Motivasi Karir, Motivasi Sosial, Biaya Pendidikan dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi

Authors

  • Christian Silvester Saut Harun Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
  • I Made Karya Utama Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.64982

Keywords:

Motivasi, Minat, Biaya, Pendidikan Profesi Akuntansi

Abstract

Indonesia yang telah mengikuti perjanjian Asean Economic Community (AEC) pada tahun 2016 membuat negara-negara di kawasan ASEAN membuat aturan single market. Salah satu permasalahan akibat adanya AEC adalah terancamnya profesi Akuntan Publik di Indonesia. Tenaga akuntan di Indonesia masih sangat kurang, sedangkan kebutuhan akan akuntan yang professional sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi karir, motivasi sosial, dan biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa sarjana akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Penelitian ini menggunakan desain penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk asosiatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi program S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana angkatan 2019 yang berjumlah 255 mahasiswa aktif yang terdaftar di SIMAK. Penentuan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil peneitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen yang meliputi motivasi karir, motivasi sosial dan biaya pendidikan berpengaruh secara bersama-sama pada minat mahasiswa sarjana akuntansi mengikuti PPAk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi karir, motivasi sosial, dan biaya pendidikan berpengaruh positif pada minat mahasiswa sarjana akuntansi mengikuti PPAk. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa lembaga pendidikan dan regulator perlu memperhatikan faktor-faktor ini dalam merancang program PPAk yang lebih efektif dan menarik bagi calon akuntan profesional di masa depan.

References

Abidin, A. Z., & Ervanto, A. D. (2015). Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti ujian certified public accountant (CPA). Journal of Auditing, Finance, and Forensic Accounting, 3(1), 55–68. https://doi.org/10.21107/jaffa.v3i1.957.

Afiyatin, I. F., & Istikhoroh, S. (2021). Analisis Faktor Motivasi Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Studi Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(1), 13–23. https://doi.org/10.36456/jsbr.v2i1.3375.

Aji, M. S., Rispantyo, R., & Kristianto, D. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Survei pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 15(4). https://doi.org/10.33061/jasti.v15i4.3738.

Ali, F., & Syafzah, K. (2023). Analysis Of Factors Influencing Accounting Students’ Perception Of Student Interest In Become Public Accountants. Realible Accounting Journal, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.36352/raj.v3i1.530.

Alimah, N., & Agustina, L. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan (PPA). Accounting Analysis Journal, 3(1). https://doi.org/10.15294/aaj.v3i1.4195.

Ana, M. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 205–215. https://doi.org/10.51903/kompak.v15i1.641.

Andoko, C. Y. (2015). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 12(2). https://doi.org/10.31316/akmenika.v12i2.1244.

Banuri, S., & Keefer, P. (2016). Pro-social motivation, effort and the call to public service. European Economic Review, 83, 139–164. https://doi.org/10.1016/j.euroecorev.2015.10.011.

Budiandru, B. (2021). Factors Affecting Motivation for Career Selection of Public Accountants. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 204–216. https://doi.org/10.26740/jaj.v12n2.p204-216.

Dwikamajaya, I. M. P., Erawati, N. M. A., Widanaputra, A. A. G. P., & Sujana, I. K. I. K. (2023). Pengaruh Motivasi Karier, Sosial, Persepsi Biaya Pendidikan, dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 6823–6833. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.7198.

Erawati, T., & Iriyanti, R. (2023). Emotional Intelligence and Student Interest to Follow Professional Accounting Education. Jurnal Ilmu Manajemen Profitability, 7(1), 39–50. https://doi.org/10.26618/profitability.v7i1.10239.

Fajarsari, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 30–43. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7001.

Febriyanti, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 6(1), 88–98. https://doi.org/10.30656/jak.v6i1.1036.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hatane, S. E., Setiono, F. J., Setiawan, F. F., Semuel, H., & Mangoting, Y. (2021). Learning environment, students’ attitude and intention to enhance current knowledge in the context of choosing accounting career. Journal of Applied Research in Higher Education, 13(1), 79–97. https://doi.org/10.1108/JARHE-06-2019-0156.

Ika, D. (2021). Analisis Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikut Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Studi Pada perguruan Tinggi Negeri di Medan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 2(2), 112–123. https://doi.org/10.36490/value.v2i2.228.

Kusumastuti, R., & Waluyo, I. (2013). Pengaruh motivasi dan pengetahuan UU No. 5 tahun 2011 tentang akuntan publik terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 1–30. https://doi.org/10.21831/nominal.v2i2.1662.

Laksmi, A. C., & Al Hafis, S. I. (2019). The influence of accounting students’ perception of public accounting profession: A study from Indonesia. Journal of Contemporary Accounting, 1(1), 47–63. https://doi.org/10.20885/jca.vol1.iss1.art5.

McPartlan, P., Rutherford, T., Rodriguez, F., Shaffer, J. F., & Holton, A. (2021). Modality motivation: Selection effects and motivational differences in students who choose to take courses online. The Internet and Higher Education, 49. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2021.100793.

Ng, Y. H., Lai, S. P., Su, Z. P., Yap, J. Y., Teoh, H. Q., & Lee, H. (2017). Factors influencing accounting students’ career paths. Journal of Management Development, 36(3), 319–329. https://doi.org/10.1108/JMD-11-2015-0169.

Ningsih, R. P., Agustin, H. P., & Rachmawati, L. (2023). Factors That Influence Student Interest in Attending Accounting Professional Education (PPAk). TGO Journal of Education, Science and Technology, 1(1), 110–121. https://doi.org/10.56070/tgojest.v1i1.27.

Rahayu, A. A., Erawati, T., & Primastiwi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan, Motivasi Karir, Motivasi Kualitas, Motivasi Sosial, Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Program Brevet Pajak. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 4(2), 240–264. https://doi.org/10.26618/jrp.v4i2.6324.g4071.

Saputra, R., & Kustina, K. T. (2019). Minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi penilai ditinjau dari motivasi sosial, motivasi karir dan motivasi ekonomi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.2146.

Selfiana, C., & Rochayatun, S. (2021). Motivasi Pengaruh Orang Tua, Karir, Sosial, dan Ekonomi terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk. Journal of Public and Business Accounting, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.31328/jopba.v2i1.141.

Septiani, D., & Ferdiansyah, F. (2022). Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Ekonomi dan Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk. LIABILITIES (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 5(2), 23–29. https://doi.org/10.30596/liabilities.v5i2.11399.

Sriantari, N. K., Sulindawati, N. L. G. E., Ak, S. E., & Dewi, P. E. D. M. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14603.

Suprianto, E., & Nikmahi, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi Ditinjau dari Gender Dan Status Akreditasi Program Studi. Jurnal Akuntansi Indonesia, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.30659/jai.2.1.17-25.

Surifah, S., Mustiati, E., Syaifullah, M. Z., & Bowo, A. N. A. (2016). Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa mengikuti pendidikan profesi akuntansi. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(2), 246–258. https://doi.org/10.21831/jk.v46i2.9615.

Susanti, M., Dewi, S. P., & Sufiyati, S. (2019). Factors Affecting The Selection Of Student Career As A Public Accountant. Jurnal Akuntansi, 23(2), 269–284. https://doi.org/10.24912/ja.v23i2.588.

Yadnyana, I. K., & Dewi, N. L. P. T. (2020). What Determines Interest in Becoming a Student of Professional Accounting? The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(10), 1119–112. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no10.1119.

Downloads

Published

2023-10-05

Issue

Section

Articles