Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share Berbantuan Media Kartu Bergambar: Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i3.75760Keywords:
Model SSCS, Kartu Bergambar, IPASAbstract
Siswa kurang paham mengenai konsep pembelajaran IPAS dikarenakan guru cenderung menggunakan metode ceramah dan berpusat pada guru selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran SSCS berbantuan media Kartu Bergambar terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV sebanyak 212 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (analisis kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa skor rata-rata post-test kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelompok eksperimen yaitu 82% berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelompok kontrol yaitu 62,1% berada pada kategori rendah. Hasil analisis uji Anakova diperoleh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share berbantuan Media Kartu Bergambar berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD. Disimpulkan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share berbantuan Media Kartu Bergambar meningkatkan IPAS siswa.
References
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Ali, M. M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–120. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27.
Amini, N. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. 09(02), 119–129.
Aziz, V. A., Mujasam, M., & Sebayang, S. R. B. (2021). The Influence of Search, Solve, Create and Share (SSCS) Learning Model Based on Physical Simple Tools to the Ability of Critical Thinking. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 4(1), 57–69. https://doi.org/10.37891/kpej.v4i1.208.
Barlian, ujang cepi, Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education and Language Research, 1(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026.
Cindika, P. A., Sartika, A. D., Bela, B. S., Anggraini, L. I., Wulandari, P., & Indayana, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipas Sd/Mi. Journal Development and Research in Education, 3(2), 51–65. https://www.ejournal.khairulazzam.org/index.php/journey/article/view/73.
Erlistiani, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161–168. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.161-168.
Hamdi, M. M. (2020). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1).
Heryanti, Y. Y., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Makna Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Relevansinya Bagi Perkembangan Siswa di sekolah Dasar : Telaah Kritis Dalam Tinjauan Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1270–1280. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6118.
Indarta, Y., Nizwardi Jalinus, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.
Maimun, M., & Bahtiar, B. (2022). The effect of search, solve, create, and share (SSCS) learning models assisted multimedia interactive to improve creative thinking ability and student learning outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 1834–1840. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1983.
Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(2), 54–65.
Novita, L., Rostikawati, R. T., & Fitriani, K. A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 04(1), 34–39.
Nurdiana Sari, W., Faizin, A., Muria Kudus, U., & Hidayatul Mubtadiin, M. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 2023. https://doi.org/10.56799/jim.v2i3.1250.
Nurfaizah, Atjo, S. E. P., & Sari, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA Kelas V di UPT SDN No. 72 Bontole Kabupaten Takalar. Pinisi Journal of Education, 72, 1–13.
Oktafiona, T., Kartasasmita, B. G., & Kandaga, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Creative and Share (SSCS) berbantuan Kartu Masalah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.
Putriana, C., & Haqiqi, A. K. (2023). The Effectiveness of the SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Learning Model for Increasing Mathematical Communication Skills and Numeracy Literacy. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 6(2), 199–216. https://doi.org/10.21043/jpmk.v6i2.22484.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.
Rahmawati, L., Romizah, & Zulhadi. (2023). Peranan Penting Administrasi Kurikulum dalam Pendidikan. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(2). https://doi.org/10.00000/pjpi.v1n22023.
Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173–187.
Ramadhan, I. (2023). Kurikulum Merdeka : Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 4(4), 1846–1853.
Ratnasari, T., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Media Kartu Sebagai Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di TKQ Tamrinusshibyan. … Guru Pendidikan Agama Islam, 270–275.
Rosidah, A., & Putri, T. G. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Seminar Nasional Pendidikan, 2, 52–60.
Sabilah, Z. A. (2023). Kelayakan Perubahan Pada Model Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Pendidikan Indonesia. SNHRP: Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, Juli.
Ubaidah, N., & Wijayanti, D. (2020). Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share Bernuansa Islami Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 131–145. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.6842.
Ulya, F., Masturi, M., & Partaya, P. (2023). The Development of Science Learning Tools with the SSCS Model Integrated with Islamic Values to Improve Critical Thinking Skills. Journal of Innovative Science Education, 12(2), 208–214. https://doi.org/10.15294/jise.v12i2.71962.
Warneri. (2023). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang. Journal of Human and Education, 3(3).
Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono. (2023). Subjek dan Objek Evaluasi Pendidikan di Sekolah/Madrasah terhadap Perkembangan Revolusi Industri 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5).
Wigianti, Mudzanatun, & Wardana, M. Y. S. (2021). Keefektifan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SDN Klesem 01 Kandangserang Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Dimensi Pendidikan, 17(2), 37–45.
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.
Wulan, T. A., & Antika, R. N. (2021). Development Module Based Search, Solve Create and Share (SSCS) to Train Critical Thinking Ability in Body Defense System Material. Journal of Biology Education, 10(1), 31–41. https://doi.org/10.15294/jbe.v10i1.39755.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Gusti Ayu Mahayuniari, Ida Bagus Gede Surya Abadi, Ni Wayan Suniasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)