Media Accordion Book pada Muatan IPA Topik Mengenal Proses Fotosintesis untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Nyoman Indah Artadiningsih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.80901

Keywords:

Media Pembelajaran, Accordion Book, Proses Fotosintesis

Abstract

Ketersediaan media pembelajaran yang ada di sekolah dasar kurang mencukupi khususnya pada muatan IPA topik mengenal proses fotosintesis siswa kelas IV SD. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan kepraktisan media accordion book pada muatan IPA topik mengenal proses fotosintesis untuk siswa kelas IV SD yang teruji validitasnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian yakni para ahli, guru dan siswa yang berjumlah 10 orang. Metode serta instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.  Pengembangan media accordion book mendapat kualifikasi sangat baik dari ahli, respon guru dan siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media accordion book pada muatan IPA topik mengenal proses fotosintesis untuk siswa kelas IV SD valid serta dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar-mengajar sebagai sumber belajar. Implikasi penelitian ini diharapkan membantu guru dalam menyediakan media interaktif pada mata pelajaran IPA.

References

Afidah, N., Budiman, A., & Setianingsih, E. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantu Media Accordion Book Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 28–35. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17407.

Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097.

Elkin, T., & Mistry, A. (2022). The accordion Book Project: Reflections on Learning and Teaching. In Arts-Based Methods in Education Around the World (bll 107–151). River Publishers. https://doi.org/10.1201/9781003337263-6.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938.

Luthfiana, R., Saputra, H. J., & Widyaningrum, A. (2018). Pengembangan Media Accordion Book Berbantu Model Pembelajaran Ctl Materi Tata Surya Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Sekolah (JS), 2(4). https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10686.

Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 265–271. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Terbimbing. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333.

Muliantara, I. K. (2024). Pengembangan Media Accordion Book Berorientasi Tri Hita Karana Pada Pembelajaran Ipas Kelas V Sd Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Sosial. Universitas Pendidikan Ganesha.

Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran di jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurkhasanah, E. A., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. (2023). Penguatan Nilai Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis Melalui Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6252–6262. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9138.

Putri, E. M., & Setianingsih, E. S. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa Setelah Mendapat Pembelajaran Menggunakan Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 386–393. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19294.

Ramdani, P., Firdaus, M. A., & Fauzian, R. (2021). Penerapan Media Animasi Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Faktor Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 127–141. https://doi.org/10.5281/zenodo.4659024.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079.

Susanti, K. A. C., & Wibawa, I. M. C. (2022). Learning Socio-Cultural Diversity of Society Containing Tolerance Character Values Through Digital Comic Media. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 342–350. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48508.

Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 5994–6004. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953.

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.

Wijayanto, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Terintegrasi Materi Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SDN 1 Nglumpang. IAIN Ponorogo.

Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433.

Yanti, K. L., Suweta, I. M., & Dewi, N. P. C. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Konsiderasi Berbantuan M Edia Accordion Book Terhadap Sikap Toleransi Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran PPKN. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(2). https://doi.org/10.55115/wj.v2i2.2459.

Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat media pembelajaran youtube terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561.

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles