Dukungan Sosial dan Academic Burnout pada Mahasiswa UKSW yang Sedang Menyusun Tugas Akhir
Keywords:
Dukungan Sosial, Academic Burnout, MahasiswaAbstract
Skripsi merupakan salah satu syarat sebuah kelulusan program sarjana. Hambatan dalam penyusunannya diantaranya malas, tidak yakin dengan kemampuan, tidak memiliki motivasi sehingga mahasiswa mengalami academic burnout. Dampak academic burnout menyebabkan skripsi tidak terselesaikan tepat waktu. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah dukungan sosial. Permasalahan penelitian ini adakah hubungan dukungan sosial dengan academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir. Tujuan penelitian yaitu untuk menentukan hubungan dukungan sosial dengan academic burnout pada mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana yang sedang mengerjakan tugas akhir. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian di mulai tanggal 7 Mei sampai 7 Juni 2023. Populasi penelitian ini mahasiswa di Universitas Kristen Satya Wacana yang sedang dalam tahap proses pengerjaan skripsi dengan sampel sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik convinience sampling. Instrumen variabel Academic burnout diukur menggunakan skala SBI dan dukungan sosial diukur dengan menggunakan skala MSPSS. Data di analisis menggunakan uji spearman rho yang dioleh dengan program SPSS. Hasil pengujian hubungan dukungan sosial dengan academic burnout menggunakan uji Rank Spearman diperoleh koefisien korelasi (rs) sebesar -0,742 dan nilai sign sebesar 0,000 < 0,05 (α) yang berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan dukungan sosial dengan academic burnout pada mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana yang sedang mengerjakan tugas akhir.
References
Adit, Albertus, (2020). Begini Tugas Siswa Solo Belajar di Rumah 2 Minggu. Kompas.com. Diakses 30 November 2023 dari: https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/16/091404071/begini-tugas-siswasolo-belajar-di-rumah-2-minggu?page=all.
Agustin, L. (2022). Hubungan dukungan orang tua dengan kejenuhan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palembang. Skripsi program studi bimbingan dan konseling.
Anggraini, A.W., & Nono, H.Y. (2021). Pengaruh Academic Self-efficacy terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), Vol. 1(1), 112-119. Diakses 30 November 2023 dari: https://www.researchgate.net/publication/353216506_Pengaruh_Academic_Self_Efficacy_Terhadap_Academic_Burnout_Pada_Mahasiswa_Yang_Sedang_Mengerjakan_Skripsi
Arlinkasari & Akmal, (2017). Hubunganantara School Engagement, Academic Selfefficacy Dan Academic Burnout pada Mahasiswa, Humanitas. Jurnal Psikologi Vol. 1, No. 2, Hal. 81-102. Diakses 30 November 2023 dari: https://journal.maranatha.edu/index.php/humanitas/article/view/418.
Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Jurnal psikologi undip, 13 (69–81). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/download/8339/6870
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi 2. Pustaka Belajar (II). Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi (III). Pustaka Pelajar.
Cutrona, C. E., Cole, V., Colangelo, N., Assouline, S. G., & Russell, D. W. (1994). Perceived parental social support and academic achievement: an attachment theory perspective. Journal of personality and social psychology, 66(2), 369–378. https://doi.org/10.1037/0022-3514.66.2.369
Fadilah, 2022. Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Academic Burnout pada Mahasiswa Rantau Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. diakses 30 November 2023 dari: http://etheses.uin-malang.ac.id/37313/
Fun, L. F., Kartikawati, I. A. N., Imelia, L., & Silvia, F. (2021). Peran bentuk social support terhadap academic burnout pada mahasiswa psikologi di universitas “X” di Bandung. Mediapsi, 7(1), 17–26. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.01.3
Gold, Y., & Roth, R. A. (1993). Teachers managing stress and preventing burnout: the professional health solution. The Falmer Press. https://books.google.co.id/books?id=lhBy4TLt1nMC&lpg=PR7&ots=PNoKSvFgQk&dq=Gold%252CY%2526Roth%252C%253s.&lr&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q&f=fal
Hanif Hidayatullah. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan academic burnout pada tenaga kesehatan di rumah sakit umum daerah meuraxa. March, 1–19.
Khairani, Y., & Ifdill. (2015). Konsep burnout pada mahasiswa bimbingan dan konseling. 4(4), 208–214.
Khusumawati, Z. E., & Christiana, E. (2014). Penerapan kombinasi antara relaksasi dan self-intruction untuk mengurangi kejenuhan belajar. Jurnal bk unesa, 5(1), 1–10.
Kim, B., Jee, S., Lee, J., An, S., & Lee, S. M. (2018). Relationships between social support and student burnout: a meta-analytic approach. 34(1), 127–134. https://doi.org/10.1002/smi.2771
Kintama, Diyas dan Leni, (2021). Bimbingan Skripsi Daring Selama Pademi COVID-19 pada Mahasiswa PGSD UWKS : Hambatan dan Solusi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.3 No.1 Hal 57-71. Diakses 30 November 2023 dari: https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/928.
