Media Kotak Komponen Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Ekosistem

Authors

  • I Kadek Suryaadnyana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.80618

Keywords:

Kotak Komponen Ekosistem, ADDIE, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar di kelas, khususnya media pembelajaran pada muatan pelajaran IPA yaitu pada materi ekosistem berpengaruh pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran kotak komponen ekosistem pada muatan pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini yakni 2 ahli materi, 2 ahli media, 3 peserta didik untuk uji coba peserta didik, 3 guru untuk uji coba guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, angket, serta menggunakan tes. Sementara teknik analisis data yang dipergunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.  Hasil penelitian ini signifikan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem muatan pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak komponen ekosistem sangat valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar pada muatan IPA materi ekosistem. Media ini dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar pada materi IPA tentang ekosistem. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat mengintegrasikan media pembelajaran ini ke dalam proses pengajaran mereka untuk mendukung peningkatan hasil belajar peserta didik.

References

Austira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat Sd. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267.

Almaghofi, F., & Sari, E. (2024). Pengembangan Media Vidio Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Ips Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri Tugurejo 02 Kota Semarang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3D. Jurnal Education and Development, 9(4), 433–438.

Andres, N., Alpusari, M., & Sari, I. K. (2023). Pengembangan E-LKPD Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 241–254. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.185.

Arabiah, Hasibuddin, & Setiawati, N. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2), 98–110. https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1400.

Aris, I. E., & Hanifah, U. (2021). Pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar kognitif ipa materi ekosistem pada siswa kelas V SDN Singapaducurug Kota Serang Banten tahun ajaran 2020/2021. Pelita Calistung, 2(1), 56–72. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/101.

Budiarsini, K., Divayana, D. G. H., & Sindu, I. G. P. (2018). Pengembangan Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Bali Kelas 1 Semester Ganjil ( Studi kasus di : SD Negeri 2 Tukadmungga ). Pendidikan Teknologi Informatika, 9(1), 1–7.

Farid Rosidi, A. G. (2023). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Peserta Didik Melalui Media Permainan Pohon Pintar. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 12(2), 54–65.

Fifit, D. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.

Jariah, A., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Tiga Dimensi Kontekstual Berbahan Dasar Barang Bekas untuk Siswa Kelas IV SD. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.52562/biochephy.v1i1.23.

Mahardika, C., & Siswoyo, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Komponen Ekosistem (KOKOSIS) untuk Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.184.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf

Noviyanawati, B. L., & Gede Agung, A. A. (2022). Pengembangan Media Boneka Jari Tangan Berpendekatan SAVI pada Muatan Bahasa Indonesia untuk Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 73–81. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i2.45667.

Nujum, T., & Hamidah, A. (2023). Pengembangan Media Diorama Taman Satwa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Mi. IJMS : Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.61214/ijms.v1i2.170.

Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., Setiani, R., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777.

Qurrotaini, L., & Putri, D. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran “MAPENA” Mainan Peta Anak Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Holistika, 7(2), 131. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.131-137.

Raharjo, N. E., & Pitaloka, G. K. (2020). Pengembangan media pelajaran berbasis aplikasi android. Jpts, II(1), 65–77.

Rahmatunnisa. (2022). Pengembangan Media Papan Baper ( Batang Perkalian ) Dalam Materi Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Margahayu XIX. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–12.

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886.

Rizal, R. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar melalui Bahan Ajar Flipbook Siswa Sekolah Dasar. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 252–256. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i3.141.

Samosir, N. W., Purba, N. A., & Purba, N. (2022). Pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa pada subtema pentingnya makanan sehat bagi tubuh di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4784–4793. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9028/6809.

Suhana, A., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5289–5295. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1202.

Syahputra, F., Djuwita, P., & Parmadi, B. (2024). Pengembangan Media Diorama Berbasis Lingkungan Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Kajian Pendidika.3(1), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/kapedas/article/view/28831.

Tarial, T., Suratno, S., & Idrus, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Berbantuan Sketchup 3D Untuk Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Smk. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 829–840. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1173.

Tirtawati, N. L. R. (2020). Isolasi Mandiri Covid-19 dengan Daring PjBL Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Journal of Education Action Research, 4(4), 393. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28504.

