E-LKPD Interaktif Berbasis Model Example Non Example Muatan IPAS Materi Norma Dalam Adat Istiadat Daerahku

Authors

  • Komang Sujara Dewi Undiksha
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

E-LKPD, Example Non Example, IPAS

Abstract

Minimnya pemanfaatan perangkat pembelajaran digital kususnya pada muatan IPAS meyebabkan siswa mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD interaktif berbasis model example non example pada muatan pelajaran IPAS materi norma dalam adat istiadat daerahku kelas IV SD. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli bahasa, serta 37 siswa kelas IV SD. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner, dan tes objektif tipe pilihan ganda. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ahli materi pembelajaran memperoleh hasil 90% (sangat baik), ahli desain pembelajaran 97,50% (sangat baik), ahli media pembelajaran 95% (sangat baik), ahli bahasa 97,50% (sangat baik), uji peorangan 94,17% (sangat baik), dan uji kelompok kecil 93,67% (sangat baik), serta hasil uji efektivitas produk menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menerapkan E-LKPD interaktif berbasis model example non example. Disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis model example non example layak dan efektif diterapkan pada muatan pelajaran IPAS.

References

Agastya, D. N. K. & Sujana, I. W. (2023). Learning Video Media in Natural and Social Science Subjects for Fourth-Grade Elementary School. Jurnal Edutech Undiksha, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.23887/jeu.v11i1.54601.

Agung, A. A. G. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3 662.

Andrajati, N. H., Anis, M. B., & Mahmudi, A. (2020). Development of Online Thematic Teaching Materials Based on Higher Order Thinking Skills (HOTS) Subtheme Wealth of Energy Sources in Indonesia. Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(2), 152–161. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v2i2.3427.

Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236.

Arsa, G. Y. M. P. & Agustiana, I. G. A. T. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813.

Asih, L. P. A. M. & Wiyasa, I. K. N. (2023). The Influence of the Mind Mapping Assisted PBL Model on the Critical Thinking Ability of Fifth Grade Elementary School Students. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(2), 330–340. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i2.61899.

Astra, I. M., Raihanat, & Mujayanah, N. (2020). Development of Electronic Module Using Creative Problem-Solving Model Equipped with Hots Problems on The Kinetic Theory of Gases Material. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 181–194. https://doi.org/10.21009/1.06205.

Bancin, I. K., Mudjiran, & Rusdinal. (2019). Development of Guidance and Counseling Module on Self-Regulation of Students in Social Relations. Journal of Counseling and Educational Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.32698/0341.

Cholifah, S. N. & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3280.

Costadena, M. P. & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp. v6i2.45848.

Dewi, N. P. D. M. & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350.

Dewi, N. K. A. M. A. & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348.

Erlina, I., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2022). E-Student Worksheets Teaching Materials Based on Live Worksheets on Science Learning for Fifth Grade Elementary School Students. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 326–333. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i3.52863.

Farid, A. & Sudarma, I. K. (2022). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kelompok Melalui LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 126–134. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.42138.

Isma, N. D., Astawan, I. G., & Trisna, D. A. P. S. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Solving Learning Materi Gaya Muatan IPA pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 5398–5412. https://doi:10.36989/didaktik.v9i2.1099.

Jannah, I. K. & Suciptaningsih, O. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Kurikulum Merdeka Muatan IPAS. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 6164–6172. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id.

Junia, N. M. I. & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 130–139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243.

Indrawan, I. K. O. & Yudiana, K. (2022). Types of Force and Their Utilization: Guided Inquiry-Based Interactive E-LKPD for Fourth Grade Elementary School Students. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 376–385. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47364.

Lestiawan, F. & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi.

Listiani, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Bagi Siswa Kelas VI SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 76–82. https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Nabela, N. W. & Bayu, G. W. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Flip Book Berbasis Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 342–352. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.48605.

Nurafifah, S. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Example Non Examples pada Siswa Kelas IV SDN Setu 01 Pagi Jakarta. Jurnal Analisis Pendidikan Sosial, 1(2), 73–80. https://journal.sintesia.id/index.php/japs/article/view/22.

Nurani, M. C. & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Literasi Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Geluran 3 Taman Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 431–441. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/45821.

Pradiptha, I. P. A. & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 27–35. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32788.

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614. https://mail.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3817/2551.

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777.

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116.

Purnawati, W., Maison, & Haryanto. (2020). E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 126–133. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.665.

Puspita, V. & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.

Putri, V. M. & Amini, R. (2023). Integrated Thematic E-LKPD with RADEC- Based Neapod in Grade V Elementary School. International Journal of Elementary Education, 7(2), 204–211. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i2.61224.

Rahayu, S., Ladamay, I., Wiyono, B. B., Susanti, R. H., & Purwito, N. R. (2021). Electronics Student Worksheet Based on Higher Order Thinking Skills for Grade IV Elementary School. International Journal of Elementary Education, 5(3), 453–460. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.36518.

Rahmiati, Saputra, I., & Oktarina, R. (2023). Interactive Electronic Module: Is it Beneficial for Learning?. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(2), 209–218. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i2.60477.

Ramadanti, A. R. & Bektiningsih, K. (2023). Flipbook-Based Digital Comic Learning Media in Science Content to Improve Student Learning Outcomes. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(3), 506–515. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.68053.

Rohman, F., Santi, T., Alamin, Pramudiyanti, Syahnia, S. M., & Yuninda, D. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.62991.

Sari, D. N. I., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(3), 3699–3712. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2691.

Sariani, L. D. & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 164–173. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46561.

Sembiring, S. B., Tanjung, D. S., & Panjaitan, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4075–4082. https://doi.org/10. 31004/EDUKATIF.V3I6.1399.

Subakti, P. D., Marzal, J., & Effendi, M. H. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.629.

Suryani, E., Rustono, W. S., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7229.

Tegeh, I. M. & I. G. W. Sudatha. 2019. Model-Model Desain Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Utami, N. K. A. A. & Suniasih, N. W. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Mind Mapping Materi Sistem Pencernaan IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 47–56. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58677.

Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasisi Kemampuan Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–312. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476.

Wati, N. W. R. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IA SD Negeri 6 Tianyar Barat. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(1), 66-76. https://doi.org/10.51878/action.v3i1.2002.

Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59281.

Published

2024-03-14

Issue

Section

Articles