Fenomena K-Pop Sebagai Strategi Pemasaran dan Membangun Citra Perusahaan

Authors

  • Luh Gede Ervina Asri Yudiari Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Indonesia
  • I Gede Sanica Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Indonesia
  • Ida Ayu Oka Martini Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i1.59444

Keywords:

Strategi Pemasaran, Membangun Citra Perusahaan, K-Pop

Abstract

Adanya pandemi Covid 19 telah membuat usaha kuliner terjatuh, tak terkecuali McDonalds. Untuk itu, perusahaan mulai menerapkan strategi pemasaran baru dengan menggandeng BTS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis a) dampak fenomena K-Pop terhadap pemasaran McDonald’s, b) strategi pemasaran McDonald’s dalam berkolaborasi dengan BTS dan c) upaya McDonald’s membangun minat merek dan citra perusahaan melalui kolaborasi dengan BTS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di salah satu gerai Mc Donald. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang, yang terdiri 1 operation consultant Mc Donald’s, 2 pegawai Mc Donald’s dan 2 konsumen Mc Donald’s. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan perekam. Data selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis data model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat a)  5 dampak fenomena K-Pop terhadap pemasaran McDonald’s, b) 5 strategi pemasaran McDonald’s dalam berkolaborasi dengan BTS dan c) 5 upaya McDonald’s membangun minat merek dan citra perusahaan melalui kolaborasi dengan BTS. Ini berimplikasi pada perlunya memanfaatkan artis dengan fans fanatik untuk diajak berkolaborasi.

References

Anggakara, L. L. (2021). Mendorong Kreativitas dan Keterampilan dalam Menemukan Peluang Usaha pada Ibu Rumah Tangga Dusun Kulubanyu, Kabupaten Mojokerto. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 14–18. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1363.

Ardhiyansyah, A., Maharani, D. P., Sari, S. P., & Mansur, U. (2021). K-Pop Marketing Tactics That Build Fanatical Behavior. 1st ICEMAC 2020: International Conference on Economics, Management, and Accounting, 4(4), 66–70. https://doi.org/10.11594/nstp.2021.1007.

Budiyanto, A. (2019). Pengaruh Jkt48 Sebagai Celebrity Endorser, Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat Albert. Jurnal Manajemen Bisnis, 22(3), 248–269. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1766767&val=14955&title=pengaruh jkt48 sebagai celebrity endorser citra merek harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian konsumen minuman isotonik pocari sweat.

Burhanudin, N. H. (2018). Strategi Pemasaran Makanan Khas Tradisional di Kecamatan Wotu. DINAMIS- Journal of Islamic Management and Bussines, 1(2), 20–32. https://doi.org/10.24256/dinamis.v1i2.993.

Dwirachmawati, M., & Saino. (2014). Pengaruh bauran pemasaran ritel terhadap keputusan pembelian produk di Hypermart Ponorogo City Center. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, 4(1), 1–13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/8151.

Erni, Y. (2017). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor Pos Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 688–699. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/download/216/168/.

Faradasya, C. I., & Trianasari, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Kpop Stray Kids Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus E-Commerce Shopee). E-Proceeding of Management, 8(2), 865–873. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/14755/14532.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Qiara Media.

Hardilawati, W. L. (2019). Model Pemasaran Hubungan Pelanggan, Inovasi Dan E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ukm Di Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(2), 213–222. http://www.ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae/article/view/1934.

Hendayana, Y., & Afifah, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online. Kinerja Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 32–46. https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i1.1285.

Hwa, D. S. (2021). BTS marketing collaborations boost brand awareness in Southeast Asia: study.

Imambachri, S. H., & Purnama Dewi, D. (2022). Pengaruh Disruptive Marketing, Strategi Generik Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Membeli Pada Generasi Z. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 9(2), 102. https://doi.org/10.32493/skr.v9i2.21921.

Indriani, R., & Firmansyah, M. A. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui BTS Meal oleh Restoran Mc.Donalds dan Persepsi Konsumen (Studi Gerai Mc. Donald’s Kota Bengkulu). JOISCOM( Journal Of Islamic Communications), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.36085/joiscom.v3i1.3315.

Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh sosial media marketing, ekuitas merek, dan citra destinasi terhadap minat berkunjung ke tempat wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 30–36. https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/7447.

Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319–324. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.284.

Khairunnisa, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Videomaker Fx Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(3), 132–141. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i3.871.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.