Vonna, A. M., Saputra, N. N., & Saleh, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E – Lkpd ) Berbantuan Liveworksheet. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Umt 2022, 149–157.

Wijaya, D. C., & Mustika, D. (2022). Pengembangan Media Diorama Tema Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(2), 125–147. https://doi.org/10.59525/ijois.v3i2.112.

Wijayanti, R., Waitaby, M., & Utomo, I. B. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 135–143.

Austira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat Sd. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267.

Almaghofi, F., & Sari, E. (2024). Pengembangan Media Vidio Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Ips Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri Tugurejo 02 Kota Semarang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3D. Jurnal Education and Development, 9(4), 433–438.

Andres, N., Alpusari, M., & Sari, I. K. (2023). Pengembangan E-Lkpd Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 241–254. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.185.

Arabiah, Hasibuddin, & Setiawati, N. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2), 98–110. https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1400.

Aris, I. E., & Hanifah, U. (2021). Pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar kognitif ipa materi ekosistem pada siswa kelas V SDN Singapaducurug Kota Serang Banten tahun ajaran 2020/2021. Pelita Calistung, 2(1), 56–72. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/101.

Budiarsini, K., Divayana, D. G. H., & Sindu, I. G. P. (2018). Pengembangan Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Bali Kelas 1 Semester Ganjil ( Studi kasus di : SD Negeri 2 Tukadmungga ). Pendidikan Teknologi Informatika, 9(1), 1–7.

Farid Rosidi, A. G. (2023). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Peserta Didik Melalui Media Permainan Pohon Pintar. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 12(2), 54–65.

Fifit, D. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.

Jariah, A., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Tiga Dimensi Kontekstual Berbahan Dasar Barang Bekas untuk Siswa Kelas IV SD. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.52562/biochephy.v1i1.23.

Mahardika, C., & Siswoyo, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Komponen Ekosistem (KOKOSIS) untuk Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.184.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf

Noviyanawati, B. L., & Gede Agung, A. A. (2022). Pengembangan Media Boneka Jari Tangan Berpendekatan SAVI pada Muatan Bahasa Indonesia untuk Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 73–81. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i2.45667.

Nujum, T., & Hamidah, A. (2023). Pengembangan Media Diorama Taman Satwa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Mi. IJMS : Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.61214/ijms.v1i2.170.

Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., Setiani, R., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777.

Qurrotaini, L., & Putri, D. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran “MAPENA” Mainan Peta Anak Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Holistika, 7(2), 131. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.131-137.

Raharjo, N. E., & Pitaloka, G. K. (2020). Pengembangan media pelajaran berbasis aplikasi android. Jpts, II(1), 65–77.

Rahmatunnisa. (2022). Pengembangan Media Papan Baper ( Batang Perkalian ) Dalam Materi Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Margahayu XIX. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–12.

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886.

Rizal, R. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar melalui Bahan Ajar Flipbook Siswa Sekolah Dasar. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 252–256. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i3.141.

Samosir, N. W., Purba, N. A., & Purba, N. (2022). Pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa pada subtema pentingnya makanan sehat bagi tubuh di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4784–4793. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9028/6809.

Suhana, A., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5289–5295. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1202.

Syahputra, F., Djuwita, P., & Parmadi, B. (2024). Pengembangan Media Diorama Berbasis Lingkungan Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Kajian Pendidikan …, 3(1), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/kapedas/article/view/28831.

Tarial, T., Suratno, S., & Idrus, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Berbantuan Sketchup 3D Untuk Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Smk. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 829–840. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1173.

Tirtawati, N. L. R. (2020). Isolasi Mandiri Covid-19 dengan Daring PjBL Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Journal of Education Action Research, 4(4), 393. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28504.

Vonna, A. M., Saputra, N. N., & Saleh, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E – Lkpd ) Berbantuan Liveworksheet. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Umt 2022, 149–157.

Wijaya, D. C., & Mustika, D. (2022). Pengembangan Media Diorama Tema Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(2), 125–147. https://doi.org/10.59525/ijois.v3i2.112.

Wijayanti, R., Waitaby, M., & Utomo, I. B. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 135–143..

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles