Dampak Aplikasi Bisnis Online Shopee Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i1.55885Keywords:
Aplikasi Bisnis Online, Shopee, Gaya Hidup KonsumtifAbstract
Munculnya perubahan gaya belajar menggunakan Aplikasi yang mempengaruih gaya hidup dan perilaku guru-guru SD. Belanja online jauh lebih simple, menghemat waktu, tenaga, mudah, hanya dengan meilihat gambar, video, diskripsi produk, lalu dibayar dengan transfer uang. Perubahan gaya belanja tersebut udah menjadi trend dan dianggap modern di zaman sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak aplikasi bisnis online “shopee” terhadap gaya hidup konsumtif guru SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah guru-guru SD yang dipilih secara random 2 orang setiap sekolah yang terdiri dari 20 sekolah. Data-data tersebt diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, video, foto, dokumen, catatan dan lain sebagainya. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dampak positif bagi pengguna yaitu memudahkan untuk membeli produk tanpa harus pergi keluar rumah untuk berbelanja. Namun dampak negatifnya adalah barang rusak, barang yang tidak sesuai dengan gmbar di aplikasi yang mengakibatkan kekecewaan. Apalagi jika barang berasal dari luar daerah, tentunya akan membutuhkan waktu yang lama agar barang tersebut tiba kepada pembeli, sehingga mempengaruhi ongkos kirim barang. Aplikasi Bisnis online dengan trend gaya hidup di zaman sekarang menjadikan sebuah ketertarikan tersendiri bagi konsumen di karenakan kesenangan, keinginan, gaya hidup modern, dibandingkan untuk kebutuhan.
References
Agmeka, F., Wathoni, R. N., & Santoso, A. S. (2019). The influence of discount framing towards brand reputation and brand image on purchase intention and actual behaviour in e-commerce. Procedia Computer Science, 161, 851–858. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.192.
Anuang, P. W., Dyah, P., & Korry, P. (2020). Pengaruh Adopsi Teknologi dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Perusahaan Niluh Djelantik ). Information Technology Journal, 1(1), 25–32. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/tiers/article/view/2478.
Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114–123. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100.
Chiu, W., & Cho, H. (2021). E-commerce brand: The effect of perceived brand leadership on consumers’ satisfaction and repurchase intention on e-commerce websites. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(6), 1339–1362. https://doi.org/10.1108/APJML-10-2018-0403.
Damayanti, Y. (2020). Kajian Literatur Efektivitas Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 2(1), 31–45. https://doi.org/10.15642/manova.v2i1.354.
Diza, F., Moniharapon, S., & Imelda, W. J. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (studi pada pt. fifgroup cabang manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11568.
Driediger, F., & Bhatiasevi, V. (2019). Online grocery shopping in Thailand: Consumer acceptance and usage behavior. Journal of Retailing and Consumer Services, 48, 224–237. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.02.005.
Fhonna, R. A., & Sorayanti Utami. (2018). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keterlibatan keputusan pembelian dan kepercayaan sebagai pemediasi pada konsumen shopee di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 20–32. https://doi.org/10.24815/jimen.v3i3.8081.
Hatta, H. (2020). Iklan Online Dian Santro Terhadap Minat Beli Pelanggan di Bukalapak (Promo Setiap Tanggal Kembar 12-12). Journal Entrepreneurship Management and Industry, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.36782/jemi.v3i1.1993.
Hawari, H. M. (2021). Etika Komunikasi Bisnis Online Di Era New Normal Perspektif Hukum Bisnis Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 10(1), 47–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v10i1.207.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan WEB dan Harga Terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable pada E-Commerce Shopee. 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35.
Kadir, A., Basri, M., & Rodi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Nilai, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Rumah Tangga Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kendari. Journal Publicuho, 1(1), 28. https://doi.org/10.35817/jpu.v1i1.7297.
Ladhari, R., Gonthier, J., & Lajante, M. (2019). Generation Y and online fashion shopping: Orientations and profiles. Journal of Retailing and Consumer Services, 48, 113–121. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.02.003.
Lestari, D. (2019). Measuring e-commerce adoption behaviour among gen-Z in Jakarta, Indonesia. Economic Analysis and Policy, 64, 103–115. https://doi.org/10.1016/j.eap.2019.08.004.
Lestari, I., & Hamid, R. S. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Kembali Layanan Transportasi Online Di Era Pandemi Covid-19. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.35906/je001.v9i1.482.
Marheni Eka Saputri. (2016). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN ONLINE PRODUK FASHION PADA ZALORA INDONESIA. Jurnal Sosioteknologi, 15 no.2.
Moh Faqih Afghani, E. Y. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, PERSEPSI RISIKO, SERTA KESADARAN NASABAH TERHADAP ADOPSI E-BANKING DI BANK BRI SURABAYA. Journal of Business and Bankin, 6 No.1, 113– 128.
Palma, M. A., & Andjarwati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Produk Fashion Melalui Toko online di Surabaya). Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 84. https://doi.org/10.17970/jrem.16.60106.id.
Priambodo, I. T., Sasmoko, S., Abdinagoro, S. B., & Bandur, A. (2021). E-Commerce readiness of creative industry during the COVID-19 pandemic in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 865–873. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0865.
Rahmadi dan Malik. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiki Terhadap Keputusan Pembelaian E-Commerce Pada Tokopedia,com. Jurnal Ilmiah, Vol.3, No.
Rashid, S., & Yadav, S. S. (2020). Impact of Covid-19 Pandemic on Higher Education and Research. Indian Journal of Human Development, 14(2), 340–343. https://doi.org/10.1177/0973703020946700.
Ricky, R. D. M., Kawung, E., & Goni, S. Y. V. . (2021). Dampak Aplikasi Belanja Online (Online Shop) di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belanja Masyarakat di Kelurahan Girian Weru Ii Kecamatan Girian Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah, 1(ilmiah), 1.
Ryu, S., & Park, J. (2020). The effects of benefit-driven commitment on usage of social media for shopping and positive word-of-mouth. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 102094. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102094.
Sabda Puta Mediti, O. C. M. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290–1300. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1290-1300.
Sri Rahayu. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-commerce Tokopedia. Journal Management, Business, and Accounting, 20, No.1.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (untuk penelitian bersifat eksploratif, enterpretif,interaktif dan konstruktif). Alfabeta.
Yusup, D. K., Badriyah, M., Suyandi, D., & Asih, V. S. (2020). Pengaruh Bencana Covid-19, Pembatasan Sosial, dan Sistem Pemasaran Online Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Retail. 1(1), 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Defa Defa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)