Pemanfaatan Media Presentasi Lisan Terhadap Kemampuan Berbicara Mahasiswa Semester I dan II Program Studi MPK

Authors

  • Desak Ketut Meirawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Made Dharma Susena Suyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Yoga Yasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Media Presentasi Lisan, Kemampuan Berbicara, Mahasiswa

Abstract

Pembelajaran berbicara untuk siswa sering bermasalah, dan sering ragu-ragu ketika diminta berbicara di depan kelas, tidak tahu apa yang akan dikatakan. Itu karena mereka tidak terbiasa berbicara dalam Bahasa Inggris. Penelitian  dilakukan untuk menganalisis metode presentasi terhadap kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan kepada 183 mahasiswa yang dijadikan kelas eksperimen dan 10 mahasiswa yang dijadikan kelas kontrol. Data diambil dengan kuesioner dan preetest-posttest serta dianalisis menggunakan SPSS untuk uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian sudah memenuhi kriteria penelitian dengan uji K-S_S-W dengan sig lebih dari 0,05, homogenitas sig. (0,073) lebih dari 0.05 sedangkan hipotesis uji determinasi 95%, uji Serentak(F) sig. 0,00b kurang 0,05, uji Parsial(T) sig 0,000 kurang 0,05, uji Independent Sample Test sig. 0,169 lebih 0,05 dengan Proportions Test dengan sig. 0,001 kurang 0,05, sedangkan menggunakan Descriptive Statistics Skor Gain oleh Arifatun mendapatkan nilai 0,434 dengan katagori Sedang. Dari hasil kuisioner dengan tabel kriteria penilaian pada skor Preetest kelas Eksperimen 89,13 (sangat baik), posttest kelas eksperimen 90,44 (sangat baik), preetest kelas kontrol 57 (cukup), postest kelas kontrol 58 (cukup), peningkatan kelas eksperimen sebesar 1,31 point, kelas kontrol 1 point. Simpulan penelitian yaitu terdapat peningkatan kecakapan berbahasa inggris dengan penerapan Metode Presentasi Ora.

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles