Media Pembelajaran Audiovisual Interaktif pada Topik Seni Tari Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.80010Keywords:
Media, Audiovisual, SBDPAbstract
Kurangnya partisipasi serta keaktifan siswa dalam belajar SBDP Seni tari, atau pasif dalam memahami konsep pembelajaran SBDP Seni tari, dilatarbelakangi oleh proses pembelajarn masih berpusat pada guru atau teacher center. Selain itu guru jarang menggunakan media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran SBDP. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audiovisual interaktif pada mata pelajaran SBDP topik seni tari materi gerak dasar tari Bali untuk pemula siswa kelas IV SD. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 orang ahli media, 2 orang ahli tari, 2 orang praktisi, dan 22 siswa uji coba lapangan. Media audiovisual pembelajaran dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik dari para ahli dengan persentase hasil validitas ahli media diperoleh skor 93% kategori sangat baik, hasil validitas ahli tari diperoleh skor 89,5% kategori baik, hasil validitas praktisi diperoleh skor 88,5% kategori baik. Sedangkan uji coba lapangan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran audiovisual interaktif mendapatkan rata-rata nilai minat belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan yaitu 66 sedangkan rata-rata nilai 93 setelah diberikan perlakuan dan mendapatkan nilai signifikansi lebih kecil. Berdasarkan hasil validitas dan efektivitas media pembelajaran audiovisual interaktif pada mata pelajaran SBDP topik seni tari mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam seni tari Bali.
References
Ain, N., Fashokha, N., Rohmah, M., & Sulthoniyah, L. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Tumbuhan Dan Fungsinya. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 7(1). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v7i1.63916
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Angreini, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.199
Anjarsari, E., Donny, D. F., & Abdul, W. A. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084
Aryantini, N. P., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2018). Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 99–110. https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2757
Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56
Dewi, L. N. P. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Belajar Ekosistem dengan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Filmora untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 493. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37138
Faradiningsih, A. R., & Juwariyah, A. (2021). Pengembangan Minat Tari Melalui Ekstrakurikuler Seni Tari Di Smpn 1 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1). https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p15-27
Gae, N. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453
Handayani, N. L. P. A. E., Bayu, G. W., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Media Video Pembelajaran pada Muatan IPA Topik Perubahan Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 420. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39732
Hardjono, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya Materi Gerak Tari sesuai dengan Level dan Pola Lantai dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3(Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1, Maret 2023), 114–121. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v3i1.822
Indriyanti, N., & Azmi, U. (2022). Pengembengan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Podcast Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Islam Al-Falah Jamb. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 6(1). https://doi.org/10.33087/istoria.v6i1.144
Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756
Kristanti, N. N. D., & Sujana, I. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan IPS pada Materi Kenampakan Alam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 202–213. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46908
Melindawati, S., Apfani, S., & Suryani, A. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Konsep Dasar IPS di PGSD STKIP Adzkia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.114255
Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393
Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031
Oktaria, S. D., Destiani, Habibi, R. K., Profitha, N., Nuraini, S., Hermawan, J. S., & Hariyanto. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Audio Visual Bagi Mahasiswa PGSD Universitas Lampung. JPMP: Junal Pengabdian Masyarakat Dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.23960/jpmip.v1i02.85
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. JPSI: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293
Primayana, K. H., Dewi, P. Y. A., & Gunawan, I. G. D. (2020). Pengaruh Project Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Perilaku Belajar Anak Di Paud. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1720
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Puteri, W. A., Maharani, D. A., & Wulandari, A. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Sd N 1 Serayu Larangan. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1). https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3146
Ramadhan, D. A., & Muhroji. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Salsabila, U. H., Sofia, M., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690
Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PAI di Sekolah dan Madrasah. Humakina: Kajian Mata Kuliah Umum, 20(2), 115–128. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i1.882
Sary, D. P., Dewi, G. K., & Erdiana, L. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Dalam Keterampilan Menulis Argumentasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3695
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi I Ketut Surata I Made Sudiana I Gede Sudirgayasa. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079
Sustiawati, N. L., Cerita, I. N., & Suryatini, N. K. (2021). Eksistensi Tari Tradisional Megoak-Goakan sebagai Etnisitas Budaya di Kabupaten Buleleng. Panggung: Jurnal Seni Budaya, 31(4). https://doi.org/10.26742/panggung.v31i4.1854
Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304
Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54
Thesarah, R. H., Subagiyo, L., & Qadar, R. (2021). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis audio-visual dengan aplikasi Powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di SMK Negeri 6 SamarindaPenggunaan media pembelajaran interaktif berbasis audio-visual. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.52434/jkpi.v1i1.1050
Wahyuningsih, I. (2022). Best Practice Pembelajaran Writing Yang Menyenangkan Dengan E-Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sman I Bodeh. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3). https://doi.org/10.51878/edutech.v2i3.1545
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868
Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152–161. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45370
Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 wikantari komang trisna wikantari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)