Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.79324Keywords:
Model Pembelajaran Collaborative Creativity, E-LKPD, Hasil Belajar IPASAbstract
Masih banyak siswa memiliki hasil belajar IPAS yang rendah. Guru tidak menggunakan media maupun model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi, dimana guru masih menggunakan media buku dalam menjelaskan materi pembelajaran kepada siswa, sehingga siswa tidak memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran dan siswa cenderung cepat bosan. Melihat hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar IPAS kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 61 orang siswa. Sampel penelitian diperoleh secara simple random dengan cara diundi sehingga didapatkan sebanyak 15 orang sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 14 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes objektif hasil belajar IPAS. Hasil analisis menggunakan uji-t mendapat hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara siswa yang menggunakan model Collaborative Creativity (CC) berbantuan E-LKPD. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Collaborative Creativity (CC) berbantuan E-LKPD layak digunakan dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi gambaran terkait penggunaan model pembelajaran Collaborative Creativity Berbantuan Media E-LKPD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.
References
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1).
Arrohman, D. A., Wahyuni, A. L. E., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2022). Implementasi Penggunaan LKPD Pencemaran Air Berbasis STEM dan Model Learning Cycle 6E Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 279–293. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23584.
Arsa Putra, G. Y. M., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813.
Astutik, S., & Wicaksono, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Terhadap Kemampuan Literasi Energi Pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 87–93. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662.
Azmi, D. T. U., Astutik, S., & Subiki, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran (CC) berbasis scaffolding terhadap kemampuan scientific reasoning fisika siswa SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1833–1843. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1833-1843.
Azzahra, I., Nurhasanah, A., & Hermawati, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230–6238. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270.
Barlian, ujang cepi, Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education and Language Research, 1(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026.
Barrett, M. S., Creech, A., & Zhukov, K. (2021). Creative collaboration and collaborative creativity: A systematic literature review. Frontiers in Psychology, 12, 713445. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.713445.
Cindika, P. A., Sartika, A. D., Bela, B. S., Anggraini, L. I., Wulandari, P., & Indayana, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipas Sd/Mi. Journal Development and Research in Education, 3(2), 51–65. https://www.ejournal.khairulazzam.org/index.php/journey/article/view/73.
Della Meyrelda, M., Putri, K. E., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Macam-Macam Gaya Antara Lain: Gaya Otot, Gaya Listrik, Gaya Magnet, Gaya Gravitasi Dan Gaya Gesek Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 36–45. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1400.
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526.
Faiziyah, N., Hanan, N. A., & Azizah, N. N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal berbasis etnomatematika tipe multiple solutions task. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495–506. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.740.
Fauzan, M. A., & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21. Prenada Media.
Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD berbantuan Liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proceeding Umsurabaya, 1(1).
Indrawan, I. K. O., & Yudiana, K. (2022). Types of Force and Their Utilization: Guided Inquiry-Based Interactive E-LKPD for Fourth Grade Elementary School Students. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 376–385. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47364.
Iqbal, M., Anwar, S., Maliki, M., & Sari, R. (2022). Kurikulum dan Pendidikan (Merdeka Belajar Menurut Perspektif Humanism Arthur W Combs). Jurnal Pendidikan, 10(2), 278–285.
Mahmudah, M., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 80–93. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p80-93.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392.
Miell, D., & Littleton, K. (2004). Collaborative creativity: Contemporary perspectives. Free Association Books.
Muzayyanah, A., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pijar MIPA, 15(5), 452–457. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1712.
Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., Nurkamilah, M., Trilesatri, A., & Husen, W. R. (2020). Pengantar pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Edu Publisher.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.
Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen penilaian hasil pembelajaran kognitif pada tes uraian dan tes objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139–148.
Rajendra, I. M., & Sudana, I. M. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Students on Practice Skills in Mechanical Technology. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 012104. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104.
Rizky, P. N., K, D. Y., & Wardana, L. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPAS Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Jati 1 Probolinggo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1324–1338. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9549.
Salsabila, R. T., Rahmi, R., & Delyana, H. (2023). Model Pembelajaran Collaborative Creativity dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 251–264. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1341.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183–190.
Tang, T., Vezzani, V., & Eriksson, V. (2020). Developing critical thinking, collective creativity skills and problem solving through playful design jams. Thinking Skills and Creativity, 37(May 2020), 100696.1-24. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100696.
Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59281.
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Eny Trisnayanthi, I Nyoman Jampel , Ni Wayan Rati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)