Pemanfaatan Media Presentasi Lisan Terhadap Kemampuan Berbicara Mahasiswa Semester I dan II Program Studi MPK
Keywords:
Media Presentasi Lisan, Kemampuan Berbicara, MahasiswaAbstract
Pembelajaran berbicara untuk siswa sering bermasalah, dan sering ragu-ragu ketika diminta berbicara di depan kelas, tidak tahu apa yang akan dikatakan. Itu karena mereka tidak terbiasa berbicara dalam Bahasa Inggris. Penelitian dilakukan untuk menganalisis metode presentasi terhadap kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan kepada 183 mahasiswa yang dijadikan kelas eksperimen dan 10 mahasiswa yang dijadikan kelas kontrol. Data diambil dengan kuesioner dan preetest-posttest serta dianalisis menggunakan SPSS untuk uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian sudah memenuhi kriteria penelitian dengan uji K-S_S-W dengan sig lebih dari 0,05, homogenitas sig. (0,073) lebih dari 0.05 sedangkan hipotesis uji determinasi 95%, uji Serentak(F) sig. 0,00b kurang 0,05, uji Parsial(T) sig 0,000 kurang 0,05, uji Independent Sample Test sig. 0,169 lebih 0,05 dengan Proportions Test dengan sig. 0,001 kurang 0,05, sedangkan menggunakan Descriptive Statistics Skor Gain oleh Arifatun mendapatkan nilai 0,434 dengan katagori Sedang. Dari hasil kuisioner dengan tabel kriteria penilaian pada skor Preetest kelas Eksperimen 89,13 (sangat baik), posttest kelas eksperimen 90,44 (sangat baik), preetest kelas kontrol 57 (cukup), postest kelas kontrol 58 (cukup), peningkatan kelas eksperimen sebesar 1,31 point, kelas kontrol 1 point. Simpulan penelitian yaitu terdapat peningkatan kecakapan berbahasa inggris dengan penerapan Metode Presentasi Ora.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Desak Ketut Meirawati , Made Dharma Susena Suyasa , I Made Yoga Yasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)