Lomba Gambar Bercerita Di Sd 226 Palembang. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 188. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4299.

Purnamasari, Y., & Mayar, F. (2019). Manajemen Pengembangan Kreativitas Kognitif Dan Bahasa Anak Usia Dini Di Paud “Handayani” Skb Kendal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 151, 10–17.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548.

Setiawan, L., Sulistya Wardani, N., Intan Permana, T., & Kristen Satya Wacana, U. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1068.

Setyaningrum, F. (2020). Seni Kriya Kain Perca sebagai Media Pengembangan Kreativitas Mahasiswa. Pelataran Seni: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1), 15 – 24. https://doi.org/10.20527/jps.v4i2.5219.

Setyawati, R., & Karim, S. (2020). Persepsi Industri Perhotelan Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Prodi Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 150–158. https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.780.

Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis minat dan motivasi belajar, pemahaman konsep dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar selama pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061.

Sriasih, S. A. P., Nitiasih, P. K., Jayaputra, I. N. A., Budasi, I. G., & Utama, I. D. G. B. (2020). Problematika program kreativitas mahasiswa (pkm) dan program mahasiswa wirausaha (pmw) pada fakultas bahasa dan seni undiksha. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 15(10), 22–33. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.24801.

Sundari, R. (2022). Metode Collective Painting untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PIAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4932–4944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1729.

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222.

Downloads

Published

2023-01-08

Issue

Section

Articles