Kusumiati, R. Y. E., & Huwae, A. (2021). Neuroticism trait personality, social support, dan resiliensi akademik mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi, 14(1), 38–51. https://doi.org/10.35760/psi.2021.v14i1.3684
Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job burnout. Annu. Rev. Psychol. Encyclopedia of mental health: second edition, 397–422. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-397045-9.00149-X
Niedobylski, S., Michta, K., Wachoł, K., Niedziałek, K., & Łopuszańska, U. (2022). Academic burnout , self-esteem , coping with stress and gratitude among polish medical students – a cross sectional study. 23(4). https://doi.org/10.2478/cpp-2022-0023
Nuramaliah. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dan efikasi diri dengan kejenuhan belajar matematika pada siswa kelas xi di sma negeri 3 semarang. Skripsi bimbingan dan konseling unnes.
Pratiwi, (2013). Analisis Faktor Penghambat Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 25495801. Jurnal Pendidikan Dasar (JPD) Vol. 10, No. 1, Hal. 1-12. Diakses 30 November 2023 dari: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/11272
Rahman, D. H. (2020). Validasi school burnout inventory versi bahasa indonesia. Jurnal penelitian ilmu pendidikan, 13(2), 85–93. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.32579
Rahmasari, F. (2016). Hubungan dukungan sosial dengan burnout belajar pada siswa kelas xi di sma negeri 4 yogyakarta. Artikel E-Journal.
Rahmati, Z. (2015). The study of academic burnout in students with high and low level of self-efficacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 49–55. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.087
Redityani, N. L. P., & Susilawati, L. K. P. A. (2021). Peran resiliensi dan dukungan sosial terhadap burnout pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal psikologi udayana, 8(1), 86–94. https://doi.org/10.24843/JPU.2021.v08.i01.p09
Salmela-Aro, K., Kiuru, N., Leskinen, E., & Nurmi, J. E. (2009). School burnout inventory (SBI) reliability and validity. European Journal of Psychological Assessment, 25(1), 48–57. https://doi.org/10.1027/1015-5759.25.1.48
Salmela-Aro, K., Savolainen, H., & Holopainen, L. (2009). Depressive symptoms and school burnout during adolescence : evidence from two cross-lagged longitudinal studies. J Youth Adolescence, 1316–1327. https://doi.org/10.1007/s10964-008-9334-3
Santrock, (2018). Adolescence : Psikologi Remaja. Jakarta: Erlangga
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health pschology biopssycholsocial interaction (Seventh Ed). John Wiley & Sons. Inc. https://nibmehub.com/opac-service/pdf/read/Health Psychology Biopsychosocial Interactions- Sarafino- E.P. 7ed.pdf
Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university students a cross-national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481. https://doi.org/10.1177/0022022102033005003
Soekanto, A., & Rianti, E. D. D. (2021). Analisis tingkat kelelahan mahasiswa dalam pembelajaran daring di era pandemik covid-19 tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 10(2), 154. https://doi.org/10.30742/jikw.v10i2.1446
Suárez-Colorado, Y., Caballero-Domínguez, C., Palacio-Sañudo, J., & Abello-Llanos, R. (2019). The academic burnout, engagement, and mental health chages during a school semester. Duazary, 1(16), 25–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21676/2389783X.2530
Sutoyo, D., Kadarsah, R. K., & Fuadi, I. (2018). Sindrom burnout pada peserta program pendidikan dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif fakultas kedokteran universitas padjadjaran. Jurnal Anestesi Perioperatif, 6(3), 153–161. https://doi.org/10.15851/jap.v6n3.1360
Trimulatsih, (2022). Dukungan Sosial terhadap Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi Saat Pandemi. Psychology Journal of Mental Health Volume 4, Nomor 1, Hal 36-47, diakses 30 November 2023 dari: http://pjmh.ejournal.unsri.ac.id/
Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Jurnal Pendidikan, 1(1), 14–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4707
Wang, Lina, & Huang, Ruying (2014). Englis Teaching Platform Based on Online Education Technology and Master’s Program Technology. iJET, 14, 154-164. Diakses 30 November 2023 dari: https://online-journals.org/index.php/i-jet/article/view/11150
Yang, H. J. (2004). Factors affecting student burnout and academic achievement in multiple enrollment programs in Taiwan’s technical-vocational colleges. International journal of educational development, 24(3), 283–301. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2003.12.001
Ye, Y., Huang, X., & Liu, Y. (2021). Social support and academic burnout among university students: a moderated mediation model. Psychology research and behavior management, 14, 335–344. https://doi.org/10.2147/PRBM.S300797
Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1998). The multidimensional scale of perceived social support the multidimensional scale of perceived social support. Journal Of Personality Assessment, 1(52), 30–41. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Christina Primer Diningtyas Yosalia, Christiana Hari Soetjiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)