Media Accordion Book pada Muatan IPA Topik Mengenal Proses Fotosintesis untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.80901Keywords:
Media Pembelajaran, Accordion Book, Proses FotosintesisAbstract
Ketersediaan media pembelajaran yang ada di sekolah dasar kurang mencukupi khususnya pada muatan IPA topik mengenal proses fotosintesis siswa kelas IV SD. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan kepraktisan media accordion book pada muatan IPA topik mengenal proses fotosintesis untuk siswa kelas IV SD yang teruji validitasnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian yakni para ahli, guru dan siswa yang berjumlah 10 orang. Metode serta instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan media accordion book mendapat kualifikasi sangat baik dari ahli, respon guru dan siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media accordion book pada muatan IPA topik mengenal proses fotosintesis untuk siswa kelas IV SD valid serta dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar-mengajar sebagai sumber belajar. Implikasi penelitian ini diharapkan membantu guru dalam menyediakan media interaktif pada mata pelajaran IPA.
References
Afidah, N., Budiman, A., & Setianingsih, E. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantu Media Accordion Book Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 28–35. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17407.
Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097.
Elkin, T., & Mistry, A. (2022). The accordion Book Project: Reflections on Learning and Teaching. In Arts-Based Methods in Education Around the World (bll 107–151). River Publishers. https://doi.org/10.1201/9781003337263-6.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938.
Luthfiana, R., Saputra, H. J., & Widyaningrum, A. (2018). Pengembangan Media Accordion Book Berbantu Model Pembelajaran Ctl Materi Tata Surya Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Sekolah (JS), 2(4). https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10686.
Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 265–271. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.
Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Terbimbing. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333.
Muliantara, I. K. (2024). Pengembangan Media Accordion Book Berorientasi Tri Hita Karana Pada Pembelajaran Ipas Kelas V Sd Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Sosial. Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran di jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher).
Nurkhasanah, E. A., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. (2023). Penguatan Nilai Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis Melalui Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6252–6262. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9138.
Putri, E. M., & Setianingsih, E. S. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa Setelah Mendapat Pembelajaran Menggunakan Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 386–393. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19294.
Ramdani, P., Firdaus, M. A., & Fauzian, R. (2021). Penerapan Media Animasi Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Faktor Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 127–141. https://doi.org/10.5281/zenodo.4659024.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079.
Susanti, K. A. C., & Wibawa, I. M. C. (2022). Learning Socio-Cultural Diversity of Society Containing Tolerance Character Values Through Digital Comic Media. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 342–350. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48508.
Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 5994–6004. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953.
Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.
Wijayanto, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Terintegrasi Materi Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SDN 1 Nglumpang. IAIN Ponorogo.
Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433.
Yanti, K. L., Suweta, I. M., & Dewi, N. P. C. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Konsiderasi Berbantuan M Edia Accordion Book Terhadap Sikap Toleransi Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran PPKN. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(2). https://doi.org/10.55115/wj.v2i2.2459.
Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat media pembelajaran youtube terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Nyoman Indah Artadiningsih, Kadek Yudiana, I Gede Margunayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)