Model Student Facilitator and Explaining (SFE) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.78386Keywords:
Model Pembelajaran SFE, Hasil Belajar, IPAAbstract
Siswa yang kurang memahami konsep IPA secara ilmiah disebabkan karena kurangnya media pembelajaran dan model pembelajaran yang kurang inovatif diterapkan oleh guru dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 111 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 51 siswa yang terdiri dari 26 siswa dari kelompok eksperimen dan 25 siswa dari kelompok kontrol. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan metode tes objektif menggunakan pilihan ganda. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar soal tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV sekolah dasar. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa.
References
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053.
Astuti, A. (2019). Metode Diskusi Dengan Pendekatan Science,Environment, Technology, Society dan Media Question Card. Unnes Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/USEJ.V1I2.872.
Astuti, A. P., Aziz, A., Sumarti, S. S., & Bharati, D. A. L. (2019). Preparing 21st Century Teachers: Implementation of 4C Character’s Pre-Service Teacher through Teaching Practice. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 012109. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012109.
Avidasari, T. (2018). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (Sfae) Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Mahkluk Hidup Siswa Kelas Iv Sdn Ngadirejo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Simki Pedagogi, 2(8).
Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14–23. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071.
Bahari, Darsana, & Putra. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488.
Campbell, D. T., & Stanley, J. C. (1963). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. Rand Mc Nally College Publishing Company.
Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Educare, 17(2), 90–97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247.
Fauzan, M. F., Nadhir, L. A., Kustanti, S., Suciani, S., & Kamilah, S. (2022). Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil : Seberapa Efektif kah dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Siswa ? Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1805. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1805-1814.2022.
Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim, D. (2015). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Smp. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 32. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.559.
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325.
Hidayatullah, Z., Wilujeng, I., Nurhasanah, N., Gusemanto, T. G., & Makhrus, M. (2021). Synthesis of the 21st Century Skills (4C) Based Physics Education Research In Indonesia. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 88. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889.
Jayanti, E. D., Aryana, I., & Gunamantha, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau dari Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 55–64. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i2.2681.
Jubaedah, J. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.591.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.
Merina Pratiwi. (2020). Student Tutoring, Facilitator and Explaining Models: A Problem Solving Metacognition towards Learning Achievements of Informatics Students. Journal of Educational Sciences, 4(2), 368–379.
Mulyani, E. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap pemahaman matematik peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v2i1.151.
Nurmayani, N., Syuaib, M. Z., & Jannatin. (2017). Pengaruh Gaya Belajar VAK pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 2 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi), 2(1). https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.283.
Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85.
Prameswari, T., & Anik Lestariningrum. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387.
Prananda, G. (2021). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.181.
Prasedari, L. P. E., Pudjawan, K., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Pramana Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 50–60. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771.
Riadi, F. S., Yahya, R. N., Dewi, S. L., & Prihantini, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Daya Berpikir Kritis Siswa. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.315.
Ruhulessin, S., Ratumanan, T. G., & Tamalene, H. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (Sfe) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss1pp1-6.
Saisabila, A. (2018). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Visual Non Proyeksi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i1.14616.
Sari, Mardhiati, & Khutobah. (2014). Penerapan Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas III dalam Pembelajaran Pkn Tema Lingkungan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(2), 36–39. https://doi.org/10.0324/sigma.v4i2.594.
Suryantari, M. E., Suadnyana, & Nengah. (2021). Pengaruh Model Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773.
Suryantini, N. L. I., & Ardana, I. K. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Video Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA (Vol 1, Number 1). Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27314.
Sutami, N. K. (2018). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14710.
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060.
Wardah, B., & Arifin, M. Z. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa XI IPS 2 SMA Negeri 1 Leuwiiliang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3).
Weda, I. W., Putra, G., Parmiti, D. P., Suwatra, I. I. W., Guru, P., & Dasar, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7166.
Wiradarma, K., Suarni, N., & Renda, N. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212.
Witarsa, F. I. (2017). The effect of cooperative learning with Student Facilitator and Explaining (sfae) model on students’ Willingness to speak up. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1). https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8658.
Yuwandari1, I., & Hariyani, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 164 Pekanbaru. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 2(2). https://doi.org/10.24014/ejpe.v2i2.8040.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Wayan Riska Dewi, Desak Putu Parmiti, Gede Wira Bayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)