Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share Berbantuan Media Kartu Bergambar: Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS

Authors

  • Ni Gusti Ayu Mahayuniari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Model SSCS, Kartu Bergambar, IPAS

Abstract

Siswa kurang paham mengenai konsep pembelajaran IPAS dikarenakan guru cenderung menggunakan metode ceramah dan berpusat pada guru selama proses pembelajaran. Aktivitas pembelajaran monoton dan kurang menarik karena model pembelajaran dan media pembelajaran kurang bervariasi sehingga belum mengacu pada karakteristik kurikulum merdeka yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SSCS berbantuan media Kartu Bergambar terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV sebanyak 212 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (analisis kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa skor rata-rata post-test kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelompok eksperimen yaitu 82% berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelompok kontrol yaitu 62,1% berada pada kategori rendah. Hasil analisis uji Anakova diperoleh Fhitung (20,064) lebih besar daripada Ftabel (4,010) pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 56. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share berbantuan Media Kartu Bergambar berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD.

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Ali, M. M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–120. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27

Amini, N. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. 09(02), 119–129.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Dinda Sartika, A., Ayu Cindika, P., Salsa Bella, B., Indah Anggraini, L., Wulandari, P., & Indayana, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPAS SD/MI. Journey: Journal of Development and Reseacrh in Education, 2(2), 51–65.

Erlistiani, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161–168. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.161-168

Hamdi, M. M. (2020). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1).

Heryanti, Y. Y., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Makna Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Relevansinya Bagi Perkembangan Siswa di sekolah Dasar : Telaah Kritis Dalam Tinjauan Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1270–1280. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6118

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(2), 54–65. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/53304

Nurdiana Sari, W., Faizin, A., Muria Kudus, U., & Hidayatul Mubtadiin, M. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 2023.

Nurfaizah, Atjo, S. E. P., & Sari, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA Kelas V di UPT SDN No. 72 Bontole Kabupaten Takalar. Pinisi Journal of Education, 72, 1–13.

Oktafiona, T., Kartasasmita, B. G., & Kandaga, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Creative and Share (SSCS) berbantuan Kartu Masalah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmawati, L., Romizah, & Zulhadi. (2023). Peranan Penting Administrasi Kurikulum dalam Pendidikan. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(2). https://doi.org/10.00000/pjpi.v1n22023

Ramadhan, I. (2023). Kurikulum Merdeka : Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 4(4), 1846–1853.

Rosidah, A., & Putri, T. G. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Seminar Nasional Pendidikan, 2, 52–60.

Sabilah, Z. A. (2023). Kelayakan Perubahan Pada Model Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Pendidikan Indonesia. SNHRP: Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, Juli. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/573

Ubaidah, N., & Wijayanti, D. (2020). Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share Bernuansa Islami Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 131–145. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.6842

Warneri. (2023). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang. Journal of Human and Education, 3(3).

Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono. (2023). Subjek dan Objek Evaluasi Pendidikan di Sekolah/Madrasah terhadap Perkembangan Revolusi Industri 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5).

Wigianti, Mudzanatun, & Wardana, M. Y. S. (2021). Keefektifan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SDN Klesem 01 Kandangserang Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Dimensi Pendidikan, 17(2), 37–45.

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Published

2024-03-14

Issue

Section

Articles