Media Pembelajaran Kincir Pintar (KINTAR) terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.80040Keywords:
Media pembelajaran, kincir pintar (kintar), keterampilan membaca nyaringAbstract
Permasalahan yang terjadi di sekolah dasar yaitu minat siswa dalam mmebaca masih rendah. Hal ini terlihat dari siswa yang masih takut, ragu-ragu, serta kurang percaya diri dalam membaca nyaring. Melihat hal tersebut perlu adanya inovasi yang mampu meningkatkan minat membaca siswa salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam belajar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran kincir pintar terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas II SD. Rancangan yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 135 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Random Sampling kemudian dilakukan post-test untuk kelas eksperimen yaitu siswa kelas II berjumlah 17 siswa dan kelas berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes unjuk kerja. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan membaca nyaring kelas II SD berupa tes unjuk kerja yang digunakan untuk mengukur aspek psikomotorik sebanyak 1 paragraf cerita dan 1 syair lagu. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif yang dilakukan dengan mencari rerata skor, median, dan modus. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah teknik analisis independent t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan mengenai media pembelajaran kincir pintar terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas II SD. Implikasi dari penelitian ini yakni diharapkan mampu membantu siswa dan guru dalam menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan.
References
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053.
Alverina, C., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPS. School Education Journal, 9(3), 268. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i3.15785.
Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885–1896. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.356.
Apriyani, L., Rabani, L., & M, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4r) Siswa Kelas Vb Sdn 4 Ranomeeto. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 18. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13694.
Arum, R. A. S., & Yuanta, F. (2019). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5875.
Ekayanti, N. L. P., Darsana, I. W., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Audio-Visualterhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Media Komunikasi FPIPS, 18(2), 63–73. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19509.
Firdianza, O., & Ardisal, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kincir Pintar Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Juppekhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(1). https://doi.org/10.24036/juppekhu1155010.64.
Gianistika, C. (2021). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Membaca Nyaring Bahasa Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 656–671. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.359.
Habibah, N. U. (2022). Penerapan Media Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III SD. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(6), 772–779. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492.
Hamdar, E., Hasmah, C., & Faqih, A. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.56806/jh.v1i1.5.
Hayya, S. F., Aqiella, & Widyasari, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Dengan Model ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p160-165.
Herowati, E., Dwijayanti, I., & Buchori, A. (2023). Pengembangan Media KIncir Pintar dengan Metode Demonstrasi dan Bermain untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Ekspresif dan keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Batang. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 17(2). https://doi.org/10.26877/mpp.v17i2.15214.
Ilma, T., & Ibrohim, B. (2020). Berbagai kegiatan membaca untuk memicu budaya literasi di sekolah dasar. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 41–54. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2708.
Iswandari, N., Setiawan, B., & Ulya, C. (2019). Hubungan Antara Penguasaan Kalimat Efektif Dan Kebiasaan Membaca Media Massa Cetak Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri Se-Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 120. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i2.37692.
Jauhar, S., Nur, N., & Sudirman. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK padaPembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Teaching Professional, 1(3), 371–378. Retrieved from https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp/article/view/665.
Karmila, M., Munirah, M., & Arief, T. A. (2021). The Effect Of Audio Visual Media-Assisted Conferencing Approach On Students’ Ability To Write Narrative Essay At Grade V Sd Negeri 26 Arungkeke, Kabupaten Jeneponto. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8244.
Khozain, N., & Mumaisaroh. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 331–346. Retrieved from http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/31.
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063.
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online dalam Pemahaman dan Minat Belajar Siswa pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248–251. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592.
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303.
Mulyaningtyas, R., & Setyawan, B. W. (2021). Aplikasi Let’s Read Sebagai Media Membaca Nyaring Untuk Anak Usia Dini. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 33-46. https://doi.org/10.36379/estetika.v3i1.150.
Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2023). Media Pembelajaran Kincir Pintar Perkalian Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Matematika. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11). https://doi.org/10.5281/zenodo.10251577.
Oskara, N., & Usamah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Pkn pada Siswa Kelas III SDN 1 Bunigeulis. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 295–301. https://doi.org/10.60132/jip.v1i2.78.
Putri, N. P. Y. S., & Agustiana, I. G. A. T. (2023). Big Book Learning Media Based on Problem Based Learning on the Theme of Togetherness. Mimbar Ilmu, 28(2). https://doi.org/10.23887/mi.v28i2.61897.
Safitri, U., Aisyah, A., & Affrida, E. N. (2022). Pengaruh Media Kintar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Remaja Surabaya. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 103–108. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6635.
Saputra, J., & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(1), 9–36. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i1.19615.
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381.
Sari, N., & Liansari, V. (2023). Pengaruh media pembelajaran pop-up book terhadap keterampilan membaca nyaring pada peserta didik sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3020–3034. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8163.
Suparman, & Nurfisani. (2021). Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41–51. https://doi.org/10.53696/27219283.63.
Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832.
Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848.
Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304.
Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5181–5192. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3076.
Wahyudi, A., Akhbar, M. T., & Prasrihamni, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran KINTAR (Kincir Pintar) Terhadap Kemampuan Membaca Kelas II SD. Journal on Teacher Education, 5(1), 235–242. https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17602.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.
Zakiyah, A., Riyanto, Y., & Jacky, M. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Kincir Pintar Asean Melalui Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Education And Development, 9(2), 572–579. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2805.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ketut Ninda Putri Ayuni, I Gusti Ayu Tri Agustiana, Dewa Gede Firstia Wirabrata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)