Buku Interaktif Digital Media Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Baca Tulis Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • Irfa Khuril Maula Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.77962

Keywords:

Buku, Interaktif, Literasi baca tulis

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi baca tulis siswa khususnya bagi siswa kelas 1 SD menjadi salah satu permasalahan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Salah satu faktor dari permasalahan tersebut adalah keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran literasi baca tulis berbasis digital yang interaktif sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa buku interaktif digital literasi baca tulis pada materi pengenalan huruf abjad untuk kelas 1 SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. dengan subjek penelitian sebanyak 2 ahli materi, bahasa, media, guru dan 20 siswa kelas 1 SD. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji ahli materi diperoleh skor 96,25% dengan kualifikasi sangat baik, ahli bahasa 97,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media 90% dengan kualifikasi sangat baik, serta hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa diperoleh 98% dengan kualifikasi sangat baik. Media ini dinyatakan efektif dengan nilai signifikan 0,00 lebih kecil 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, buku interaktif digital literasi baca tulis dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas 1 SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi baca tulis.

References

Adnyana, I. M., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Digital Phonics Literacy Media to Support the Initial Reading Skills of First-Grade Students in Multicultural Bilingual Schools. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.23887/jpmu.v6i1.58838.

Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885–1896. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.356.

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594.

Arifin, F., Fadilah, Z., & Widiyanto, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 98. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i2.3873.

Basuki, Purwanto, J., Jatmoko, D., Widiyono, Y., & Murhadi. (2022). Literasi Digital Dan Penyusunan Buku Ajar Berbasis Teknologi Bagi Guru Smp Muhammadiyah Jono. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 865–868. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4878.

Dewi, W. S., Karma, I. N., & Oktaviyanti, I. (2022). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Literasi Baca Tulis di SDN 30 Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2165–2172. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.931.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Estheriani, N. G. N., & Muhid, A. (2020). Pengembangan Kreativitas Berpikir Siswa Di Era Industri 4.0 Melalui Perangkat Pembelajaran Dengan Media Augmented Reality. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 118. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.1206.

Fachrurrozi, F., Utami, N. C. M., & Aldian, R. (2021). Pengembangan Buku Audio Digital Sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 17–31. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p17-31.

Fahmi, J. N., & Rochmiyati, S. (2024). Pengaruh Jurnal Membaca Digital terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 71–77. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.745.

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306.

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060.

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.

Kartiko, I., & Mampouw, H. L. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Android pada Materi Perbandingan Berbalik Nilai. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1700–1710. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.695.

Luh Lista Santi Widiani, Putu Nanci Riastini, & Dewa Gede Firstia Wirabrata. (2022). Aplikasi Android Belajar Membaca (KEJARBACA): Minat Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 483–491. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52568.

Maziyah, A., & Anjar, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Outdoor Education untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA/MA pada Materi Ekosistem. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (p. 2 No 1). https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1520.

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 30. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464.

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435.

Pradani, Y. F., & Aziza, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook Bagi Mahasiswa Teknik Mesin. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(2), 1–10. https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5161.

Puteri, A., Ferdiansyah, M., & Murjainah, M. (2022). Media Komik Proklamasi untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.41070.

Putri, D. P. S., & Wiarta, I. W. (2023). E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sejarah Kerajaan di Nusantara pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 502–513. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57747.

Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Materi Logika dan Algoritma Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367.

Rahmawati, E. (2022). Konsep Pembelajaran Menyenangkan bagi Siswa Kelas Bawah Tingkat Sekolah Dasar. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 171–178. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.568

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524.

Sari, I. S., Lestari, S. R., & Sari, M. S. (2020). Development of A Guided Inquiry-Based E-module on Respiratory System Content Based on Research Results of the Potential Single Garlic Extract (Allium sativum) to Improve Student Creative Thinking Skills and Cognitive Learning Outcome. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 228–240. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.17065.

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138.

Sembiring, S. B., Agung, A. A. G., & Antara, P. A. (2021). Media Audio Visual dengan Tema Lingkunganku Terhadap Keterampilan Berbicara Anak di Depan Umum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 371. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40134.

Setiawan, D. A., Wahjoedi, W., & Towaf, S. M. (2018). Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 3(9). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11532.

Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2019). Puisi Berbasis Hasil Karya Gambar: Upaya Penguatan Literasi Siswa SD Kelas Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 50–60. https://doi.org/10.33366/ilg.v2i1.1559.

Setiawan, I. M. D., Putra, R. P., & Sugiartawan, P. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Klasifikasi Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(3), 413–421. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.55129.

Siregar, S. M., Utomo, B., & Marlina, L. (2020). Perancangan Buku Interaktif untuk Memperkenalkan Ragam Profesi Sebagai Sarana Pengembangan Minat Pelajar Usia Dini. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 828–834. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.881.

Siskawati, Y., & Ramadan, Z. H. (2022). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 507–519. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1745.

Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195.

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243.

Tambunan, H. P., Sitohang, R., & Nasution, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Pada Mata Pelajaran IPS Kelas Rendah. Jurnal Guru Kita, 6(1). https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.32423.

Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521.

Yesli Ivana Seran, H. A. . L., & Ali, U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi Pada Sekolah Penggerak Di Sd Gmit Airnona 1 Kota Kupang. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(1), 571–528. https://doi.org/10.1080/10137548.2010.9687916.

Yuliana, Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13875.

Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053.

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles