Media Pop Up Book Berbasis Mind Mapping pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV di Sekolah Dasar

Authors

  • Enung Nurhayati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.81763

Keywords:

Buku Pop Up, Mind Mapping, ADDIE

Abstract

Pendidikan dasar memerlukan metode yang kreatif untuk membantu siswa memahami materi abstrak seperti perubahan wujud benda. Diperlukan media yang inovatif dan menarik untuk membantu siswa memahami materi. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan sebuah media buku pop up  berbasis mind mapping pada materi perubahan wujud benda kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini adalah 2 dosen ahli materi dan media, 1 guru serta 20 siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta kuisioner atau angket. Hasil dari uji ahli materi diperoleh skor 96% dengan kualifikasi sangat baik dan ahli media diperoleh 94,5% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji kepraktisan melalui respon guru kelas IV SD Negeri 3 Penarukan diperoleh presentase 100% dengan kualifikasi sangat praktis, respon siswa perorangan memperoleh 98% dengan kualifikasi sangat praktis serta uji coba kelompok kecil diperoleh 94,2% dengan kualifikasi sangat praktis. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi contoh media inovatif yang dapat diadopsi oleh pendidik dalam berbagai topik pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, media pop up book berbasis mind mapping dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

References

Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732.

Aini, K. N., Najicha, B., & Aini, N. (2023). Artikel Nusantara Educational Review Optimalisasi Hasil Belajar Pendidikan Bahasa Indonesia: Peran Media Pembelajaran Pagape terhadap Pemahaman Perubahan Wujud Benda. Ner, 1(1), 33–42. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ner/.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.

Anisa, & S, D. (2023). Penggunaan media pop up book sebagai media belajar yang menyenangkan di rumah dalam inovasi pembelajaran sd kelas rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86–92. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/view/1119.

Ardiana, R. (2023). Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 103–111. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.117.

Azhar, M., Wahyudi, H., Promadi, & Masrun. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3160–3164. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20984/15794.

Azizi, A. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Filsafat dalam Pengembangan Potensi Lokal untuk Pembelajaran Masa Depan. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(3), 102–110. https://doi.org/10.58218/lambda.v2i3.298.

Baehaki. (2023). Faktor penghambat guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Conference of Elementary Studies, 138. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19722.

Book, M. P., Book, P., & Book, P. (2023). Kata kunci: Pop-Up Book, Kognitif, Kreativitas . 46, 408–411.

Budiarso, A. S., Sutarto, & Rohmatillah, S. (2020). Analisis kemampuan siswa dalam menjelaskan fenomena IPA di sekitar lingkungan. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 27–32. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21699.

Caron, J., & Markusen, J. R. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAME TURNAMENT (TGT). 09, 1–23.

Dewi, L. M. (2021). Strategi Penerapan Bermain Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuanberbahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini Di Masyarakat …. Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(April), 43–52. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca/article/view/10936%0A.

Dezy Purwitaning Rahayu, M. N. S. (2022). Penggunaan Permainan Simulasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(7), 82–95.

Eri Karisma, I. K., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458.

Fajarwati, A., Nurianto, S. E., & Amelia, F. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Merangsang Minat Baca Siswa Kelas Vi Sd Di Masa Pandemi. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 334. https://doi.org/10.17977/um078v3i42021p334-344.

Fajri, Z., Dewi Riza, I. F., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397–408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583.

Faradiba P, S. A. A., & Arsad BAHRI. (2024). Systematic Literature Review: Using Mind Mapping to Improve Students’ Creative Thinking Abilities. Journal of Digital Learning and Distance Education, 3(1), 921–929. https://doi.org/10.56778/jdlde.v3i1.269.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387.

Habib, M. A. F. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat Dan Ekonomi Kreatif. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 1(2), 82–110. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778.

Hidayah, F., Diantari, S. D., Prasietyawan, R. D., & Surabaya, U. N. (2021). A l y s. 3(November 2023), 600–613.

Indri Astuti, I. (2021). Media Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Instagram sebagai Sarana Belajar Mengungkapkan Pendapat Peserta Didik. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 12–22. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n2.2021.pp12-22.

Ismawati, Muh. Rusdi T, & Ahmad Afiif. (2021). Media Gambar Berbasis Pop Up Book Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Generasi Emas, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).5678.