Kumala, E. F., Widodo, J., & Zulianto, M. (2022). The Effect Of Using The K-Pop Idol Ambassador Brand And Company Brand Image On Purchase Decisions On The Marketplace Shopee. Profitability, 6(1), 1–5. https://www.researchgate.net/profile/Mukhamad-Zulianto/publication/360155764_The_Effect_Of_Using_The_K-Pop_Idol_Ambassador_Brand_And_Company_Brand_Image_On_Purchase_Decisions_On_The_Marketplace_Shopee/links/63bc2a0bc3c99660ebdf45be/The-Effect-Of-Using-The-K-Pop-Idol-Ambassador-Brand-And-Company-Brand-Image-On-Purchase-Decisions-On-The-Marketplace-Shopee.pdf.

Larasati, T. A., Amalia, N. R., & Mawardani, M. (2022). Pengaruh Idol Kpop Sebagai Brand Ambassador, Brand Image Dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Mie Lemonilo. SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 403–413. https://doi.org/10.26623/slsi.v20i4.6069.

Lubis, M. R. R., & Kartikasari, D. (2019). Analisis Perilaku Konsumen Yang Mempengaruhi Pemilihan Tempat Wisata Pantai Dendang Melayu Batam. Journal of Business Administration, 3(1), 22–28. https://doi.org/10.30871/jaba.v3i1.1286.

Mahanani, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.Com. Jurnal EMBA, 2(2). http://repository.upi-yai.ac.id/1922/.

Maulida, C. N., & Kamila, A. D. (2021). Pengaruh K-pop Brand Ambassador Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Pengguna Shopee). Kinesik, 8(2), 137–145. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.154.

Mirela, T., & Santosa, S. (2022). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 44–54. https://scholar.archive.org/work/edbsj4bldjhjxhrzbimqyi6wp4/access/wayback/https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jmpi/article/download/13981/pdf.

Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., & Rahmaji, F. (2020). Dampak Konsumerisme Budaya Korea ( Kpop ) Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Jurnal Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, 21(1), 78–88. https://doi.org/10.23917/humaniora.v21i1.8085

Nugraha, Y. E. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Pada Unit Usaha Pariwisata di Kawasan Pesisir Kota Kupang. Jurnal Industri Pariwisata, 3(2), 134–149. http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/411.

Nugroho, R. W., Insani, S. F., & Cahyaningrum, B. N. (2020). Pengaruh Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Ekuitas Merek Nike Di Media Sosial Pada Kalangan Konsumen Muda. Journal Of Business, Finance, and Economics (JBFE), 1(1). https://doi.org/10.32585/.v1i1.723.

Ongkowijoyo, Y. S. P. (2021). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Mengelola Kepemimpinan Millenial Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan Yang Didukung Oleh Teknologi Modern. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(6), 1023–1039. http://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/.

Pramadya, T. P., & Oktaviani, J. (2016). Hallyu (Korean Wave) as Part of South Korea’s Cultural Diplomacy and Its Impact on Cultural Hybridity in Indonesia. Jurnal Dinamika Global, 1(1), 87–116. https://doi.org/10.36859/jdg.v1i01.16.

Pratama, N. W. A. (2022). Strategi Kampanye Komersial Mcdonald’s dalam Kemasan BTS Meal. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 10(1), 38–51. https://doi.org/https://doi.org/10.36806/.v10i1.143.

Rinata, A. R., & Dewi, S. I. (2019). Fanatisme Penggemar Kpop Dalam Bermedia Sosial di Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 13–23. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1365671&val=1308&title=fanatisme penggemar kpop dalam bermedia sosial di instagram.

Roslina. (2010). Citra Merek: Dimensi, Proses Pemngembangan Serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(3), 333–346. http://ejournal.fekon-unima.ac.id/index.php/JAK/article/view/3104.

Samsiana, S., Herlawati, Nidaul Khasanah, F., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., Irwan Raharja, Maimunah, & Benrahman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1.255.

Septiningrum, L. D. (2021). Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Food and Beverage Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas SAM Ratulangi, 8(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/view/32638.

Sukiarti, S., Hasiholan, L. B., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Citra Merek, Sikap Merek, Kesadaran Merek Dan Kualitas Merek Terhadap Ekuitas Merek, Hand & Body Lotion Vaseline (Studi Kasus Di Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang). Journal of Management, 2(2). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/519/0.

Supranto, & Limakrisna, N. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Mitra Wacana Media.

Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147–1156. http://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/954.

Syafirah, Mananeke, L., & Rotinsulu, J. J. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 245–255. https://doi.org/10.35794/emba.5.2.2017.15551.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663.

Tjahjaningsih, E., & Yuliani, M. (2009). Analisis kualitas produk dan citra merek dalam mempengaruhi keputusan pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas merek HP Nokia. Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 6(2). https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe5/article/view/2074.

Ulum, M. B. (2021). Law in Changing Societies: Spectra of the COVID-19 and Industrial Economy Issues. Indonesian Journal of Law and Society, 2(1). https://doi.org/10.19184/ijls.v2i1.23616.

Downloads

Published

2023-07-02

Issue

Section

Articles