Pemanfaatan Media Presentasi Lisan Terhadap Kemampuan Berbicara Mahasiswa Semester I dan II Program Studi MPK

Authors

  • Desak Ketut Meirawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Made Dharma Susena Suyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Yoga Yasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i3.78688

Keywords:

Media Presentasi Lisan, Kemampuan Berbicara, Mahasiswa

Abstract

Pembelajaran berbicara untuk siswa sering bermasalah, dan sering ragu-ragu ketika diminta berbicara di depan kelas, tidak tahu apa yang akan dikatakan. Itu karena mereka tidak terbiasa berbicara dalam Bahasa Inggris. Penelitian  dilakukan untuk menganalisis metode presentasi terhadap kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan kepada 183 mahasiswa yang dijadikan kelas eksperimen dan 10 mahasiswa yang dijadikan kelas kontrol. Data diambil dengan kuesioner dan preetest-posttest serta dianalisis menggunakan SPSS untuk uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian sudah memenuhi kriteria penelitian dengan uji K-S_S-W dengan sig lebih dari 0,05, homogenitas sig. (0,073) lebih dari 0.05 sedangkan hipotesis uji determinasi 95%, uji Serentak(F) sig. 0,00b kurang 0,05, uji Parsial(T) sig 0,000 kurang 0,05, uji Independent Sample Test sig. 0,169 lebih 0,05 dengan Proportions Test dengan sig. 0,001 kurang 0,05, sedangkan menggunakan Descriptive Statistics Skor Gain oleh Arifatun mendapatkan nilai 0,434 dengan katagori Sedang. Dari hasil kuisioner dengan tabel kriteria penilaian pada skor Preetest kelas Eksperimen 89,13 (sangat baik), posttest kelas eksperimen 90,44 (sangat baik), preetest kelas kontrol 57 (cukup), postest kelas kontrol 58 (cukup), peningkatan kelas eksperimen sebesar 1,31 point, kelas kontrol 1 point. Simpulan penelitian yaitu terdapat peningkatan kecakapan berbahasa inggris dengan penerapan Metode Presentasi Ora.

  

References

Agustiadie, N., & Silviana, S. (2022). Analysis of Teacher Pedagogigal Competence In English Teaching Learning Process. Journal Of English Teaching and Linguistics, 3(2), 81 – 86. https://doi.org/10.55616/jetli.v3i2.284.

Aini, M., & Aini, M. (2023). Enhancing Creative Thinking And Communication Skills Through Engineering Design Process (EDP) Learning Model: A Case Study. BIOEDUKASI, 21(1), 21–27. https://doi.org/10.19184/bioedu.v21i1.38022.

Ardiel, V., Sa’danoer, I. M., & Tyas, D. A. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Dan Seni Tari Bagi Remaja Masjid Tahfidz Al Qur’an Nurul Huda Di Nagari Panyalaian. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 1666–1673. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.681.

Astuti, L. P. W., & Wiyasa, K. N. (2020). Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Pop Up Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Mimbar Ilmu, 25(3), 346–357. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25678.

Azizah, S. N., & Masub Bakhtiar, A. (2022). Gaya Belajar Audio Visual Dan Kinestetik Melalui Video Edukasi Terhadap Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 321(2), 321–332. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/218.

Bashori, M., van Hout, R., Strik, H., & Cucchiarini, C. (2021). Effects of ASR-based websites on EFL learners’ vocabulary, speaking anxiety, and language enjoyment. System, 99(July 2021), 102496.1-16. https://doi.org/10.1016/j.system.2021.102496.

Blegur, J., Riwu Rohi, I., Palinata, Y. J., Nope, F. E., Lumba, A. J. F., Mae, R. M., & Rajagukguk, C. P. M. (2023). Presenting with Impact: Training Students’ Oral Presentation Skills. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 965–978. https://doi.org/10.36526/gandrung.v4i2.2736.

Devi Maharani Santika, I. D. A., Mahatma Agung, I. G. A., & Apriliani, K. (2021). Video Pembelajaran untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 342–352. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40865.

Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388.

Dewi, N. R., Astuti, I., & Rahmani, F. A. (2022). Penerapan Desain Pembelajaran Addie E-Learning Materi Bahasa Inggris Pada Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2774–2784. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.3978.

Dini, J. P. A. U. (2022). Urgensi bahasa inggris dikembangkan sejak anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916.

Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 282–294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620.

Fitri, R., & Pransiska, R. (2020). Keunggulan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1120–1131. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.575.

Fitria, D. A. F. A., & Nurafni, N. (2021). Audio Visual Learning Media Based on Microsoft Powerpoint With Materials for Summary and Reduction of Class III Mathematics Courses. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 274–280. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37019.

Fitriani, N., & Sabarniati, S. (2021). Motivational Writing Problems of College Students in English Class. Journal Of English Teaching and Linguistics, 2(2), 84 – 90. https://doi.org/10.55616/jetli.v2i2.144.

Helawati, H. (2022). Implementasi Metode Presentasi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi pada Peserta Didik dalam Pembelajaran. Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.56393/pijar.v2i2.1130.

Kristyowati, D., Widodo, J. S., & Kurniasari, R. W. (2023). The Effect of the Flipped Classroom Model on Improving Student Speaking. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(1). https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.5973.

Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643.

Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134.

Ningsih, Y., Mariyati, N., & Susanti, N. (2023). Student’s Public Speaking Ability Through Presentation Task. Journal of English in Academic and Professional Communication, 9(2), 81–89. https://doi.org/10.25047/jeapco.v9i2.3937.

Nirwana, N., Susanti, E., & Susanto, D. (2021). Pengaruh Penerapan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Infinity Journal, 7(4), 251–258. https://doi.org/10.22460/INFINITY.V2I2.35.

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430.

Ratnasari, T., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Media Kartu Sebagai Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di TKQ Tamrinusshibyan. … Guru Pendidikan Agama Islam, 270–275.

Rusminie, R. (2021). Penerapan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa: Application of the Presentation Method to Increase Student Interest and Learning Outcomes. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 29–36. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2734.

Rusmiyanto, R., Huriati, N., Fitriani, N., Tyas, N. K., Rofi’i, A., & Sari, M. N. (2023). The role of artificial intelligence (AI) in developing English language learner’s communication skills. Journal on Education, 6(1), 750–757. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2990.

Sandilos, L. E., Baroody, A. E., Rimm-Kaufman, S. E., & Merritt, E. G. (2020). English learners’ achievement in mathematics and science: Examining the role of self-efficacy. Journal of School Psychology, 79(February 2020.), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.02.002.

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439–448. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606.

Syahrul, S., & Mansyur, D. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Oral Cummunication Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di SMA Negeri 11 Takalar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 62–69. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.529.

Wijayanti, T., Suhartono, S., & Juhana, J. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Keterampilan Berbicara Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1953–1961. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1048.

Downloads

Published

2024-10-25

Issue

Section

Articles