Jannah, A. R., Hamid, L., & Srihilmawati, R. (2020). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. Al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v1i2.10.

Kartikasari, A. D. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074.

Kinanthi, G., & Winanto, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 6594–6606. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5553.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.

Kumalasari, V. A., Latifah, L. A. N., & Zaidhah, N. (2024). Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Melalui Pembelajaran Mind Mapping. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1191–1200. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/686.

Maarang, M., Khotimah, N., & Maria Lily, N. (2023). Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 309–320. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.215.

Mahrita, M., & Cahyono, R. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar, Kecerdasan Emosional Dan Kreativitas Guru Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Sdn Binuang 4 Kabupaten Tapin. Media Mahardhika, 20(3), 501–511. https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i3.425.

Mohamad Miftah. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.900.

Mokambu, F. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ipa di kelas V SDN 4 Talaga Jaya. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 56–62.

Munir, M., Afifah, N., & Najib, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Elementary:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48–65. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary.

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2911.

Novri, E. P. & A. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar. In Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf.

Nugroho, T., & Fauzi, F. (2022). Media Pembelajaran Teknologi Informasi Yang Menumbuhkan Minat Belajar Aqidah Akhlak Di Sd Ump Purwokerto. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1574–1581. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3263.

Nuraini, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perubahan Wujud Benda Bagi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p033.

Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Berdasarkan Indikator Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 121. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8291.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa.

Pebriani, N. L. P., Japa, I. G., & Antara, P. (2021). Video Pembelajaran Berbantuan Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 397. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980.

Pembuatan, P., Kerja, R., Dasar, S., Rapor, B., On, T., & Work, M. (2024). Jurnal PEDAMAS ( Pengabdian Kepada Masyarakat ) Volume 2 , Nomor 3 , Mei 2024 ISSN : 2986-7819 TRAINING ON MAKING WORK PLANS. 2(July), 629–636.

Prasetyo, D. Y., Asniati Bindas, Muhammad Akbar, & Muhammad Iqbal. (2024). Audio-Visual Learning Media Using Pecs (Picture Exchange Communication System) Method in Public Special School (Slbn) 033 Tembilahan. Jurnal Perangkat Lunak, 6(2), 333–340. https://doi.org/10.32520/jupel.v6i2.3440.

Rachmawati, N., & Supena, A. (2022). Literatur Riview: Model Pembelajaran Brain Based Larning di Sekolah Dasar lis Nurasiah 1  , Nugraheni Rachmawati 2 , Asep Supena 3 , Yufiarti 4. 6(3), 3991–4003.

Rahmanto, H., Tanjung, S., Arya, M., Octavia, N., Irawan, S. G., Sejarah, P., Pendidikan, F., Pengetahuan, I., Sejarah, P., & Proyek, B. (2024). Cendikia pendidikan. 5(2).

Rahmawati, L., Ambulani, N., Desty Febrian, W., Widyatiningtyas, R., & Sukma Rita, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 5(1), 129–136.

Riza. (2021). Pengembangan Medai Buku Popup Pada Pembelajaran Ips Materi Sejarah Kerajaan Hindu-Budha Di Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 7(2), 254–268.

Rizqi, N. H., & Aslamiah. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Kombinasi Model PBL, NHT, dan Mind Mapping Muatan IPA. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 558–562. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15.

Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan, 551–556.

Surakarta, U. M. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 1717–1724.

Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649.

Ulya, H., Laily, N. H., & Hakim, M. L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Dengan Menggunakan Video Explanasi, Pop Up Dan Kahoot. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.30762/ed.v4i1.1868.

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069.

Wahidin. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 13–26.

Wandini, R. R., Bariya, C., Lubis, H. A., Nur, N. M., & Mardhatillah, S. (2022). Metode Eksperimen pada Proses Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358.

Widananta, M. (2023). Sastra Dalam Pendidikan Berkarakter : Mewujudkan Pembelajaran Yang Berarti. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 74–82.

Wulan, D. A. N., & Astutik, L. S. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Siklus Air Untuk Siswa Kelas 4 SDN 1 Waung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17644–17655. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9159/7485.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.

Zahra, A., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik melalui Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22649–22657.

Zakarya, Hafidz, Martaputu, H. N. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5.

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles