Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Authors

  • Gede Prediana Pratama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.82292

Keywords:

Student Team Achievement Division (STAD), Video Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD pada pelajaran IPA, karena strategi pembelajaran yang digunakan tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design (eksperimen semu) dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan total sampel 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode berupa tes (pilihan ganda). Instrumen pengumpulan data berupa soal tes. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA dilihat dari hasil uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan model kooperatif tipe STAD efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA karena model ini dapat meningkatkan motivasi dan aktifitas siswa dalam belajar.

References

Afandi, M. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di MI Muhammadiyah Tanjung Inten. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3875.

Afandi, M. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di MI Muhammadiyah Tanjung Inten. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3875.

Ariyanto, A., Sucipto, S., & Muhajir, M. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 185-192. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.3537.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2021). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116. https://doi.org/10.56393/pelita.v2i1.1532.

Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41.

Datunsolang, R., Paputungan, R., & Datunsolang, H. (2022). Pekerti : Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 4, 59–69. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/3108.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature Review. 1(2), 85–114.

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.

Kemuning Sari, N. P. P., & Agung, A. A. G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.54749.

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487.

Made Suardiana, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 381–386. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34677.

Marheni, N. K., Jampel, i N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Model STAD Berpengaruh terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4, 351–361. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27414.

Masi, L., Misu, L., & Pitasari, D. (2022). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 156–166. https://doi.org/10.25217/numerical.v8i1.4379.

Megawati, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi, Aktifitas, dan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share pada Materi Tingkat Organisasi Kehidupan. Sultra Educational Journal, 3(1), 18–25. https://doi.org/10.54297/seduj.v3i1.465.

Miasari, N. M., Suarni, N. K., & Ardana, I. M. (2023). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Bermuatan IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 7(2), 256–265. https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.59836.

Mulia, E. (2022). Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Tilawah Dan Tahfhizul Qur’an Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di PPMTI Bayur Agam. Al-Furqan, 7, 214–238. https://doi.org/10.69880/alfurqan.v9i2.65.

Neti Soprina, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Biologi. Inovasi Pendidikan, 8(1), 156–163. https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2576.

Nita Wulandari, Sri Hartini, M. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif Kelas V. 147–154. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8191.

Putu, I., Artha, R., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media VDC Terhadap Motivasi Belajar Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD CHIS Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5(2). https://scholar.archive.org.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Ridwan, A., Nur Amanah Asdiniah, E., Afriliani, M., & Fadia Nurul Fitri, S. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Kompetitif Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(01), 447–459. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/633.

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578.

Safitri, I., & Tanjung, B. J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Kooperatif Learning Terhadap Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Di SMK Attaqwa 05 Kebalen. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 9(7), 1128–1133. https://doi.org/10.32672/jsa.v9i7.3300.

Sucipto, S., Sumpena, A., & Wicaksono, M. A. M. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Tradisional dan Kooperatif Dalam Peningkatan Keterampilan Bermain Futsal. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(2), 561–575. https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.8417.

Suriyanto, D., Taufik, L., & Mubarak, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE. 2(2), 132–145. https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2696.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99.

Winaastari, N. P. A., Yudiana, K., & Kusmariyatni, N. N. (2020). Model Pembelajaran STAD Berorientasi THK Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 280. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26617.

Wulandari, T., Mudinillah, A., Islam, A., Batusangkar, N., Tinggi, S., & Islam, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI / SD. 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Yulida Lubis, N., & Khairuna, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif-Stad Berbantuan Game Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biolokus, 4(2), 97. https://doi.org/10.30821/biolokus.v4i2.980.

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles